Mendagri Tjahjo Kumolo Minta Maaf pada Masyarakat di Malam Natal, Ini Sebabnya

Posted on

Lahiya – Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian sempat menjelaskan pada Kamis 21 Desember lalu soal alasan pengamanan yang lebih ketat daripada tahun lalu. Sebabnya tidak lain lantaran ada potensi ancaman dari pelaku teror.

“[Mereka] Lebih sulit dideteksi seperti peristiwa Eropa dan Amerika,” kata Tito, dikutip dari Tirto.id. Walau hal-hal yang tak diinginkan berhasil diantisipasi, pemerintah tetap perlu melakukan klarifikasi lebih lanjut tentang alasan pada tahun ini mengapa pengamanan diberlakukan dengan lebih ketat.

Atas hal ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta maaf kepada masyarakat jikalau karena pengamanan malam Natal ada yang merasa terganggu atau risih.

“Mohon maaf kalau seolah-olah [perayaan Natal] dijaga ketat,” kata Tjahjo, di depan umat Nasrani di gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12) malam. Selain terkait Natal, pernyataan maaf tersebut juga berlaku bagi pengamanan tahun baru beberapa hari lagi.

Baca juga: Boikot Facebook, FPI Kampanyekan Media Sosial Penggantinya. Apa Itu?

Menurutnya, memang sengaja personel ditingkatkan untuk menjamin agar masyarakat bisa beribadah dengan tenang dan khusyuk tanpa adanya gangguan. “Itu yang menjadi komitmen TNI-Polri,” ujar Tjahjo.

Katedral memang menjadi salah satu dari sejumlah lokasi yang dijaga aparat paling ketat. Tak hanya karena lokasi strategisnya serta dapat menampung ribuan orang, sejarah gereja ini juga cukup buruk.

Katedral pada tahun 2000 lalu merupakan salah satu gereja yang menjadi sasaran pengeboman. Hal-hal seperti inilah yang tidak boleh sampai terulang. Karena itu, aparat keamanan ialah pihak yang paling berwenang untuk memastikannya.

Pada kesempatan yang sama, Tjahjo turut menyampaikan pesan selamat Natal dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang tak dapat ikut hadir. “Kami sampaikan hormat dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, beliau sampaikan Selamat Natal,” kata Tjahjo.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan