Header Ad

Mengembalikan Bunaken yang (Mulai) Memudar | @DondokambeyOlly

September 14, 2015
13 Views
Ada suatu masa ketika nama Bunaken mendunia. Ketika Bunaken menjadi ikon Sulawesi Utara (Sulut). Saat itu, ketika menyebut Sulut atau Manado, asosiasi orang akan tertuju ke Bunaken.
Kini, seiring berjalannya waktu, nama Bunaken mulai memudar. Kepopuleran Bunaken sbg salah satu objek wisata bawah laut terindah mulai tergerus oleh popularitas wilayah lain, Raja Ampat misalnya. 
Bunaken, dengan taman lautnya, tentu terlalu indah untuk dibiarkan merana. Bunaken harus dibangkitkan lagi, hingga kembali menjadi ikon yang membanggakan dan dibanggakan.
Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk mengembalikan kejayaan Bunaken? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. 
Pertama, menjaga Taman Nasional Laut Bunaken tetap bersih dari sampah.
Beberapa tahun trakhir, sampah menjadi momok bagi Bunaken. Upaya menjaga Bunaken dari sampah harus dilakukan semua pihak.
Semua pihak baik pemerintah, swasta, LSM, dan masyarakat harus bahu membahu memerangi sampah dari Bunaken.
Hal kedua adalah mempererat sinergitas antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku bisnis yang terkait dgn Bunaken. Saat ini, cukup banyak pelaku bisnis yang terkait dengan #Bunaken, seperti penginapan, rumah makan, wisata laut, penyelaman, dan cindera mata.
Sinergitas harus dilakukan untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal untuk semua pihak.
Di masa depan, saya rasa perlu dibuat buku panduan secara khusus untuk wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.
Buku tersebut bisa berbentuk buku saku atau majalah yang memaparkan seluk beluk dan perkembangan terbaru Bunaken. Kondisi pulau, taman laut, jalur wisata, penginapan, kuliner, harga, dll perlu dimuat di buku tersebut.
Buku atau majalah tersebut terdiri dari dua bahasa, yakni Indonesia dan Inggris. Hal itu bisa dibuat Dinas Pariwisata bekerjasama dengan swasta. Di era digital, juga perlu adanya webisaite khusus yang memaparkan seluk beluk Bunaken. Web ini dilengkapi gambar dan video Bunaken.
Jika semua upaya digalakkan, jika semua pihak bahu-membahu, maka kelak Bunaken akan kembali menjdi ikon Sulut yang membanggakan. Bunaken bisa mengangkat (kembali) nama Sulut ke pentas dunia.
Jika #Bunaken memudar dan tenggelam, kita, warga Sulut akan melakukan kesalahan besar. Kesalahan yang tak termaafkan dan tercatat dlm sejarah.
Ayo jaga dan rawat #Bunaken secara bersama-sama! Jangan pernah lelah mencintai Sulut kita! 

*Kultwit Olly Dondokambey, Bendahara Umum PDI-P
 @DondokambeyOlly 14/9/2015

You may be interested

Buzz
5 views

Mengenal Fredrich Yunadi, Kuasa Hukum Papa yang Dulu Sempat Daftar Ketua KPK

Lahiya - November 18, 2017

Siapa sangka kasus Setya Novanto kini kembali mencuat dan jadi perbincangan publik. Setelah peristiwa kecelakaan yang terjadi itu, kini Papa…

Gak Kalah dengan CS, Inilah 4 Mainan Jadul yang Bikin Anak 90-an Berasa di Medan Tempur
Buzz
4 views
Buzz
4 views

Gak Kalah dengan CS, Inilah 4 Mainan Jadul yang Bikin Anak 90-an Berasa di Medan Tempur

Lahiya - November 18, 2017

Zaman sekarang, game tembak-tembakan seperti CS, point blank dan lain-lain sudah sangat laku di pasaran. Kebanyakan penggunanya sih  anak-anak zaman…

5 Negara di Dunia yang “Berguru” Pada KPK, Bukti Lembaga Anti Korupsi Kita Diakui
Buzz
5 views
Buzz
5 views

5 Negara di Dunia yang “Berguru” Pada KPK, Bukti Lembaga Anti Korupsi Kita Diakui

Lahiya - November 18, 2017

Korupsi, bisa dibilang menjadi penyakit mematikan bagi setiap negara. Oleh sebab itu istilah “Negara hancur karena korupsi” mungkin memang ada…