Mencengangkan! 8 Fakta Guatemala, Negara Miskin ‘Sahabat Sejati’ Israel. Nomor 7 Sangat Mengerikan

Posted on

Lahiya – Dalam pengambilan suara soal Yerusalem di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) beberapa waktu lalu, Guatemala menjadi sebagian kecil yang setuju kota suci itu menjadi ibu kota Israel. Semenjak itu, negara di benua Amerika Utara ini menjadi perhatian dunia.

Seperti diberitakan laman tribunnews.com, keputusan Guatemala mendukung Amerika atas klaim Donald Trump ditegaskan setelah presidennya Jimmy Morales, memerintahkan untuk memindahkan kedutaan guatemala di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Tak hanya itu, Morales juga mengatakan bahwa Israel merupakan negara sahabat Guatemala seraya berharap hubungan kerja sama dengan negaranya bisa terus berlanjut.

Menilik bahwa Amerika Serikat merupakan negara pendonor terpenting, tidak heran jika kemudian Guatemala mendukung negeri Paman Sam tersebut.

Dari triunnews.com yang mengutip listverse.com, berikut 8 fakta tentang Guatemala.

Baca Juga: Terbongkar! Dikira Ufo, Benda Bercahaya Misterius di Langit Ini Ternyata…

1 Kartel narkoba berkuasa di sana

Di Guatemala, bisa dibilang kartel narkoba serasa ada di surga. Kartel narkoba kelas kakap cukup berkuasa di sini. Meski otoritas Guatemala telah menangkap sejumlah gang narkoba, kartel kelas kakap masih bisa leluasa menjalankan bisnis haramnya di sini. Dikenal salah satu gang narkoba yang masih beroperasi di sini adalah MS-13 atau Sinaloa asal Meksiko. Bahkan di jalan, bisa ditemui penjual kokain dan mariyuana.

2 Negara dengan tingkat korupsi tinggi

Angka korupsi di negara yang tergolong miskin ini  cukup tinggi. Tercatat, bekas Presidennya, Otto Perez Molina, terlibat dalam skandal suap dan korupsi. Ia juga disebut tak segan membunuh lawan politiknya, bahkan pendeta-pendeta gereja.

3 Pembantaian etnis

Di Guatemala pernah terjadi pembantaian etnis besar-besaran antara tahun 1981-1983. Sebanyak 200.000 anggota suku Maya asli diburu karena dituding kriminal dan pengikut faham komunis. Saat itu, sebuah pasukan berkeliaran dan tak segan langsung membunuh. Ditenggarai pasukan ini dipersenjatai oleh Amerika.

4 Diobok-obok Amerika

Tahun 1980-an Amerika mengintervensi negara ini dengan dalih melawan komunis. Amerika kemudian mempersenjatai sejumlah orang yang ingin mengkudeta pemerintah resmi. Guatemala kemudian menjadi kisruh dan terjadi perang saudara.

5 Negara tua

Guatemala adalah bangsa tua. wilyah ini sudah dihuni sejak 20.000 tahun yang lampau. Buktinya, banyak ditemukan artefak dan peninggalan prasejarah suku Maya. Mereka juga sudah mengenal kalender dan waktu sejak masa prasejarah. Keadaan berubah setelah orang Spanyol datang. Bangsa ini kemudain kerap berperang satu sama lain. Orang Spanyol ini menganggap suku maya asli sebagai budak.

6 Perang saudara

Sejak perang saudara berkecamuk pada 1960- 1996, sebanyak 200.000 orang Guatemala disebut tewas. Di sini, koknflik seakan tak ada habisnya. Isu terbesar perang saudara adalah perang antara pro dan anti komunis.

7 Negara paling menakutkan

Di benua Amerika, Guatemala disebut sebagai negara paling mengerikan. Pencurian mobil, pemerkosaan di siang hari, perampokan bersenjata api, atau polisi palsu yang tiba-tiba berjualan narkoba sangat sering ditemui. Bias disebut, kejahatan ada di siang bolongnya Guatemala. Setiap tahunnya, ada 5.000 orang tewas karena kekerasan.

8 Lubang raksasa

Pada tanggal 30 Mei 2010, di tengah kota Guatemala City, terjadi fenomena di mana muncul lubang raksasa berdiameter 18 meter. Diperkirakan dalamnya sama dengan bangunan 30 lantai. Sebuah gedung 3 lantai dan sebuah rumah lenyap ditelan lubang ini. Satu orang tewas.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan