Mengenang 5 Metal Hero, Pahlawan Asal Jepang yang Gak Kalah dengan Satria Baja Hitam

Posted on

Mengenang 5 Metal Hero, Pahlawan Asal Jepang yang Gak Kalah dengan Satria Baja Hitam

Bagi angkatan 90-an, satria baja hitam memang sangat melekat di hati. Apalagi kalau bukan karena  karena aksi-aksinya saat berubah dan menumpas kejahatan, yang super kece. Alhasil ketikan zaman sudah maju ini, kadang kita dibuat kangen dengan tontonan-tontonan semacam itu.

Etis jangan lupa, rupanya dulu satria baja hitam tidak sendiri. Ya, kita sering lupa kalau ada para pahlawan lain dari Jepang yang juga gak kalah keren dari Kotaro Minami.

Kamu ingat dong Metalder? Atau Ninja Jiraiya? Ya, itulah mereka. Yuk sedikit bernostalgia dengan para Metal Hero yang sempat tayang di Indonesia.

Metalder, pahlawan merah dan biru

Kalau yang satu ini angkatan 90-an pasti sangat ingat, pasalnya dulu ditayangkan pas setelah satria baja hitam selesai. Ya, super hero khas jepang ini memang terkenal dengan separuh badan merah dan birunya. Sebenarnya Metalder sendiri merupakan salah satu metal hero alias saudara dari Jiban.

Kalau dari jalan ceritanya sendiri Metalder petualangan seorang cyborg dalam memberantas kejahatan. Uniknya Amerika juga sempat mengadaptasi film Metal Hero ini dengan judul VR Troppers. Metalder sendiri sudah pernah disiarkan oleh RCTI, tapi dulu entah sampai tamat atau tidak.

Ninja pahlawan Jiraiya yang masih eksis

“Ninjaa pahlawaaan… JIRAIYA!” nah lirik lagu tersebut pastinya sangat terkenang untuk semua angakatan 90-an. Ya memang kalau sosok Metal Hero yang satu ini agak berbeda dengan yang lain.

Ketika kebanyakan menggunakan wujud robot,   Jiraiya ini malah memakai kostum dengan bentuk  ninja tapi kemampuannya gak kalah dengan para Metal hero lainnya. Meskipun jalan ceritanya berkutat masalah pertarungan clan ninja, namun semua sudah diramu agal terlihat lebih modern mulai dari mobil hingga sebuah robot raksasa yang siap membantu Jiraiya. Bisa dibilang  ini Naruto-nya anak zaman dulu lah.

Jiban, “ Anaknya Robocop”  90-an

Mirip dengan tema robocop, tapi Jiban lebih melekat pada anak 90-an. Jiban sendiri bercerita mengenai seorang polisi yang dalam bertugas bisa berubah wujud menjadi robot.

Uniknya pada kisah Jiban yang satu ini, dia selalu membacakan pasal-pasal kesalahan sebelum beraksi mengalahkan penjahat yang berbuat onar.  Jiban sendiri rupanya di Indonesia sempat disiarkan oleh salah satu TV Swasta, Indonsiar. Bahkan saking populernya, serial Jiban ini sampai ditayangkan kembali beberapa tahun kemudian.

Bettle borg, dari komik jadi nyata

Di adaptasi dari salah satu Metal Hero Jepang, rupanya battle borg sempat merebut hati para anak-anak di Indonesia. Hampir setiap sore ditayangkan oleh stasiun TV Indonsiar, Battle borg dulu menyudurkan cerita yang berbeda dengan yang lain.

Pasalnya tokoh utama dari serial ini adalah tiga anak kecil yang tanpa sengaja masuk di rumah hantu. Hingga akhirnya di rumah tersebut pula lah mereka mendapatkan kekuatan untuk meruba wujud menjadi seorang super hero  berwujud serangga penyelamat kejahatan.

Dan gak kalah dengan power ranger, mereka juga punya kendaraan besar untuk membantu mereka.

Kabutaku, Robot yang paling hebat

Kalau yang satu ini tidak hanya angkatan 90-an, tahun 2000 awal pasti juga mengenalnya. Ya, sempat ditayangkan beberapa kali di stasiun swasta RCTI, Kabutaku ini memiliki alur cerita yang berbeda dengan yang lain, tidak terlalu berat.

Rupanya Kabutaku adalah pemimpin dari para robot baik yang berebut bintang dengan komplotan robot jahat. Untuk mendapatkan bintang yang berharga itu para robot ini harus memenangkan lomba, mulai dari lari, gulat dan lain-lain. Meskipun cerita yang lumayan enteng, namun Kabutaku juga banyak digemari oleh anak-anak.

Tahun 90-an memang ibarat surganya tontonan anak-anak. Bukan hanya mendidik untuk selalu berbuat baik, tapi juga mengembangkan imajinasi. Kita berharap semoga anak generasi juga dieri tontonan yang mendidik, bukan hanya kekerasan dan pasaran saja.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan