Gambar Via: ayobuka.com

Cara dan Contoh Kalimat Menyampaikan Sanggahan, Penolakan, dan Persetujuan Pendapat

Posted on

Cara dan Contoh Menyampaikan Sanggahan, Penolakan, dan Persetujuan Pendapat – Di dalam satu diskusi Anda dituntut untuk mengeluarkan pendapat pada persoalan yang tengah dibicarakan. Tetapi, karena diskusi merupakan cara untuk bertukar pikiran, maka akan banyak pendapat yang muncul di dalam forum diskusi.

Gambar Via: malesbanget.com

Nah, tidak hanya mengemukakan pendapat, Anda juga dituntut untuk menanggapi pendapat-pendapat tersebut apakah Anda setuju atau bahkan anda tidak sependapat. Saat mengikuti satu buah forum diskusi, yang perlu diingat yaitu cara bagaimana mengemukakan atau merespon pendapat orang lain. Hal semacam ini dilakukan agar tidak ada pihak yang tersinggung di dalam satu forum diskusi. Oleh sebab itu, artikel kali ini juga akan membahas bagaimana caranya menyampaikan sanggahan, penolakan, serta persetujuan tentang sebuah pendapat.

Menyampaikan Pendapat

Gambar Via: maicx.deviantart.com

Pendapat adalah pandangan pribadi tentang suatu permasalahan. Agar Anda dapat menyampaikan pendapat yang logis dalam sebuah forum, yang perlu dilakukan adalah:

  • Menggunakan fakta dan opini yang kuat
  • Menggunakan bahasa yang meyakinkan
  • Berfikir secara kritis dan logis
  • Mampu menganalisa
  • Tidak memaksakan pendapat

Contoh kalimat menyampaikan pendapat:

“Menurut pendapat saya, Yogyakarta adalah kota pariwisata yang lengkap. Di sana ada wisata sejarah, pendidikan, maupun wisata hiburan. Oleh karena itu, sebaiknya kita menjadikan Yogyakarta sebagai tujuan wisata kita.”

“Menurut kaca mata saya, subsidi BBM yang dilakukan oleh pemerintah belum menemui sasaran karena masih banyak orang – orang kaya yang juga menikmati subsidi tersebut. Oleh karena itu seharusnya pemerintah membuat sebuah regulasi baru untuk mobil – mobil mewah harus menggunakan Pertamax sebagai bahan bakar.”

Merespon Pendapat

Gambar Via: banca15.com

Selain berpendapat, kita juga bisa merespon pendapat yang dikeluarkan oleh orang lain apakah kita menyetujui, menolak atau menyanggah pendapat orang lain. Sama halnya seperti menyampaikan pendapat, dalam merespon pendapat juga ada beberapa cara yang harus diperhatikan. Di bawah ini adalah respon-respon pendapat yang memungkinkan.

Menyetujui Pendapat

Gambar Via: in.sugoren.com

Jika Anda memiliki pandangan yang sama dengan pendapat yang dikeluarkan oleh seseorang, Anda bisa menyetujui pendapatnya. Cara menyampaikan persetujuan pendapat yang benar adalah:

  • Singkat, jelas, dan tidak berbelit-belit
  • Mengakui pendapat yang disampaikan adalah benar
  • Menguatkan pendapat tersebut dengan memberikan opini Anda
  • Menggunakan bahasa yang sopan
  • Meminta izin terlebih dahulu kepada moderator

Contoh kalimat mendukung pendapat

“Saya setuju dengan pendapat Saudara Aria Nugraha bahwa kita sebaiknya memasukkan Yogyakarta sebagai tujuan dari study tour ini, karena selain tempat wisatanya lengkap, biaya penginapan dan konsumsi disana juga relatif murah.”

“Apa yang dikatakan oleh Saudara Aria Nugraha sama dengan pendapat saya, bahwa pemerintah seharusnya memberikan regulasi kepada para pemilik mobil mewah untuk menggunakan Pertamax, sehingga dana subsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah tidak terlalu banyak dan bisa digunakan pada bidang lain.”

Menyanggah Pendapat

Gambar Via: kakakpintar.com

Jika pendapat yang disampaikan tidak sesuai dengan apa yang Anda pikirkan, Anda bisa menyanggah pendapat tersebut. Berikut ini adalah cara menyanggah pendapat orang lain:

  • Menggunakan bahasa yang sopan
  • Menggunakan landasan yang kuat
  • Memberikan alasan yang kuat.
  • Meminta izin kepada moderator

Contoh kalimat menyanggah pendapat

“Maaf saudara Aria Nugraha, saya kurang sependapat dengan pendapat Anda untuk memasukkan Yogyakarta sebagai tujuan study tour kita. Hal ini dikarenakan jarak yang harus ditempuh akan semakin jauh karena setelah dari Bandung kita akan menuju pulau Bali.”

“Menurut saya, pendapat Saudara Aria Nugraha baik, tetapi dalam hal pelaksanaannya sangatlah mustahil karena untuk menetapkan regulasi tersebut sangatlah susah dan perlu waktu yang lama, sedangkan kita harus mencari solusi permasalahan ini segera.”

Menolak Pendapat

Gambar Via: muhsinlabib.com

Apabila pendapat yang disampaikan tidak sesuai dengan apa yang sedang dibahas dalam diskusi, maka moderator bisa menolaknya. Berikut ini adalah cara menolak pendapat:

  • Tidak menyinggung perasaan orang lain.
  • Menggunakan bahasa yang santun karena yang ditolak adalah pendapat bukan orangnya.
  • Meminta izin terlebih dahulu kepada moderator.
  • Memberikan alasan yang kuat.

Contoh kalimat menolak pendapat

“Maaf saudara Aria Nugraha, pendapat Anda tidak logis karena Anda tidak menyertai alasan – alasan yang kuat mengapa kita harus memasukkan Yogyakarta sebagai tujuan study tour kita. Sebaiknya Anda menyampaikan pendapat Anda dilengkapi dengan alasan dan bukti yang kuat.”

“Maaf, pendapat Anda tidak bisa diterima karena bertolak belakang dengan tujuan dari diskusi kita kali ini. Tujuan diskusi kita kali ini adalah membahas tentang masalah kenaikan harga BBM bukan membahas tentang mobil mewah.”

Dan itulah pembahasan kami mengenai Cara Menyampaikan Pendapat, kami harap semoga Postingan kali ini mengenai Cara Menyampaikan Pendapat di atas sedikitnya dapat membantu kalian yang sedang mencari segala hal yang menyangkut teori atau ilmu tentang Cara Menyampaikan Pendapat untuk lebih mengerti lagi bagaimana Cara Menyampaikan Pendapat dengan baik dan benar. [ki]