Mengenal Mahtuf Ikhsan, Sosok Mahasiswa Baru yang Berhasil Bikin IPB ‘Hits’ di 7 Negara

Posted on

Akhir-akhir ini banyak sekali prestasi mahasiswa yang membanggakan. Mahasiswa zaman now sudah tak pantas lagi turun ke jalan dan melakukan demo, karena mereka lebih banyak mengeluarkan omong kosong dalam aksi-aksi tersebut. Berbeda dengan aktivis tahun 1998 yang benar-benar menggodok otaknya menjadi sebuah pemikiran yang ditakuti pemerintah.

Daripada membuang waktu untuk turun aksi, lebih baik banyak-banyak raih prestasi. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa baru (maba) IPB ini. Baru satu tahun kuliah, ia sudah membawa nama baik IPB ke kancah dunia. Simak kisah lengkapnya dalam ulasan berikut.

Belum Menginjak 17 Tahun, Prestasinya Sudah Bejibun

Laki-laki kelahiran Pekanbaru, 29 Januari 1999 ini tiba-tiba menjadi viral di dunia maya. Pasalnya, belum menginjak usia 17 tahun, ia sudah menduduki bangku kuliah, di kampus ternama pula, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB). Bernama lengkap Mahtuf Ikhsan, sosok satu ini benar-benar membuat IPB bangga.

Prestasi Ikhsan

Bukan hanya karena berhasil menjadi mahasiswa muda di kampus tersebut, tapi juga prestasi yang telah dihasilkan sejauh ini. Selama satu tahun berstatus mahasiswa IPB, ia telah memperkenalkan nama kampusnya ke 7 negara berkat ajang yang diikuti serta juara yang dibawanya pulang. Salah satunya adalah Best Presentation dan Best Paper dalam ajang 5th World Conference on Applied Science Enginering and Technology 2017, di Bangkok.

Menjabat Posisi Penting dalam Organisasi Kampus

Selain berburu prestasi lewat jalur akademik, kemampuan non-akademik Ikhsan juga tak bisa diragukan. Ia pun aktif dalam organisasi mahasiswa sebagaimana anak kuliahan lainnya. Tak hanya aktif, ia pun menjabat pada posisi penting dalam organisasi tersebut.

Editor in Chief

Adalah IFSA—International Forestry Student Association atau perkumpulan mahasiswa kehutanan dunia, karena jurusan yang dipilih oleh Ikhsan adalah kehutanan, yang menjadi organisasi tempat Ikhsan berkarya. Ia menjabat Editor in Chief dalam rangka Hari Hutan Internasional. Keren banget, ya!

Telah Menerbitkan Sebuah Buku

Rupanya kecintaannya terhadap literature tak hanya dituangkan dalam menjadi Editor in Chief di IFSA. Melalui akun instagram pribadinya (@mahtufikhsan) ia pernah mengunggah sebuah buku yang ditulisnya bersama seorang teman. Buku tersebut berjudul Tetap Jaga Hingga Nanti Musim Berganti.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan