Header Ad

Menurut Penelitian, Garam Anda Mungkin Terkontaminasi dengan Potongan Plastik yang Kecil

October 16, 2017
17 Views

Erabaru.net. Jutaan orang di seluruh dunia telah beralih dari garam meja ke garam laut dalam beberapa tahun terakhir.

Garam laut, yang diperoleh dengan menguapkan air laut, diketahui mengandung mineral dan elemen yang tidak terkandung di dalam garam meja.

Karena garam meja biasanya ditambang dari deposit garam bawah tanah, garam ini banyak diproses untuk menghilangkan nutrisi penting ini.

Selain menambahkan yodium untuk membantu menjaga tiroid yang sehat, proses pemurnian mengeluarkan unsur berlebih untuk tekstur halus.

Dengan demikian, ahli gizi telah mempromosikan magnesium, kalsium, kalium, besi, dan seng yang terkandung di dalam garam laut, yang semuanya menjaga keseimbangan elektrolisis tubuh.

Selain itu, kristal garam laut yang kasar umumnya mengandung lebih banyak citarasa dibandingkan dengan bubuk garam meja.

Setelah kontroversial masalah kesehatan garam meja yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir, garam laut telah menjadi pilihan yang lebih diminati bagi penggemar kesehatan dan koki profesional di seluruh dunia.

Tetapi penelitian baru-baru ini menunjukkan ada zat lain terkandung di dalam garam laut yang kami yakini tidak akan Anda temukan pada label kemasannya: mikroplastik.

Penelitian yang dipublikasikan di dalam jurnal ilmiah Scientific Reports awal tahun 2017, meneliti 17 merek garam komersial dari delapan negara yang berbeda untuk mengidentifikasi partikel plastik.

Dengan melarutkan garam laut ke dalam air dan menyaringnya melalui selaput penyaring, peneliti dapat melihat apa yang tersisa pada selaput penyaring.

Hasil? Peneliti menemukan mikroplastik di hampir di semua merek garam laut tersebut, hanya satu merek garam laut saja yang tidak mengandung mikroplastik yaitu yang berasal dari Perancis di mana peneliti enggan menyebutkan mereknya.

Meskipun anda mungkin tidak memiliki masalah yang bermakna dalam mencerna potongan plastik yang sangat kecil ini, namun sebenarnya kita tidak mengharapkan hal ini terjadi.

Ilmuwan khawatir bahan kimia dalam plastik dapat menyebabkan keracunan, ketidaksuburan, dan gangguan genetik pada manusia yang menelannya dalam jumlah banyak.

Meskipun hal ini bukanlah kabar baik, seharusnya tidak mengejutkan bagi para pemerhati lingkungan.

Sejak plastik diproduksi secara massal pada tahun 1950an, produksi plastik global telah meningkat melampaui 322 juta ton pada tahun 2015.

Sejak itu, terdapat limbah plastik dari tas belanja, kemasan plastik, dan mikrobead (ditemukan di scrub wajah dan produk kecantikan lainnya), yang akan membuat samudera di Bumi ini menjadi sup plastik yang berputar.

Garam laut mempertahankan plastik tersebut, karena terbuat dari air laut yang diuapkan.

Tren penggunaan dan pembuangan plastik yang meningkat dapat menyebabkan penumpukan mikroplastik di lautan dan danau secara bertahap, yang akan berakibat banyak terkandung di dalam garam laut.

Mikroplastik juga telah ditemukan di perut kerang, ikan, dan kehidupan laut lainnya.

Untungnya, peneliti mengatakan bahwa kadar mikroplastik saat ini adalah sangat rendah sehingga tidak mempengaruhi kesehatan manusia secara drastis.

Kadar mikroplastik yang dikonsumsi dari garam laut diharapkan tidak lebih dari 37 partikel plastik setiap tahun.

Namun, tindakan lebih lanjut perlu dilakukan untuk lebih memahami risikonya, seperti memperbaiki substansial dalam pembuangan plastik dan daur ulang.

Jika Anda bertanya kepada kami, kami sarankan saat ini lebih bijaksana untuk tetap bertahan mengkonsumsi garam meja.(vivi/yant)

Sumber: rd.com

The post Menurut Penelitian, Garam Anda Mungkin Terkontaminasi dengan Potongan Plastik yang Kecil appeared first on Erabaru.

sumber

You may be interested

Mengenal Djonie Liem, Veteran Indonesia yang Bisa Menembakkan Jarum dari Mulutnya
Buzz
5 views
Buzz
5 views

Mengenal Djonie Liem, Veteran Indonesia yang Bisa Menembakkan Jarum dari Mulutnya

Lahiya - November 21, 2017

Bukan rahasia kalau para tentara kita memang dibekali skill khusus yang bikin negara asing ngeri. Mulai dari makan daging ular…

Memperihatinkan! Begini Nasib Tragis Artis Senior Laila Sari Sebelum Meninggal Dunia
Buzz
5 views
Buzz
5 views

Memperihatinkan! Begini Nasib Tragis Artis Senior Laila Sari Sebelum Meninggal Dunia

Lahiya - November 21, 2017

Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan tanah air. Lagi-lagi, seorang aktris senior telah berpulang. Ialah Laila Sari, sosok nenek ‘roker’…

Inilah 4 Fakta Pandan Langkah yang Jadi Pertanda Berlian Berharga Bikin Kaya
Buzz
4 views
Buzz
4 views

Inilah 4 Fakta Pandan Langkah yang Jadi Pertanda Berlian Berharga Bikin Kaya

Lahiya - November 21, 2017

Kita mungkin pernah dengar tentang binatang dan tanaman pembawa keberuntungan. Misalnya siulan burung perkutut hingga tanaman hias Sri Rejeki yang…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan