Misteri Kakek Sarung, Hantu Melegenda yang Bikin Warga Medan Merinding

Posted on

Misteri Kakek Sarung, Hantu Melegenda yang Bikin Warga Medan Merinding

Indonesia memang begitu kaya akan kisah mistis. Dari zaman leluhur kita dulu, sudah banyak cerita-cerita misteri yang diturunkan secara turun-temurun. Sebut saja kisah si Sundel Bolong yang konon bisa balik menjadi manusia jika kepalanya dipaku.

Misteri Kakek Sarung, Hantu Melegenda yang Bikin Warga Medan Merinding

Ada juga cerita pernikahan manusia dengan kuntilanak yang konon bisa bikin kaya mendadak. Meski cuma mitos, namun nyatanya cerita tersebut kadung populer di kalangan masyarakat.

Misteri Kakek Sarung, Hantu Melegenda yang Bikin Warga Medan Merinding

Lain daerah, biasanya lain pula ceritanya. Di daerah Medan, barangkali sudah akrab dengan nama hantu ‘Kakek Sarung’. Diceritakan Kakek Sarung ini merupakan sosok tua mistis yang bisa menjemput nyawa siapa saja.

Misteri Kakek Sarung, Hantu Melegenda yang Bikin Warga Medan Merinding

Teror ini bahkan sudah menyebar, hingga orang di luar Medan pun tak asing dengan makhluk mistis tersebut. Seperti apa sebenarnya si Kakek Sarung?

Dipercaya bahwa sarung tersebut merupakan kafan

Hanya ilustrasi kakek sarung [image source]

Berawal dari kota Binjai dan Medan. Masyarakat banyak yang dibuat merinding dengan banyaknya cerita yang beredar, perihal seorang kakek tua renta yang berkeliling dengan penampilan menyedihkan.

Kakek ini kadang meminta-minta, dan jika ada orang yang memberikan sedekah, maka si kakek akan memberikan sarungnya pada si pemberi. Ada pula yang menjelaskan bahwa si kakek akan menjual sarungnya dengan harga yang sangat murah.

Konon, siapapun yang menyentuh sarung tersebut akan meninggal—kecuali si kakek pastinya. Kain sarung tersebut ternyata adalah kain kafan, begitu kata orang-orang di Medan.

Konon, si kakek adalah pencari tumbal ilmu hitam

ilustrasi Kakek sarung [image source]

Banyak yang percaya bahwa kakek ini berjalan kaki dari Binjai hingga Medan hanya untuk mendapatkan banyak tumbal. Konon, kakek ini adalah pengguna ilmu hitam.

Masyarakat Medan sebelumnya juga saling mengingatkan untuk berhati-hati, karena dikatakan kalau korbannya sudah begitu banyak, di jalan Diski, Mistar, dan Sunggal. Makanya, masyarakat kerap diwanti-wanti untuk tidak membukakan pintu untuk kakek yang biasanya datang di jam 03.00 dini hari, jam 16.00 sore, hingga ba’da magrib.

Ketakutan masyarakat tiap ketemu kakek tua

Ilustrasi sarung kematian [image source]

Meski banyak yang menganggap jika kisah mistis tersebut hanya mitos, namun beberapa masyarakat ada yang mengaku benar-benar didatangi oleh seorang kakek tua yang membawa sarung. Menurutnya, si pria renta itu mendatangi sekitar tempat kosnya di daerah Mencirim yang menawarkan sarung.

Namun, karena dia menolak tawaran tersebut, si kakek pun pergi begitu saja. Entah sosok tersebut adalah kakek yang dimaksud, atau hanya kebetulan bertemu dengan pria dengan ciri-ciri yang mirip.

Cerita mengerikan hanya mitos

Kakek sarung hoax [image source]

Seperti hantu-hantu Indonesia yang lain, keberadaan Kakek Sarung juga tidak bisa benar-benar disaksikan oleh masyarakat. Hampir semua mengatakan hanya mendengar cerita dari orang lain.

Bahkan, ada juga yang memperoleh berita tersebut dari BC BBM yang sengaja disebarkan oleh orang yang nggak bertanggung jawab. Walhasil, hoax tersebut sukses menyebar, bahkan informasinya membuat gempar seluruh medan.

Nggak sedikit yang merasa ketakutan dan jadi paranoid ketika bertemu dengan pria renta, dan sebisa mungkin mereka menghindari jika bertemu dengan pria tua—apalagi yang memakai sarung.

Misteri Kakek Sarung, si pemilik ilmu hitam yang kerap pencabut nyawa orang demi tumbal memang terbukti hanya mitos. Cerita yang makin berkembang berkat teknologi smartphone yang menyerbarkan isu dengan cepat. Dari kisah ini, semoga kita bisa belajar untuk tidak mudah percaya pada berita yang disebarkan, terlebih dari sumber yang kurang bisa dipercaya.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan