Home Wisata Mau Liburan? Kunjungi deh 9 Lokasi Wisata di Sumatera Barat Ini. Dijamin...

Mau Liburan? Kunjungi deh 9 Lokasi Wisata di Sumatera Barat Ini. Dijamin Puas!

SHARE
jam gadang liburan ke sumatera barat

9 Lokasi Wisata di Sumater Barat untuk Liburan

Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang paling indah di Indonesia. Ada pegunungan yang dibagi oleh 3 lembah. Terdapat danau yang indah dan  Gunung berapi yang mengagumkan.

Berikut tempat yang pantas disinggahi untuk wisata ke Sumatera Barat,

1. Dinding Besar Koto Gadang / Ngarai Sianok yang indah

Great Wall of Koto Gadang / Sianok Canyon tempat wisata suatera barat

The Great Wall of Koto Gadang ini terinspirasi oleh tembok besar Cina. Dinding besar Koto Gadang berada di sepanjang Jembatan yang menghubungkan Bukit Tinggi dan Koto Gadang, Sumatera Barat, dengan panjang 1.7km dan lebar 2 meter. Ini adalah ikon baru tujuan wisata di Barat Sumatra. Kamu jelas akan tertegun dengan kemegahan Ngarai Sianok yang indah, Gunung Merapi, Gunung Singgalang dan sawah yang menggambarkan keindahan mereka.

Di sekitar Ngarai Sianok yang indah, ada terowongan Jepang. Terowongan Jepang ini adalah peninggalan kolonialisme Jepang yang digunakan untuk pertahanan tentara Jepang  dan penyimpanan senjata. Terowongan Jepang ini didirikan pada tahun 1942-1945. Terowongan Jepang memiliki lebar 2 hektar di dalam.

Anda akan pergi kebawah tangga dan melewati banyak gang-gang yang dibangun sesuai dengan kebutuhan pada waktu itu. Mengunjungi ke terowongan Jepang akan membuat Anda tahu beberapa sejarah Indonesia. Area sekitar juga lengkap dengan Jam Gadang (BigClock) yang merupakan ikon Bukittinggi dan pasar tradisional.

jam gadang bukittinggi

 

2.Pulau sikuai

tempat wisata di sumatera barat
Pulau Sikuai

Pulau Sikuai terletak di Teluk Bungus Kabang, kota Padang, Sumatera Barat. Pulau indah ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Ada Hotel bintang 2, Restoran, Kolam Renang, dan beberapa Cottage jika Anda ingin tinggal lebih lama di sana. Pemandangannya begitu menakjubkan. Laut sangat tenang dan airnya jernih. Anda dapat menikmati waktu Anda berenang atau snorkeling untuk melihat keindahan di bawah laut. Anda akan melihat berbagai biota laut seperti terumbu karang dan ikan berwarna-warni ketika Anda menjelajahi bawah laut.

3.Pulau Cubadak

tempat wisata di sumatera barat
cubadak pantai padang

Cubadak Island adalah surga tersembunyi yang terisolasi di tengah Samudra Hindia. Liburan Anda tidak akan terganggu oleh hiruk-pikuk. Pulau kecil ini menjanjikan ketenangan bagi tamu.

Meskipun Cubadak pulau jauh dari pusat kota, pulau ini memiliki sebuah resor yang indah untuk menikmati pemandangan yang indah.

Bagaimana Menuju ke Pulau Cubadak

Dari Padang, Anda bisa menuju ke pantai Curocok di Painan. Jarak antara Padang kePainan adalah sekitar 77 km. Anda akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam melewati hutan dan sawah. Pantai Curocok adalah gerbang utama ke pulau Cubadak.

4. Pulau Mentawai

pulau mentawai tempat wisata di sumatera barat

Kepulauan Mentawai dikelilingi oleh Samudra Hindia dan lepas pantai Sumatera Barat. Kepulauan Mentawai memiliki 4 besar Kepulauan: Pulau Sipora, Siberut pulau, Pulau Pagai Utara dan Pulau  Pagai Selatan . Keberadaan dari Kepulauan Mentawai di tengah lautan luas membuat pantai ini memiliki  pasir putih  dan  gelombang besar   yang baik untuk berselancar.

loading...

Mentawai adalah salah satu dari 50 tempat tempat berselancar terbaik menurut Surfing Magazine. Dan Desa Bosua  adalah tujuan terbaik karena memiliki tinggi gelombang hingga 3 meter. Jika Anda menyukai petualangan, Anda harus mencoba ini!

suku mentawai wisata sumatera barat
Suku Mentawai

Selain ombak yang menakjubkan, Kepulauan mentawai memiliki kekayaan budaya yang eksotis. Di Pulau Mentawai terdapat Suku Mentawai dengan rumah tradisional yang disebut uma. Rumah merupakan sebuah rumah panjang dan terbuat dari bambu yang dilucuti bersama-sama untuk membuat dinding lalu atap yang ditutupi dengan rumput, dibesarkan di panggung lantai dan terbuat dari papan kayu.

5. Lembah Anai

lembah anai tempat wisata di sumatera barat
Lembah Anai

Lembah Anai adalah cagar alam, terletak di Nagari Singgalang. Jika Anda pergi dari Padang ke Bukittinggi, Anda akan melewati air terjun yang indah. Ketinggian air terjun itu sekitar 35 meter. Ini adalah bagian dari aliran sungai Lurah Batang dari Gunung Singgalang menuju Lembah Anai.

Sepanjang jalan ke air terjun Lembah Anai, Anda akan melihat monyet-monyet berkeliaran menyambut wisatawan tiba. Biasanya, Lembah Anai adalah tempat untuk beristirahat setelah perjalanan panjang dari Padang Bukittinggi (atau sebaliknya). Beberapa penginapan tersedia jika Anda ingin tinggal. Jangan lupa mencoba makanan khas Padang di restoran di sekitar Lembah Anai.

Anai resort terletak 550 meter di atas permukaan laut. Resor ini memiliki lapangan golf terbaik di Sumatera Barat dengan standar internasional. Memiliki 18 lubang dan dirancang oleh desainer Lapangan Golf, Thomas dan Perret. Berbagai macam fasilitas tersedia di bungalo seperti kolam renang alami dan restoran.

6. Gondoriah beach, Pariaman

 

Pantai Gondoriah tempat wisata di sumatera barat

Pantai Gondoriah terletak di Pariaman, 60 km dari Padang. Gondoriah memiliki ombak yang tenang dan pasir yang putih. Sepanjang pantai, banyak makanan khas yang Anda dapat makan sambil menikmati pemandangan indah. Pantai Gondoriah terkenal dengan upacara Tabuik yang diselenggarakan setahun sekali.

Bagaimana menuju ke pantai Gondoriah

Gondoriah Beach berada dekat Stasiun Pariaman dan pasar tradisional. Jika Anda berasal dari Padang, Anda dapat pergi ke pantai Gondoriah dengan kereta dan berhenti di Stasiun Pariaman.

7. Pantai Manis

Pulau manis tempat wisata di sumatera barat
Pantai-Air-Manis

Pantai Manis menyimpan cerita yang bersejarah. Di sana ada cerita Malin Kundang yang menceritakan tentang seorang anak yang tidak taat kepada orang tua. Malin Kundang dikutuk oleh ibunya dan berubah menjadi batu. Patung sebagai simbol cerita Malin Kundang. Warna pasir puntidak seperti Pantai warna pada umumnya. Pasir pantai manis hitam seperti besi.

8. Danau Maninjau

Danau maninjau tempat wisata di suatera barat
Danau maninjau

Untuk mengekspresikan kekagumannya pada pemandangan indah Danau Maninjau, Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno, menulis puisi yang berbunyi “Jangan makan kacang arai, jika tidak dengan sirih hijau. Tidak datang ke tanah Minang, jika Anda tidak berhenti pada Maninjau”.

Danau Maninjau adalah sebuah danau indah yang terletak di 36 km dari Bukittinggi. Akses ke Danau Maninjau sangat berliku-liku. Pengunjung harus mengambil jalan curam menurun dari Bukittinggi. Perjalanan ini akan membawa Anda di tepi kursi Anda sebagai jalan memiliki tikungan jepit rambut yang tajam dan tikungan yang tak terlupakan dan berubah. 44 tikungan di jalan ini memberikan namanya, Kelok 44. Ada dua rute yang dapat diambil untuk tiba di Danau Maninjau.

9. Pandai Sikek

pandai singkek wisata di sumatera barat
songket

Pandai Sikek dikenal sebagai pusat ukiran kerajinan tenun songket. Pantai Sikek terletak di kaki bukit Gunung Singgalang, Sepuluh Koto, Tanah Datar. Di daerah ini, Anda dapat melihat masyarakat pertanian tradisional. Jika tidak, desa ini memiliki 1000 tenun alat. Lukisan kayu dan perabot rumah tangga yang dibuat di desa ini.

Nah itulah 9 tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib kamu rasakan keindahannya. Cintai kekayaan alam Indonesia!

SHARE