Mengulik Keberadaan Alien dan Teori Konspirasi Bumi Datar, Begini Jawaban Cerdas BJ Habibie

Posted on

Lahiya – Misteri keberadaan alien hingga teori konspirasi bumi datar memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Dan ternyata Presiden Indonesia ke-3, Baharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) pun pernah angkat bicara mengenai hal-hal yang bikin banyak orang penasaran tersebut.

Pria kelahiran 25 Juni 1936 ini mengungkapkan tanggapannya dalam kesempatan berbincang di channel YouTube Najwa Shihab. Dalam video berjudul ‘Eyang Habibie Menjawab Soal Pesawat, Bumi Datar, dan Alien’ yang diunggah pada Jumat (22/12) tahun lalu pun telah disaksikan lebih dari 281 ribu kali.

Dilansir dari laman Tempo.co, Najwa memulai perbincangan dengan mengeluarkan pertanyaan terkait maksud crowdfunding pesawat R80. Menanggapi hal itu, pria jenius dalam bidang teknologi pesawat terbang tersebut pun mengeluarkan jawabannya.

“Itu bukan untuk membuat pesawat, tapi untuk mengamankan proyek ini agar tidak terulang lagi kejadian N250,” tukas Habibie yang pernah memegang jabatan sebagai Menteri Riset dan Teknologi tersebut, seperti dikutip dari laman Tempo.co, Minggu (7/1/2018).

Baca Juga: Bikin Geram! Lawakannya Dinilai Lecehkan Agama Islam, Ge Pamungkas Tuai Kecaman

Habibie kemudian mengungkapkan kisah mengenai para pekerjanya yang seolah ‘dibuang’ tanpa alasan usai produksi N250 rampung. Akibat dari tindakan tersebut, sejumlah negara pun membuat pesawat yang persis dengan N250 dan meraup kesuksesan serta kejayaan hingga saat ini.

Croudfunding ini untuk mengajak masyarakat Indonesia agar peduli dengan produk anak bangsa. Harapannya, kalau nanti ada yang macam-macam dengan R80, kita bisa ramai-ramai melawan,” tutur BJ Habibie dengan tegas.

Obrolan pun berlanjut ke misteri keberadaan alien. Pertanyaan yang dibacakan Najwa diajukan oleh warganet melalui media sosial Instagram dari akun @Pransienda, “Saya ingin bertanya, apakah eyang percaya kehidupan di luar bumi selain manusia (alien)? Terima kasih.”

Lugas, BJ Habibie langsung menanggapi pertanyaan tersebut. “Sampai sekarang tidak ada bukti dari sudut ilmu pengetahuan, bahwa planet di sekitar kita ada kehidupan. Kondisi juga tidak memungkinkan. Entah itu suhu terlalu tinggi, tidak ada cairan, atau terlalu dingin. Paling menguntungkan itu di bumi.”

Baca Juga: Waduh! Nekat Congkel Gigi Pakai Paku, yang Terjadi pada Wanita Ini Bikin Netizen Bergidik

Selanjutnya, Habibie menegaskan bahwa bumi itu nyaman. Dengan kondisi yang terlindungi medan magnet, membuat bumi sanggup menangkal radiasi kosmos dan juga sinar ultraviolet yang dapat membahayakan bagi keberlangsungan hidup umat manusia.

Kemudian Najwa membacakan pertanyaan mengenai teori konspirasi yang beberapa waktu lalu sempat mengundang perdebatan sengit di berbagai kalangan, yakni teori bumi datar. “Assalamualaikum eyang, mau nanya. Eyang percaya sama teori bumi datar gak?” mengutip pertanyaan dari akun @Rezhara.

Mendengar pertanyaan tersebut, tawa BJ Habibie meledak dan malah balik bertanya, “Apa maksudnya?”

“Bumi datar, Eyang. Flat earth,” Najwa menegaskan maksud dari pertanyaan tersebut.

“Tidak. Kita kan tahu persis bumi itu bulat,” pungkas Habibie dengan suara tegas.

Berikut videonya:

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan