Meski Sering Dihujat, Baru 3 Bulan Saja Menjabat Anies-Sandi Sudah Penuhi 10 Janji Kampanyenya. Ini Daftarnya

Posted on

Lahiya – Sejak dilantik pada Senin (16/10/2017) yang lalu sampai hari ini masa kerjanya, kira-kira Gubernur dan Wakil Gubenur DKI Jakarta yakni Anies Baswedan dan juga Sandiaga Uno sudah banyak melakukan janji-janji kampanyenya. Bagi Anda yang penasaran janji-janji yang sudah direalisasikan Anies-Sandi, dilansir dari Tribunnews.com berikut 10 kinerja nyata dari mereka.

#1. Menutup Alexis

Masih segar dalam ingatan, Anies Baswedan kerap menyinggung penutupan Griya Pijat dan Hotel Alexis. Salah satunya saat melakukan silaturahmi tokoh pemuka agama di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (14/11/2017). Di hadapan tokoh lintas agama itu, Anies menjelaskan ia ingin menghadirkan standar moral tinggi di Jakarta.

“Kami tidak ingin Jakarta kompromi terhadap praktik-praktik yang tidak sesuai (aturan). Karena itu, baru seminggu (menjabat), salah satu tempat yang paling terkenal (Alexis) tidak kami teruskan izin operasinya,” ujar Anies kala itu.

Baca juga: Lantik Moeldoko dan Agum Gumelar, Sepertinya Jokowi Punya Misi Rahasia Ini

#2. Melakukan Penataan PKL

Mulai Jumat (22/12/2017) yang lalu, Pemprov sudah melakukan penataan kawasan Tanah Abang. Meskipun melakukan penataan, Anies-Sandi berupaya untuk bisa menguntungkan semua pihak. PKL difasilitasi untuk berjualan, pejalan kaki leluasa berjalan di trotoar, sampai ojek pangkalan dan ojek online yang diberi lahan pakir supaya lebih rapi.

#3. KJP Plus

Sandiaga menyebutka jika Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus sesuai dengan janjinya bakal dilaksanakan mulai 2018. Sebab masih menunggu perubahan APBD. Selanjutnya, Sandi berharap jika KJP Plus ini akan tepat sasaran dan anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa menyelesaikan pendidikannya.

#4. OK Otrip

Pemprov DKI juga sudah menggelar acara soft launching one karcis one trip (OK Otrip) sejak Kamis (14/12/2017) yang lalu di pendopo Balai Kota DKI Jakarta. Program itu diresmikan oleh Anies-Sandi. Selain melakukan peresmian, mereka juga melakukan simulasi program yang dimaksud.

Baca juga:  Sandiaga Sebut Apartemen Mangkrak di Klapa Village Proyek Era Ahok-Djarot

Andri Yansah selaku Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyebutkan program ini akan dilakukan uji coba selama tiga bulan terhitung dari pertengahan Januari 2018 sampai April 2018.

#5. Rumah DP 0 Persen

Terkait program rumah DP 0 Persen, seperti yang diketahui baru-baru ini sudah santer pembahasannya. Nah, pada Kamis (18/1/2018), Anies sudah melakukan peletakan batu pertama di kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Dilansir dari Kompas.com, tahap awal bakal dibangun 703 unit hunian, terdiri dari 513 unit tipe 36 dan 90 unit tipe 21.

#6. Oke Oce

Sandi sangat identik dengan Oke Oce, ia meresmikan pembukaan OK OCE Mart Kopkar di Yayasan Pesantren Islam, Rawamangun, Jakarta Timur sebagai bentuk jerih payah dari siswa siswi mereka.

Baca juga: Heboh Pernyataannya Soal 5 Fraksi Dukung LGBT, Zulkifli Hasan Beri Klarifikasi

#7. Pajak Lebihi Target

Anies Baswedan berharap jika penerimaan pajak DKI Jakarta tahun 2018 ini bisa melampaui target. Pemprov DKI sudah menargetkan penerimaan pajak dan retribusi daerah sebesar Rp 38.125 triliun.

“Saya bilang sama Pak Edi, kalau bisa kita kejar Rp 40 triliun, tetapi sekarang ini saya baru mulai, artinya potensi penerimaan pajak yang seharusnya masuk selama ini belum terukur,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, mantan Menteri Pendidikan Indonesia itu sempat menyebutkan keyakinan jika penerimaan pajak DKI tahun 2018 ini akan lebih tinggi.

#8. Membolehkan Motor

Anies ingin kendaraan roda dua bisa jalan di Jalan MT Thamrin lagi. Ia mau warga bisa mengakses seluruh jalanan di Jakarta. Tak peduli roda dua ataupun empat, Anies ingin memastikan seluruh areal Jakarta bisa diakses oleh warganya.

Baca juga: Ingat YK Si Bocah Kelas 1 SD yang Kecanduan Hal-Hal Terkait Persenggamaan? Begini Kabar Terkininya

#9. Monas Bebas untuk Kegiatan Keagamaan, Budaya dan Seni

Jika di masa Ahok Monas disterilkan dari berbagai kegiatan, saat ini Anies sudah mencabut larang tersebut. Keputusan itu tercantum dalam  Peraturan Gubernur (Pergub) No. 186 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 160 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Kawasan Monumen Nasional, akhirnya ditetapkan kembali bahwa Monas bisa digunakan lagi untuk kegiatan pendidikan, sosial, budaya, dan keagamaan.

#10. Mengijinkan Becak

Gubernur Anies juga menyebutkan akan memberikan jalur khusus bagi becak di Jakarta. Dan ini masih mengundang pro dan kontra di masyarakat. Namun Anies menegaskan jika rencananya itu tak akan seperti bayangan masyarakat.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan