Header Ad

Mengintip 6 Masjid Megah Milik Klub Eropa yang Bikin Mager Ingin Terus I’tikaf

November 10, 2017
12 Views

Bicara soal stadion Eropa, pastinya tidak jauh-jauh dari masalah kemegahannya serta klub pemiliknya yang kaya luar biasa. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak lapangan hijau di sana sudah seperti bangunan dengan fasilitas bintang lima. Bagaimana lagi, lha wong dana mengucur terus dari para milyarder di sana, jadi jangan heran kalau stadion luar negeri ada penginapan, perpustakaan hingga museum besar yang megah luar biasa.

Namun pertanyaannya, ada tidak ya areal masjid di stadion luar negeri itu? Mengingat Shalat bagi muslim kan adalah perkara yang tidak bisa ditinggalkan. Ternyata beberapa klub besar dunia sengaja membangun masjid luar biasa canggih buat beribadah loh. Lalu klub-klub mana saja itu? Simak ulasan berikut.

Masjid canggih Bayern Munchen yang  bikin betah i’tikaf

masjid bayern munchen

Beberapa waktu yang lalu, salah satu club besar ternama di Jerman, Bayern Munchen akhirnya meresmikan masjid barunya Cologne Central Mosque. Ya, pembangunan sarana ibadah ini dilatar belakangi ide salah satu pemainnya  Franck Ribery, gelandang serang Bayern yang mengaku miris ketika melihat para fans muslim yang kesulitan mencari tempat sholat. Awalnya yang akan dibangun hanyalah sebuah mushollah, namun pada akhirnya justru sebuah masjid megah yang berdiri di sana. Dibangun dengan arsitektur yang futuristik, masjid ini dibilang sangat lengkap karena memiliki ruang meeting, penginapan, perpustakaan, museum mini serta muat untuk menampung sekitar 150 mobil di lahan parkirnya. Sedangkan dana pembangunannya sendiri, 85 persen ditanggung oleh klub, dan sisinya dibayar oleh para pemain yang beragama Islam.

Masjid milik Newcastle, tidak hanya untuk beribadah namun juga tempat kumpul bersama

St-James-Park [image source]

Siapa sangka kalau di negeri  yang punya julukan “The Three Lion” ini, ada sebuah masjid yang dimiliki oleh salah satu klub bola besar di sana. Ya, tepatnya di stadion St James Park milik Newcastle United, dibangun sebuah masjid megah untuk memudahkan para muslim dalam beribadah. Ternyata pembangunan masjid ini dilatar belakangi banyaknya jumlah pemain muslim dalam klub tersebut seperti Papiss Cisse, Hatem Ben Arfa, Mapou Yanga Mbiwa, Moussa Sissoko, dan Demba Ba. Beda dengan masjid yang lain, milik Newcastle ini bisa dibilang sebagai tempat khusus untuk beribadah, sehingga jangan kaget jika di sebelahnya ada bakal banyak penganut agama lain yang juga diberikan lahan untuk melakukan aktivitas keagaman.

Kemegahan masjid  milik Manchester City yang malah buat mager

stadion etihad [image source]

Klub asal Inggris lain yang juga memiliki stadion megah adalah Manchester City. Ya, dibangun di Stadion Etihad tempat yang satu ini dirancang sedemikian rupa agar bikin muslim nyaman beribadah. Sejarahnya sendiri, pembangunannya dilatar belakangi oleh sang pemilik yang merupakan miliarder ternama timur tengah bernama Syeikh Mansour Zayen Al Nahyan. Di tangan beliaulah banyak dilakukan pembenahan baik dalam sisi manajemen klub maupun pembangunan tempat ibadah di stadion. Alhasil kini Manchester City menjadi salah satu klub yang juga diunggulkan, baik dalam kualitas bermain bola serta fasilitas penyandang yang ada di stadionnya.

Mesjid megah di tengah stadion negara beruang merah

kazan arena [image source]

Di Rusia, juga ada salah satu stadion milik klub terkenal bernama Rubin Kazan yang terdapat masjid mewah di dalamnya. Didasari karena jumlah penduduk di daerah Kazan yang mayoritas muslim, selain itu pembangunan tempat ibadah ini juga sebagai simbol toleransi yang ada di sana. Alhasil para pengunjung Kazan Arena ini mengaku sangat betah jika menonton pertandingan di stadion tersebut karena sangat terbantu dalam beribadah. Uniknya lagi, stadion keren yang satu ini rencananya akan digunakan dalam piala dunia 2018 sehingga mungkin akan dilakukan pengembangan kembali pada areal kawasan masjid agar penonton jadi tambah nyaman.

Macron Stadium jadi pelopor pertama pembangunan masjid

Masjid di Eropa [image source]

Nama Bolton Wanderers mungkin jarang sekali didengar, namun siapa sangka kalau klub inilah yang menjadi pelopor pertama pembangunan masjid di lingkungan stadion  Eropa. Ya, tepatnya di Macron Stadium, berdiri sebuah masjid megah yang sudah ada sejak 2006, meskipun sejatinya tempat olahraga itu sudah ada sejak tahun 1997. Sampai sekarang ini, areal masjid dan tempat ibadah di sana masih terawat dengan baik, hal ini menjadi simbol bagaimana mereka menghargai toleransi antar umat beragama.

Ewood Park bikin masjid yang jauh dari kebisingan

masjid di rovers [image source]

Klub Inggris lain yang rupanya juga gencar membangun tempat ibadah buat penontonnya adalah Blackburn Rovers. Tepatnya di stadion Ewood Park, sebuah masjid megah dibangun berdampingan dengan tempat ibadah lainnya. Uniknya, masjid tersebut sengaja dibangun di tempat strategis yang jauh dari kebisingan suara para supporter saat mendukung timnya. Didirikan sejak 2008, tiap tahun ada pengembangan kualitas dari masjid yang satu ini. Diharap para pengunjung bisa beribadah dengan nyaman dan tidak terganggu kebisingan.

Ya, itulah beberapa klub bola yang membangun masjid megah buat beribadah para pengunjungnya. Hal ini menjadi bukti kalau para klub besar itu tidak hanya peduli masalah prestasi di lapangan hijau namun juga masalah toleransi beragama. Inilah yang patutnya dicontoh , rasa saling menghargai antar sesama.

 

sumber

You may be interested

Buzz
2 views

Mengintip Pendapatan dan Harta “Papa” yang Ternyata Bisa Buat Naik Haji Orang Tiga Kampung

Lahiya - November 17, 2017

Lagi, Setya Novanto menjadi topik perbincangan hangat oleh publik. Hal itu lantaran saat pemanggilan dirinya oleh KPK kemarin,  namun sayang…

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata 5 Preman Ini Bisa Mengajarimu Sebuah Arti Hidup
Buzz
3 views
Buzz
3 views

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata 5 Preman Ini Bisa Mengajarimu Sebuah Arti Hidup

Lahiya - November 17, 2017

Menjadi orang Indonesia pasti tidak akan pernah lepas dari sebuah stereotype atau generalisasi. Contohnya saja cara kita memandang seorang manajer…

Buzz
4 views

5 Rumah Pohon Cantik Nan Spektakuler di Malang-Batu Ini Bakal Membuatmu Bak Berdiri Di Atas Awan

Lahiya - November 17, 2017

Selain mendaki gunung, cara untuk merasa lebih dekat dengan alam bisa dilakukan dengan berdiri di tempat tinggi, misalnya rumah pohon.…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan