Mengerikan! Bukan Hanya Mandul, Ini Efek Buruk Kantongi Smartphone di Saku Celana

Posted on

Lahiya – Mengantongi smartphone (ponsel) di saku celana dianggap bisa menyebabkan kemandulan pada pria. Hal ini dikaitkan dengan radiasi yang mengakibatkan terhambatnya perkembangan sperma.

Namu, penelitian terbaru mengungkap bahaya yang lebih mengerikan dibanding kemandulan pada pria jika mengantongi ponsel di saku celana.

Seperti dilansir liputan6.com dari Softpedia, California Departement Public Health (CDPH) atau Dinas Kesehatan Masyarakat California merilis peringatan mengenai bahaya radiasi ponsel.

Dalam peringatan tersebut, Dinkes California mengungkapkan adanya peningkatan radiasi elektromagnetik. Saat seseorang mengantongi ponsel di saku celana, maka akan terjadi radiasi elektromagnetik.

Baca juga: Mengecewakan! Pakai Aplikasi Peta di Smartphone, Wisawatan Yogya Alami Hal Ini

Radiasi ini memang tak bisa dirasakan atau berpengaruh langsung. Namun, lambat laun akan berdampak pada kesehatan. Salah satunya adalah memicu penyakit kanker.

Ponsel akan memancarkan energi frekuesi radio saat berkomunikasi dengan seluler. Paparan ini akan meningkat saat pengguna menggunakannya untuk menelepon, mengunduh file, susah sinyal, ataupun ketika berada di kendaraan yang bergerak cepat.

“Momen-momen di atas sebenarnya merupakan saat yang tepat bagi pengguna untuk mengurangi pemakaian smartphone,” kata Dinkes California.

Tak hanya itu, lembaga kesehatan ini juga mengingatkan masyarakat agar tak meletakkan ponsel di dekat mereka saat tidur. Apalagi meletakkan ponsel di kasur. Menurut peringatan tersebut, ponsel harus diletakkan sekian meter dari kasur.

Selain itu, Dinkes California juga mengingatkan agar pengguna tak menaruh ponselnya di saku, bra, maupun sabuk. Tempat tebaik untuk meletakkan smartphone saat bepergian adalah tas ransel, tas tangan, ataupun koper.

Baca juga: Nah Lo! Pura-Pura Bisu Selama Belasan Tahun, Pria Ini Malah Jadi Tak Bisa Bicara Betulan

“Karena antena smartphone selalu mencoba untuk terhubung dengan menara seluler (BTS) kapan pun smartphone itu dalam kondisi menyala. Hal itu akan memancarkan energi RF (radiofrequency) meski kamu tidak memakainya,” katanya.

Selain itu, saat menerima telepon, disarankan untuk menggunakan headset atau speaker. Tujuannya agar energi RF yang dipancarkan lebih sedikit.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan