Header Ad

Mengapa Parfum dengan Aroma Buatan Dapat Merusak Kesehatan?

October 15, 2017
10 Views

Erabaru.net. Aroma parfum yang tak terhindarkan pada sesama penumpang kereta api hingga aroma di kamar mandi dan kamar tidur, wewangian ada di sekitar kita.

Wewangian membuat kita lebih menarik, mengatur suasana hati tertentu, dan berguna menutupi bau alami — namun aroma mereka bisa membuat kita sakit, menurut sebuah buku baru.

Sebanyak satu dari tiga orang mengalami gejala seperti nyeri kepala, asma dan ruam akibat kepekaannya terhadap wewangian, menurut penelitian yang dikutip dalam The Case Against Fragrance oleh penulis Kate Grenville.

Sebuah penelitian terpisah pada tahun 2014 menemukan bahwa ¾ wanita menderita migrain akibat bau parfum sebagai penyebab utamanya.

Dalam buku tersebut, Kate Grenville mengingat bagaimana ia terpesona dengan parfum ibunya saat ia masih kecil.

Kemudian ia terinspirasi untuk menyelidiki efek wewangian buatan terhadap kesehatan kita saat ia menutup celah di pintu kamar hotelnya untuk menghalangi bau wewangian di koridor hotel, karena khawatir akan memicu migrain.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan The Guardian, ia mengatakan bahwa yang mengejutkannya saat meneliti buku ini adalah hampir semua parfum dan aroma modern dibuat dengan menggunakan bahan kimia buatan.

Pabrik parfum juga tidak perlu menyebutkan ramuannya karena dianggap rahasia dagang di mana hal ini sangat berbahaya untuk penderita alergi.

Selain itu, masalah yang disebabkan oleh minyak esensial alami yang menjadi dasar banyak wewangian memiliki efek toksik yang baru saja diketahui, termasuk bagaimana sifat yang memungkinkan perjalanan aroma dapat merangsang reaksi kekebalan tubuh, menurut Ian Musgrave, seorang dosen senior di farmakologi di Universitas Adelaide menulis untuk The Conversation.

B-damascenon, misalnya, adalah senyawa dalam minyak esensial mawar dan bourbon Kentucky yang dapat menyebabkan reaksi alergi dalam jumlah yang lebih besar daripada rata-rata orang yang akan menggunakannya.

Sementara 1,8-cineol – yang memberi bau kayu putih – dapat menyebabkan kerusakan hati pada jumlah besar.

“Setelah membaca The Case Against Fragrance, Anda tidak akan pernah memikirkan keharuman dengan cara yang sama lagi. Jika Anda telah menderita karena bau wewangian maka Anda akan mengerti bahwa Anda tidak sendiri, “tulis Ian Musgrave.(vivi/yant)

Sumber: independent.co.uk

The post Mengapa Parfum dengan Aroma Buatan Dapat Merusak Kesehatan? appeared first on Erabaru.

sumber

You may be interested

Buzz
3 views

Mengintip Pendapatan dan Harta “Papa” yang Ternyata Bisa Buat Naik Haji Orang Tiga Kampung

Lahiya - November 17, 2017

Lagi, Setya Novanto menjadi topik perbincangan hangat oleh publik. Hal itu lantaran saat pemanggilan dirinya oleh KPK kemarin,  namun sayang…

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata 5 Preman Ini Bisa Mengajarimu Sebuah Arti Hidup
Buzz
4 views
Buzz
4 views

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata 5 Preman Ini Bisa Mengajarimu Sebuah Arti Hidup

Lahiya - November 17, 2017

Menjadi orang Indonesia pasti tidak akan pernah lepas dari sebuah stereotype atau generalisasi. Contohnya saja cara kita memandang seorang manajer…

Buzz
4 views

5 Rumah Pohon Cantik Nan Spektakuler di Malang-Batu Ini Bakal Membuatmu Bak Berdiri Di Atas Awan

Lahiya - November 17, 2017

Selain mendaki gunung, cara untuk merasa lebih dekat dengan alam bisa dilakukan dengan berdiri di tempat tinggi, misalnya rumah pohon.…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan