Mengagumkan! Sepanjang Tahun 2017, Inillah 9 Tol yang Diresmikan oleh Jokowi

Posted on

Lahiya – Seperti diketahui, Kabinet Kerja Jokowi menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu program yang digenjot pemerintah. Dan sepanjang tahun 2017 ini, Presiden Jokowi sudah meresmikan setidaknya ada 9 tol di seluruh Indonesia.

Di antaranya, jalan tol itu ada beberapa yang sudah mangkrak pengerjaanya salama berpuluh-puluh tahun. Usai melakukan peresmian, tak jarang Presiden Jokowi menggunakan mobil off road untuk menjajal tol anyar tersebut. Nah, bagi Anda yang penasaran, berikut ini 9 jajaran tol yang sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sepanjang tahun 2017 ini.

#1. Tol Akses Tanjung Priok

Pada Sabtu (15/4/2017) Presiden Jokowi meresmikan jalan Tol Akses Tanjung Priok. Dalam peresmian, Jokowi mengungkapkan betapa sulitnya untuk membangun tol yang memiliki panjang 11,4 kilometer itu, bahkan saat dirinya masih menjabat sebagai Gubenur Jakarta.

Baca juga: Santap Siang di Bogor, Jokowi Pesan Gurame dan Sayur Asem. Segini Tagihan Presiden dan Rombongan, Fantastis!

“Saya ingat sekali ketika jadi gubernur, pembebasan lahan yang terganjal membuat dua tahun mangkrak. Alhamdulillah setelah turun ke lapangan beberapa kali itu bisa selesai,” keluh Jokowi, seperti yang diwartakan oleh Kompas.com

#2. Tol Mojokerto – Kertosono S***i 2

Setelah dua dekade mangkrak, akhirnya Tol Mojokerto – Jombang yang merupakan bagian dari Tol Mojokerto – Kertosono bisa diresmikan oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut pada Minggu (10/8/2017). Ruas jalan tol tersebut sudah dimulai sejak tahun 1996 namun lantaran terkendala sulitnya pengadaan lahan dan minimnya dukungan pemerinta bisa mangkrak kurang lebih 20 tahun lamanya.

#3. Tol Bawen – Salatiga

Senin (25/7/2017) Presiden Jokowi meresmikan Tol Bawen – Salatiga dengan menekan tombol sirine. Ruas tol ini digadang-gadang merupakan salah satu yang memiliki pemandangan indah se-Tanah Air dengan pemandangan Gunung Merbabu.Tol ini memiliki panjang 17,6 kilometer dan merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang – Solo dengan jumlah keseluruhan 72,64 kilometer.

Baca juga: Survei Lemkapi Sebut 68,5 Persen Rakyat Menilai Jokowi Sangat Mampu Ciptakan Rasa Aman

#4. Tol Palembang – Indralaya

Kamis (12/11/2017) sore, mantan Wali Kota Solo itu meresmikan tol Palindra (Palembang Indralaya). Banyak catatan khusus yang diberikan Jokowi untuk tol pertama di Sumatera Selatan ini.

“Perlu kontruksi khusus karena tol ini menimbun rawa. Masih ada pembebasan lahan yang belum selesai. Jadi, tolong jangan dipungut biaya dulu tahun ini. Saya serius,” ujar Jokowi.

#5. 6. Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi dan Tol Medan – Binjai

Di Medan, Sumatera Utara pada Jumat (13/10/2017), Presiden meresmikan dua ruas jalan tol. Dua ruas itu adalah Medan – Kualanamu- Tebing Tinggi dan s***i II hingga VI serta Medan – Binjai s***i 2 (Helvetia- Sei Semayang) dan s***i 3 (Sei Semayang – Binjai).

Baca juga: Pengacara Setnov Menilai KPK Wajib Minta Maaf

“Mobilitas barang, dan orang itu akan cepat sekali. Kalau barang cepat, transportasi akan lebih murah. Kalau transportasi murah, barang yang dibawa truk akan jatuh ke masyarakat lebih murah,” ujar Jokowi saat peresmian.

#7. Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu

Jokowi juga meresmikan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melaku (Becakayu) pada Jumat (3/11/2017). Presiden sangat yakin jika tol tersebut bisa mengurai kemactean di sepanjang jalur Jakarta-Bekasi. Seperti yang diinformasikan Presiden, Tol Becakayu itu ternyata sudah mangkrak selama 21 tahun.

#8. Tol Soreang – Pasir Koja

Di bulan ini, pada Senin (4/12/2017), mantan Gubenur DKI Jakarta itu meresmikan Tol Soroja (Soreang – Pasirkoja), Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jokowi menyebutkan jika tol Soroja menjadi salah satu infrastruktur yang cukup dinantikan oleh masyarakat Kabupten Bandung dan Kota Bandung. Sebab bisa dibilang tol ini juga mangkrak lama, sejak tahun 1996.

Baca juga: Sering Berpenampilan Mewah Ala Sosialita, Siapa Sangka Orangtua Artis Ini Penjual Bubur

#9. Tol Surabaya – Mojokerto

Dan yang terakhir juga di bulan Desember ini ada Jalan Tol Surabaya – Mojokerto yang sudah disahkan pada Selasa (19/12/2017) dan dengan peresmian tersebut, tol dengan panjang 36,27 kilometer itu sudah resmi beroperasi. Usai menjajal tol ruas tersebut, Jokowi lagi-lagi menjajal jalan tersebut, namun bukan dengan mobil off roada, kali ini dengan menggunakan mobil listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan