Selain Pantai, Nikmatilah Wisata Kata dan Sastra Museum Andrea Hirata di Belitung

Museum Kata Andrea Hirata adalah tempat yang harus dikunjungi pencinta film serta buku Laskar Pelangi, pengagum karya-karya Andrea Hirata, mau pun penyuka sastra. Tempat museum ini ada di Lenggang, Gantung, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Di museum yang penuh warna itu, kita dapat lihat beberapa hal yang terkait karya-karya Andrea Hirata. Demikian masuk ruang museum, kita bakal disambut gerbang yang terbuat dari jendela-jendela kayu yang dicat warna-warni, yang disebut lambang kalau buku yaitu jendela dunia.

Jalan ke tengah museum, mata kita bakal dimanjakan oleh pohon-pohon Sang Pemimpi. Ada pula sudut Laskar Pelangi, yakni tempat menunjukkan buku Laskar Pelangi yang telah ditranslate ke kian lebih 20 bhs serta dipublikasikan di 100 negara.

Ruang yang lain dinamakan tokoh-tokoh dalam Laskar Pelangi, seperti Ruangan Ikal, Ruangan Lintang, serta Ruangan Mahar. Di Ruangan Ikal, kita bisa lihat kutipan novel yang melukiskan sosok Ikal, umpamanya photo adegan waktu Ikal berpisah dengan Lintang.

Dari Ruangan Ikal, kita menuju Ruangan Lintang yang berisikan bebrapa photo Lintang yang di ambil dari film Laskar Pelangi. Disamping itu, di Ruangan Mahar kita dapat lihat benda-benda unik yang sama dengan tokoh Mahar.

Sisi dalam museum kata

Wicaksono /Beritagar.id

Wicaksono /Beritagar.id

Sesungguhnya, maksud dibuatnya museum ini untuk memberikan inspirasi generasi muda Indonesia, terutama yang ada di Belitung untuk berani wujudkan mimpi. Ini juga seperti satu pelunasan janji untuk Andrea Hirata.

Dahulu ia pernah berjanji apabila penjualan bukunya menguntungkan, ia bakal memakai uangnya untuk bikin suatu hal yang ada hubungan dengan pendidikan. Jadilah museum kata ini.

Museum Kata juga sediakan tempat spesial untuk menulis serta membaca. Museum ini mungkin saja pilihan tempat bersantai sembari nikmati kata serta sastra yang asik di Belitung. Karya Andrea Hirata yang belum dipublikasikan juga dapat kita baca disana. Ini pasti jadi poin utama untuk pengagum Andrea Hirata.

Warung Kopi Kuli

Wicaksono /Beritagar.id

Wicaksono /Beritagar.id

Terkecuali buku, museum ini juga mempunyai panggung kecil untuk pertunjukan seni serta apresiasi sastra, juga kantor pos mini yang masihlah berperan untuk kirim surat atau kartu pos, baik dalam atau luar negeri.

Janganlah lupa untuk mencicipi kopi di Warung Kopi Kuli yang ada dibagian belakang museum. Kita bisa duduk bersantai sesaat sembari nikmati museum kata yang mengingatkan kita pada semangat tokoh-tokoh film Laskar Pelangi serta karya-karya Andrea Hirata.

loading...
1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan