Menilik Penyakit Bipolar yang Sedang Viral, Banyak Muncul di Sekitarmu Tanpa Disadari

Posted on

Terkadang banyak dari kita yang tidak sadar jika mengalami sebuah penyakit yang serius. Akhir-akhir ini penyakit bipolar atau bipolar disorder sedang marak diperbincangkan. Penyakit ini memang cukup sepele jika dibandingkan dengan kanker atau stroke, namun jika tidak ditangani atau paling tidak diketahui menjadi masalah yang cukup fatal.

Pasalnya kemarin, terjadi kecelakaan di Jakarta, tepatnya di Bunderan HI. Seorang perempuan, pengidap penyakit bipolar menabrak motor dengan sengaja ketika mengendarai mobilnya. Dikira positif narkoba ternyata setelah diperiksa, perempuan ini mengidap gangguan bipolar. Untuk mengetahui lebih banyak, simak ulasan berikut ini agar kalian tak salah langkah ketika mengetahui gejalanya.

Apa itu Penyakit Bipolar?

Sebelum masuk ke kasus tentang pengidap penyakit bipolar alangkah baiknya kita mengetahui dulu jenis gangguan apakah ini. Bipolar disorder adalah sebuah gangguan psikologis yang menyerang perubahan mood secara signifikan. Gejalanya adalah pengidap gangguan ini akan mengalami dua fase dan berubah dengan cepat.

Ilustrasi Penyakit Bipolar [image source]

Fase pertama disebut dengan mania (kebahagiaan) dimana pengidapnya akan mengalami masa sangat gembira, enerjik, juga merasa dirinya paling tinggi. Sedangkan fase kedua adalah depresi (kesedihan) dimana mereka akan mengalami kesedihan dan cemas yang berlarut-larut, putus asa, dan bahkan bisa menangis tersedu-sedu. Nah, jika boombers memiliki teman atau pernah mengalami sendiri jangan dibiarkan, segera pergi ke psikiater untuk mendapat pertolongan pertama.

Bukan Penyakit Menular

Jika kalian menemukan gejala ini pada diri sendiri atau teman dekat, jangan menjauhinya. Penyakit ini tidak menular kok. Dikutip dari alodokter.com, penyakit ini bisa tumbuh karena stres atau faktor genetik. Penanganan pertamanya juga cukup simpel, jangan membiarkan stres berlarut-larut pada diri kalian dan juga segera konsultasikan kepada psikiater terdekat.

Ketika Sudah Parah [image source]

Meski tidak perlu rawat inap dalam pengobatan penyakit ini, namun jika dibiarkan akan sangat berbahaya karena menurut para ahli penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Namun, ada obat-obatan yang bisa mencegah kambuhnya fase-fase seperti yang dijelaskan di poin pertama tadi.

Pernah Disosialisasikan Lewat Film

Banyaknya warga Indonesia yang masih belum awam dengan penyakit ini membuat banyak penggiat film menyisipkan pengetahuan tentang penyakit bipolar dalam filmnya. Salah satunya adalah Film Posesif yang baru-baru ini tayang. Diperankan oleh Adipati Dolken, ia adalah seorang siswa SMA yang posesif terhadap pacarnya, Putri Marino.

Ia mengalami gangguan bipolar ini dikarenakan sang ibu juga mengalami hal yang sama sehingga ia banyak dikerasi secara fisik. Alhasil, penyakit ini pun ia bawa ke lingkungannya bersama sang pacar. Perubahan fase mania ke depresi ini sangat cepat loh boombers, seperti yang diterangkan dalam satu adegan di Film Posesif ini, sesaat setelah Adipati memukuli sang pacar, ia langsung menyesal dan berkata maaf, ini terjadi berulang kali dan dapat dipastikan pengidap penyakit ini pun akan melakukan hal yang sama.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan