Home Wisata 4 Tips Memilih Sepatu Gunung untuk Hiking dan Tracking

4 Tips Memilih Sepatu Gunung untuk Hiking dan Tracking

SHARE

Sensasi menantang pegunungan tinggi di Indonesia jelas sangat memacu andrenalin. Keindahan alam yang ditawarkan membuat banyak orang yang melihatnya tidak akan pernah lelah untuk dijelajah sehingga mereka akan selalu datang lagi dan lagi.

Namun, agar mampu merasakan sensasi, pendaki harus pintar memilih sepatu gunung di samping untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental kuat. Ya, medan perjalanan saat mendaki gunung menjadi salah satu yang penting hal-hal yang dipertimbangkan sebagai persiapan mendaki.

Salah satu peralatan pendakian yang penting adalah sepatu gunung. Medan yang berat dan penuh rintangan jelas menuntut pendaki untuk memiliki sepatu yang kuat di Medan yang sulit.

Beberapa hal penting yang harus Anda Cari dalam memilih ini untuk mendaki Gunung Sepatu yaitu Sol Sepatu, jenis sepatu dan seterusnya. Gunung Sepatu yang memiliki kualitas terbaik akan melindungi kaki sehingga tidak menyebabkan cedera parah saat memanjat.

Oleh karena itu, kali ini akan dibahas hal yang berhubungan dengan apa yang harus diperhatikanĀ sebelum membeli sepatu gunung.


1. Jenis Sepatu


memilih sepatu gunung
Sepatu leher pendek

Ketika memilih sepatu untuk memanjat, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah jenis sepatu apa akan digunakan. Karena ada beberapa jenis sepatu gunung yang beredar, yaitu sepatu dengan leher panjang, pendek leher dan tanpa leher.

Dan dari semua jenis sepatu jelas memiliki fungsi yang berbeda. Bagi Anda yang ingin mendaki gunung dengan medan yang tidak terlalu berat atau mungkin hanya untuk kegiatan outdoor, maka sepatu gunung dengan leher pendek adalah pilihan yang tepat.

Namun, untuk Medan yang sangat berat tidak dianjurkan untuk memakai sepatu jenis ini. Sepatu tanpa leher akan membuat pergelangan kaki Anda lecet dan luka-luka, terutama bagian mata kaki.


2. Bahan Sepatu


Pilih sepatu bahan sintetis
Sepatu bahan sintetis

Dalam memilih sepatu gunung, selanjutnya hal-hal yang harus diperhatikan adalah bahan. Bahan yang digunakan harus nyaman untuk perjalanan jauh dengan medan yang terjal.

Harap dicatat bahwa sepatu terbaik untuk hiking berasal dari kulit sintesis. Hal ini karena bahan tersebut memberikan sirkulasi udara yang baik untuk kaki.

loading...

Kemudian, hindari sepatu gunung yang menggunakan kanvas atau karet karena dapat dengan mudah robek. Sepatu gunung yang baik juga harus memiliki sifat anti air atau tahan air sehingga meskipun daerah dalam keadaan tidak baik, becek misalnya, sepatu dapat terjaga kenyamanannya untuk digunakan.


3. Kekuatan Sol Sepatu


memilih sepatu gunung
Perhatikan sol sepatu

Kekuatan sol sepatu jelas menjadi pertimbangan yang penting dalam memilih sepatu gunung dalam sebuah pendakian mengingat Medan yang dilalui tidak memungkinkan sepatu biasa.

Sebaiknya ketika memilih sepatu gunung, pilih sol yang memiliki punggung tinggi. Sol tersebut akan membuatnya mudah menempel pada permukaan sehingga memudahkan kegiatan pendakian.

Kemudian, pilihlah jahitan yang kuat serta bentuk-bentuk yang mengikuti kaki agar dapat memberikan rasa nyaman ketika perjalanan. Hal ini sangat penting karena banyak kecelakaan terjadi di atas gunung salah satu penyebabnya adalah kurang diperhatikannya sol sepatu.


4. Pilih Ukuran Sepatu Lebih Longgar


memilih ukuran sepatu gunung
Pilihlah ukuran sepatu yang lebih longga

Ketika memilih sepatu terbaik, itu akan menyenangkan jika Anda menggunakan ukuran lebih longgar daripada biasanya. Sangat dianjurkan sehingga pendaki tidak merasa sakit atau lepuh saat memakai itu.
Selain ukuran longgar, menggunakan kaus kaki juga akan membuat kaki menjadi lebih nyaman dan tidak mudah lepuhan. Kadang-kadang jika Anda mendaki gunungyang dingin cukup dibutuhkan 2 kaus kaki untuk menjaga kaki Anda untuk tetap hangat.

Semoga ulasan terkait hal-hal mencari dan memilih sepatu gunung baik dan benar dapat bermanfaat. Mungkin berguna bagi Anda yang berencana melakukan pendakian. Jangan lupa untuk menyesuaikan tipe dan merek sepatu dengan dana yang Anda punya.

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan