Mengulik Pencapaian Yungyung, Desainer Tanah Air yang Rancangannya Digilai Seluruh Dunia

Posted on

Setelah Bunga Jelitha memamerkan kostum nasionalnya kepada publik dalam ajang Miss Universe 2017, banyak yang bertanya-tanya siapakah sosok di balik terciptanya “Warrior of Orangutan” tersebut. Rupanya, kostum nasional yang mengusung tema orangutan tersebut digarap oleh desainer kondang Rinaldy A Yunardi.

Tak hanya berhasil mendapatkan kesempatan untuk meramu kostum yang dikenakan Bunga Jelitha, ternyata sosok desainer ini memang sebelumnya sudah terkenal di mata dunia loh. Bahkan karya-karyanya digilai oleh banyak artis dalam maupun luar negeri. Kamu pun bisa ikut jadi fans-nya jika sudah mengetahui pencapaiannya yang akan diulas dalam tulisan berikut ini.

Menemukan Jati Diri Sebagai Desainer

Rinaldy A Yunardi atau yang akrab disapa Yungyung ini dulunya bukan seorang desainer, apalagi mengenyam pendidikannya. Ia sama seperti kita, hanyalah karyawan swasta yang bekerja 8 jam sehari. Namun, pada suatu hari ia menemukan sebuah mesin potong dan papan akrilik di kantornya.

Rinaldy Yunardi [image source]

Diawali sebuah keisengan, ia pun mencoba-coba memotong akrilik itu dengan mesin dan mendapatkan bentuk seperti sebuah tiara. Ia pun penasaran dan mulai menyempurnakannya dengan jarum, benang, dan kristal. Setelah tiara pertamanya jadi, ia merasa sangat puas dan senang melakukan pekerjaan tersebut.

Karya Pertama yang Membuka Jalannya Menuju Dunia

Karya pertamanya, berupa ‘tiara’ berkat keisengan itu pun dipamerkannya kepada para desainer senior Indonesia. Tak disangka, responnya pun positif, dari situ Yungyung mulai memantapkan diri untuk menekuni dunia perancangan busana. Ia pun lalu mengejar ketertinggalan para seniornya dengan mengenyam pendidikannya.

Mendunia [image source]

Setelah itu, Yungyung pun sampai pada tahap ia ingin mengerucutkan karirnya. Ia lalu fokus hanya pada aksesoris saja, seperti tiara, kalung, anting, bahkan sarung tangan. Karya-karyanya pun sangat mengagumkan, bahkan memikat hati para artis internasional seperti Taylor Swift yang mengenakan sarung tangan rancangannya di video klip terbarunya, juga Gal Gadot yang menyematkan anting di pemotretannya baru-baru ini.

Ingin Mengenalkan Indonesia pada Dunia Lewat Karyanya

Jiwa nasionalis yang tinggi sangat dimiliki oleh Yungyung. Ia mengaku lewat karya-karyanya, dirinya ingin memperkenalkan atau bahkan hanya memberi tahu bahwa Indonesia itu ada, di sini tempatnya, bisa menghasilkan karya yang seperti ini, seperti yang diungkapkannya pada Kompas.com.

National Costume [image source]

Mungkin dari rasa cinta pada tanah air yang tinggi, ia pun dinobatkan untuk menggarap kostum nasional yang akan dibawa Bunga Jelitha ke ajang Miss Universe 2017. Meski tersingkir, Yungyung mengaku puas dengan segala pencapaiannya, karena dari sana, setidaknya dunia memiliki perhatian pada Indonesia.

Harapan Yungyung untuk Para Desainer Muda: “Jangan Latah”

Memang ada pepatah lama yang mengatakan bahwa inspirasi hanya muncul 1000 tahun sekali. Apa yang ingin ditekankan Yungyung untuk para juniornya dalam dunia mode ini adalah tak perlu menunggu 1000 tahun lamanya untuk sesuatu yang baru dan segar. Tinggal bagaimana caranya kalian memutar otak demi menyajikan karya yang membanggakan bangsa.

Yungyung Masterpiece [image source]

Dilansir dari Kompas.com, ia menginginkan para desainer muda untuk tidak hanya latah-latahan karena uang, tapi juga menguasai segala teknik dan menciptakan banyak karya. Hal tersebut bisa didapatkan dengan terus belajar dan selalu mengasah kemampuan mereka.

Gini nih orang Indonesia yang jempolan boombers. Meski sudah terkenal di luar negeri dan bahkan karyanya dicintai setengah mati oleh artis-artis kalangan Taylor Swift, Katy Perry, Gal Gadot, serta Nicky Minaj, ia tak pernah melupakan rumahnya bagai kacang lupa kulit. Tujuan Yungyung pun sangat mulia yaitu ingin memberi tahu pada dunia bahwa Indonesia itu ada dan bisa menghasilkan sesuatu yang membanggakan.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan