Mencengangkan! Sifat Keras Kepala Bisa Bikin Seseorang Lebih Panjang Umur, Kok Bisa?

Posted on

Lahiya – Memiliki sifat keras kepala memang selalu dicap sebagai orang dengan kepribadian negatif, pasalnya dapat merugikan orang lain. Namun menurut penelitian terbaru, terungkap fakta mengejutkan di balik sifat tersebut.

Dipublikasikan dalam International Psychogeriatrics, sebuah studi menguji kesehatan mental dan fisik para lansia di pedalaman Italia ditemukan hasil yang mencengangkan. Hasil serupa juga dibuktikan oleh peneliti University of Rome La Sapienza dan University of California Sandiego School of Medicine.

Peneliti menguji 29 warga Italia berusia 90-101 tahun, lalu membandingkannya dengan 51 anggota keluarga yang lebih muda (50-75 tahun). Yang menarik, para lansia diketahui memiliki kesehatan mental lebih bagus dibanding anggota keluarga yang lebih muda, dilansir nationalgeographic.co.id.

Kesamaan ciri psikologis dari orang-orang lanjut usia tersebut adalah sifat keras kepala. Untuk mendapatkan analisis dari partisipan, digunakan skala penilaian kuantitatif dan wawancara kualitatif. Dalam sesi diskusi, topik migrasi, kejadian traumatis dan keyakinan yang dianut turut dibicarakan.

Baca Juga: Wow! Kepribadian Anda Bisa Terkuak Hanya dari Kebiasaan Makan, Nomor 5 yang Paling Aneh

“Kecintaan orang-orang lanjut usia ini pada tanah kelahirannya memberikan mereka tujuan dalam hidup. Kebanyakan dari mereka masih bekerja,” papar Anna Scelzo, pemimpin penelitian, dikutip dari nationalgeographic.co.id, Kamis (14/12/2017).

Pemimpin penelitian dari Department of Mental Health and Substance Abuse di Chiavarese, Italia tersebut juga mengungkapkan bahwa kelompok ini cenderung mendominasi, keras kepala dan memiliki kecenderungan untuk mengontrol lingkungan sekitarnya.

Dengan kecenderungan mengendalikan lingkungan tersebut menunjukkan mereka memiliki keteguhan yang diimbangi dengan kebutuhan menyesuaikan diri. Selain itu, mereka juga meyakini apa yang dianggap benar dan cenderung tidak mempedulikan pendapat orang lain.

Baca Juga: Bikin Merinding! 6 Orang Ini Tewas Tak Lama Usai Ber-Swafoto, Ada yang dari Indonesia

Hasil dari studi terbaru ini dianggap unik, lantaran meneliti umur panjang dari sudut pandang psikologis. Berbeda dengan sejumlah penelitian sebelumnya yang lebih fokus pada faktor genetis dibandingkan kesehatan mental atau kepribadian.

Meski penelitian ini tidak menjamin sepenuhnya bahwa sifat keras kepala dapat membuat orang berumur panjang, namun terdapat korelasi yang kuat antara kedua hal tersebut. Selain itu juga diungkapkan ada peningkatan kesejahteraan dan kebijaksanaan seiring usia yang bertambah, walau kesehatan fisik para peserta menurun.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan