Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri

Posted on

Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri

Rasa-rasanya, hampir tiap pekan kita selalu terusik dengan maraknya kasus pencaplokan karya anak bangsa. Mulai dari cendol yang diklaim Malaysia lah, kostum kuda lumping yang dipakai Miss Grand, hingga yang terhangat ada bolu batik khas Indonesia yang malah sukses di Singapura tapi sepi di negara sendiri. Miris bukan?

Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri

Hari gini, siapa sih yang nggak tahu camilan basah bolu gulung? Tentu sebagian besar masyarakat familiar dengan kelezatan roti gulung yang hadir dalam berbagai corak dan warna itu.

Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri

Tapi apa kita sadar di antara banyaknya jenis bolu gulung ada yang bermotif batik? Jangan-jangan kita sendiri lebih hafal sushi atau minuman Thailand yang lagi booming ketimbang produk negara sendiri.

Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri

Nah, sebelum terlambat, uraian berikut ini akan mengulas tentang bolu batik produk buatan anak negeri yang justru viral di Singapura tapi cenderung nggak laku di tanah air.

Dipopulerkan pertama kali oleh pengusaha batik, bukan pebisnis bolu

Bolu Batik [image: source]

Kisah munculnya inovasi bolu gulung batik tergolong unik dan tak terduga. Siapa sangka seorang pengusaha bernama Retno Dyah yang biasanya tertarik hanya pada bisnis justru bergabung di  grup memasak facebook.

Saat di grup sedang heboh-hebohnya belajar membuat bolu gulung dengan berbagai karakter animasi, perempuan ini iseng  pengen banget membuat bolu gulung yang berbeda.

Lah kebetulan ada klien memesan batik, saat menggulung kain baik pesanan customer, Retno pun spontan terpikir untuk membuat bolu gulung dengan corak kain batik.

Mengalami 14 kali kegagalan dalam proses penciptaannya, aduh

Proses pembuatan bolu batik [image: source]

‘Nggak bisa karena nggak terbiasa’, barangkali itu yang dialami Retno. Sehari-hari memproduksi pakaian hingga tas batik dengan mudah, justru membuat sebuah roti gulung batik dirasa cukup membuatnya kewalahan. Sekali dibuat, rotinya malah bredel, kedua kalinya motif batik sudah nampak tapi rotinya bantet.

Setiap hari anak dan suami pun diminta menjadi pencicip, di hari ketiga keluarganya menolak. Jengah diledek dan nggak tega keluarganya jadi kelinci percobaan, Retno memberikan kue buatannya pada ayam kampung peliharaannya. Setelah keukeh berjuang, perempuan ini akhirnya menemukan resep yang cocok di percobaan yang ke-15.

Ada filosofi tertentu pada sebuah bolu batik, nggak sembarangan

Bolu batik image: source]

Seperti dalam pakaian, batik dalam bolu pun mempunyai makna tersendiri, semacam filosofi unik yang harus dipahami. Tidak semua orang mengerti hal ini, dan melalui bolu Retno pelan-pelan memberi penjelasan pada orang-orang di sekitarnya.

Misalnya motif sidomukti melambangkan pengharapan kepada pengantin supaya hidup sukses, motif ini cocok banget untuk dibuat bolu hantaran. Ada jutu motif truntum yang makna di baliknya menceritakan kesetiaan seorang istri, kue bermotif truntum cocok disajikan di hari pernikahan.

Selain itu guys, batik-batik motif cerah bisa kamu gunakan untuk hadiah ulang tahun buat sahabat, keluarga, dan mereka yang kamu cintai.

Sempat booming di tanah air pada tahun 2015

Pelatihan pembuatan bolu batik [image: source]

Setelah Retno mengunggah hasil kreasi batiknya di Facebook pada bulan Juni 2014, apreasiasi masyarakat sangat bagus. Ada yang memesan bahkan ingin belajar. Menanggapi hal itu, insting bisnis Retno langsung mencium bau-bau peluang. Tak perlu menunggu lama, Retno pun membuka perusahaan bolu batik.

Nggak cuma itu , Retno juga membuka pelatihan pembuatan bolu batik bagi orang-orang di lingkungan sekitarnya. Setelah makin populer nih, perlahan-lahan muncul gerai bolu batik di berbagai daerah di tanah air. Peminatnya pun makin hari makin membludak.

Kini sepi di negeri sendiri tapi populer di Singapura

Kalau kamu membuka mata sedikit lebar, pastilah tahu kenyataan anak muda jaman sekarang yang bisa dibilang korea-minded atau Jepang-minded.

Buktinya, tongkrongan yang menyajikan Sushi, teobokki, mochi, kini lebih ramai ketimbang gerai bakso, bolu tape maupun bolu batik. Generasi kekinian kita lebih bangga jajan dorayaki yang mahal ketimbang beli kue putu buatan bangsa.

Bolu batik yang booming di Singapura [image: source]

Namun lucunya, saat pengusaha Singapura memviralkan bolu batik semua orang rasa-rasanya pada geram dan kepanasan. Sebab bolu yang pasarnya sampai ke Malaysia, Jepang, Taiwan, hingga Inggris dan Jepang itu dibuat pebisnis Singapura bukan Indonesia.

Jika ingin geram, kita juga selayaknya mencintai produk sendiri ketimbang produk asing. Dan lagi, meski bolu batik merupakan bisnis menjanjikan, generasi muda kita tak banyak yang berminat untuk belajar dan melestarikannya.

Fakta-fakta tentang bolu batik di atas harusnya bisa membuka mata hati kita ya guys untuk lebih mengenal dan mencintai produk negara sendiri. Sebab jangan sampai di kehidupan sehari-hari kita justru abai pada karya bangsa, dan baru peduli saat sudah dicamplok negara lain.

Juga kedepannya, semoga pemerintah lebih peduli dan melakukan langkah konkret untuk melindungi karya masyaakatnya. Setuju kan guys?

 

Google

 

Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 1610 hasil (0,62 detik)
Hasil Telusur
Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura
wwwboombastiscom/bolu-batik-khas-indonesia/125069
17 Okt 2017 – Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri Enak dan unik, entah mengapa bolu
Mengenal Bolu Batik Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura
wwwucnewsid//Mengenal-Bolu-Batik-Kue-Khas-Indonesia-yang-Digilai-di-Singap
Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri Boombastis 2017-10-17 12:00:00 SHARE ON
Pengusaha Singapura sukses berdagang bolu batik khas Indonesia
wwwbbccom/indonesia/trensosial-41499093
8 Okt 2017 – Pemilik toko roti online Batikrolls di Singapura memviralkan bolu gulung batik secara online dengan mengandalkan motif-motif Pesisiran khas Indonesia ”Sudah sejak lama keluarga saya akrab dengan beraneka kue dari Indonesia bolu gulung batik ini viral dan banyak peminatnya khususnnya di
Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah
lifegemarakyatid › Uncategorized
4 hari yang lalu – Dewasa ini, banyak pilihan untuk menikmati kuliner khas Indonesia Namun, eksistensi warung tegal (warteg) di negeri sendiri ini tidak kalah loh Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat Selain para pejabat tinggi negara, artis-artis seperti Surya Saputra,
Viona Lita – Google+
https://plusgooglecom/111951824857934510981
Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang
Kue Koya, Jajanan Ngetren Jaman Dulu yang Keberadaannya
beritagegercom//kue-koya-jajanan-ngetren-jaman-dulu-yang-keberadaannya-sekar
27 Okt 2017 – Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri 5 Kuliner Pedas di Yogyakarta Ini
4 Fakta Pembangunan Tugu Nama Bromo yang Sempat Bikin Netizen
beritagegercom//4-fakta-pembangunan-tugu-nama-bromo-yang-sempat-bikin-netiz
20 Okt 2017 – Memang Kepingan Surga Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri
Toyota Concept-i Ride Bantu Aktivitas Penyandang Disabilitas
12819965108 › Mobil
17 Okt 2017 – Navigasi pos Pos sebelumnya Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri
VIDEO: Kondisi Memperihatinkan Sapi Berkaki Dua – KasihTau
12819965108 › Uncategorized
17 Okt 2017 – Pos berikutnya Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri
Inilah 5 Kelakuan Nyeleneh Michael Essien, Bukti Pemain Asing Cinta
https://babenews//inilah-5-kelakuan-nyeleneh-michael-essien-bukti-pemain-asing-ci
membuat banyak orang yang ngefans pada dirinya Mungkin itu juga caranya untuk menunjukkan kecintaannya pada Indonesia ini Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Google

 

Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Laman 2 dari sekitar 1600 hasil (0,52 detik)
Hasil Telusur
Pengusaha Singapura Pasarkan Bolu Batik Khas Indonesia Apakah
makassartribunnewscom › News › Internasional
9 Okt 2017 – Pengusaha Singapura Pasarkan Bolu Batik Khas Indonesia ”Sudah sejak lama keluarga saya akrab dengan beraneka kue dari Indonesia
Genre Musik Ini Disukai Psikopat Cek, Jangan-Jangan Kamu Juga
wwwfokusbrocom/genre-musik-ini-disukai-psikopat-cek-jangan-jangan-kamu-juga-
17 Okt 2017 – Previous article Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri Next article Salut!
5 Bakso Balungan – VIVAcoid
logvivacoid › 7 Bakso Paling Enak Yang Menggoyang Lidah Orang Indonesia
15 Apr 2015 – Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri Kenikmatan daging giling yang
TravelingYuk – Home | Facebook
https://en-gbfacebookcom/travelingyuk/?ref=page_internal
Skor: 4,6 – ‎379 suara
Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri Rasa-rasanya, hampir tiap pekan kita selalu terusik
Tim Sanitasi Bandung Pelajari Sistem Sanitasi Masyarakat Kupang
iniharico › Nasional
25 Sep 2014 – Tempat Ini Bikin Netizen Geram · Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri
Comparisons – AiMOS UGM
https://aimosugmacid/comparison/index?sort=similarity&page=10
dari setiap warga negara untuk memperoleh informasi melalui akuntabilitas pertanggungjawaban pengelolaan keuangan itu sendiri 4 Pelaporan (pasal keuangan di Indonesia ditampilkan dalam tabel 21 berikut Meski dodol telah menjadi makanan khas Bojong Gede, namun tidak serta Peminatnya terus ada
[PDF]Majalah Elshinta – Elshintacom
https://elshintacom/pdf/Majels-2017-07-07pdf
31 Jul 2017 – buku anak hingga ia sendiri kewalahan karena banyaknya permintaan Indra Rupanya peminat makanan sedang membuka bisnis penjualan kue secara Selain di Indonesia, ada 10 negara utama khas yang sama, baik ukuran, warna, sampai dari luar negeri yaitu dari Singapura, Malaysia,
Calaméo – Destinasi Indonesia edisi Setember 2013
wwwcalameocom/books/002746085f42b89d85be5
28 Sep 2013 – Destinasi Indonesia & Majalah Destinasi Indonesia bekerjasama dengan Dari sisi biaya tidak berbeda jauh, tapi menyetir sendiri dengan kemacetan di in | Mengenal Alam Rimba Lodge 34-37 Liburan Keluarga Wisata Terencana, Makanan khas di kabupaten ini rata-rata adalah hidang an laut
indonesian-idftxt – Scribd
https://idscribdcom/document/345027507/indonesian-idf-txt
Skor: 2,2 – ‎9 suara
310010474208672 indonesia 310221814536749 oleh 314321925756574 351545391591234 negara 352763532986748 baru 353329106733637 satu pun 410306799373369 tentang 410844995315704 sendiri 411252280989796 singapura 579649446042739 umat 579798607039941 menjelang
September | 2012 | wirasmada ~ Blog Kumpulan Kisah Sukses
https://wirasmadawordpresscom/2012/09/page/2/
12 Sep 2012 – masyarakat mengenal beras besar di Indonesia negara Asia lainnya sendiri Andris yang meluncurkan produk tersebut pada Juli 2011 memadukan motif batik khas berarti Isam sepi pembeli Singapura juga telah menjadi Nazwa, Pernah Stres Karena di-PHK, Kini Juragan Kue Sukses
Sebelumnya

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Google

 

Mengenal Bolu Batik, Kue Khas Indonesia yang Digilai di Singapura tapi Sepi Peminat di Negara Sendiri

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Laman 3 dari sekitar 1600 hasil (0,54 detik)
Hasil Telusur
Biografi Pengusaha: Pengusaha Indonesia
wwwpengusahaus/search/label/Pengusaha%20Indonesia?updated
Nurlita menciptakan casing telephon yang bermotif batik dan wayang Nama negara kawasan Eropa, terutama Jerman, Belanda dan bahkan sampai dia sama sekali tidak terpikir akan masuk ke Singapura sebagai brand clothing sendiri Sumatra Utara, menjadi sentranya jajanan khas yang bernama bika ambon
Bisnis – Emak Pintar
emakpintarasia/news/tag/bisnis
Tapi tentu saja Emak tetap ingin memiliki penghasilan sendiri [] Sudah seberapa jauh sih perkembangan Digital di Indonesia? Nofi Wijayanti mulai memasuki dunia bisnis saat mengenal sosial media Produk kecantikan atau kosmetik merupakan salah satu perlengkapan wanita yang tidak pernah sepi peminat
Toko Buku Online Murah & Lengkap, Support Penerbit Indonesia
dutailmucoid/sitemaphtml
Elegan, Glamour, Extravagant · Batik – Mengenal Batik Dan Cara Mudah Membuat Batik · Busana Muslim Bagi yang Bertubuh Mungil: Busana Kasual, Kantor
Escape Indonesia – 2015 Dec/Jan/Feb by Regent Media Pte Ltd – issuu
https://issuucom/regentmedia/docs/esc_indo_e-mag_v4i4
11 Jan 2016 – Title: Escape Indonesia – 2015 Dec/Jan/Feb, Author: Regent Media Pte Ltd, Catatan Kehidupan Kota Tepi Laut Rovinj, KROASIA Mengenal Peta Kuliner MELBOURNE REGENT MEDIA PTE LTD 20 Bedok South Road, Singapore bersiaplah untuk mengalami petualangan Anda sendiri mengarungi
[PDF]Buku Guru Bahasa Indonesia – E-Learning SMA Negeri 1 Cianjur
1189719311//Bahasa%20Indonesia//Kelas%20XI%20Bahasa%20Indonesia%20BG
Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia ditulis dengan tujuan agar para pemikir imajinatif dan warga negara Indonesia yang literat atau melek informasi latihan menggunakan kata dan menyusun kalimat yang khas untuk teks tertentu Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan ingin
Travel Hack – Cara Seru Traveling Hematpdf – Course Hero
https://wwwcourseherocom › › ECONOMIC › ECONOMIC 1-10
DENGAN SIAPA HARUS MELAKUKANNYA Melakukan backpacking sendiri atau berdua bagaimana caranya mengurus visa ke Malaysia, Singapura, Thailand? Well Indonesia juga bebas visa bagi beberapa negara di dunia (kamu bisa cek negara Selain itu, kamu bisa mengetahui makanan khas dari kota tersebut
[Word] Id Dic File – Share ITS
shareitsacid/mod/resource/viewphp?id=24998
antheridium anti anti-Cendana anti-Indonesia anti-integrasi anti-kepentingan batavia baterai baterainya batere baterry bath batial batik batiknya batil batin bolos boltzmann bolu bom bombai bombardir bombay bon bonafit bonang khalayak khalayaknya khalifah khalik khamar kharismatis khas khasanah khasiat
[PDF]Bahasa Indonesia • Kelas XI SM A/MA/SMK/M AK – Buku Sekolah Digital
https://bsdpendidikanid/data//Kelas_11_SMA_Bahasa_Indonesia_Siswa_2017pdf
Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia ditulis dengan tujuan agar siswa Dari negara mana sajakah beasiswa dapat diperoleh? 3 Teks bertema aktivitas tertentu, misalnya cara membuat bolu kukus, mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain pedagang Singapura dari Kalimantan Barat
[PDF]PDN/MJL/49/07/2016 – Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri
ditjenpdnkemendaggoid/sites/default/files/Arsip_IPDN%205_2016pdf
oleh L UTAMA II – ‎Artikel terkait
Model Sukses Koperasi Peternak Lintas Negara 19 Fakta bahwa produk unggulan Indonesia ini memiliki Tentunya, sajian-sajian menarik lainnya khas Info Australia, Japan, Singapore, China, Malaysia, Taiwan, Hong mengenal lebih jauh Arla Foods Arla sendiri dalam bahasa Denmark sepi pengunjung
[PDF]kembali putih suci di hari nan fitri – Amazon Web Services
https://s3-ap-southeast-1amazonawscom//BahasaIndonesia/AirAsia_travel3Sixty_In
1 Jul 2016 – perjalanan di negara-negara yang menjadi berpegian ke Singapura, Anda untuk para peminat seni dan oleh Allstars AirAsia Indonesia demi kemajuan AirAsia itu sendiri Indonesia, Anda dapat mengenal menjadi salah satu andalan wisata kuliner khas belakangan, karena batik sendiri
Sebelumnya

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan