Nah Lo! Diduga Pakai Jajaran Gelar dari Ijazah Palsu, Peradi Telusuri Kebenaran Titel Fredrich Yunadi

Posted on

Lahiya – Komisi Pengawasan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) menyelidiki perihal dugaan ijazah palsu mantan pengacara terdakwa kasus korupsi e-KTP Setya Novanto, Fredrich Yunadi yang menghasilkan deretan gelar di belakang nama Fredrich.

Terdapat sejumlah gelar yang dicantumkan Fredrich Yunadi pada namanya yakni DR. Fredrich Yunadi, SH., LL.M., MBA, di laman resmi www.yunadi.com. Ia bahkan mengklaim gelar Doktor tersebut diperoleh dari Universitas California (UCLA), seperti yang dilansir dari laman Tempo.co, Sabtu (20/1/2018).

Disampaikan oleh Sekretaris Pengawas Peradi Victor W. Nadapdap pada Sabtu (20/1), pihaknya tengah melakukan investigasi untuk menemukan kebenaran perihal ijazah palsu milik Fredrich Yunadi. “Komwas tengah melakukan investigasi, jadi sampai saat ini belum diketahui kebenarannya,” tutur Victor.

Menurut informasi yang dihimpun Tempo.co, Fredrich Yunadi mengemban profesi sebagai advokat secara resmi sejak dilantik pada 2007 silam. Usai mendapatkan ijazah sebagai lulusan Fakultas Hukum Universitas Jakarta (Unija) 2005, ia melanjutkan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) pada 2006.

Baca Juga: Dunia Politik Geger! Kubu Sudding Bocorkan Kejahatan Oso Selama Ketuai Hanura

Fredrich mendirikan kantor advokat Yunadi & Associates terhitung sejak 1994 bersama 12 rekan sesama advokatnya. Satu kebenaran terkait gelar SH Yunadi diungkapkan Victor benar didapatkannya dari Unija. Sementara gelar Fredrich lainnya, seperti Doktor, LL.M, MBA, hingga kini masih dalam penelusuran.

“Kami sudah mendapatkan klarifikasi dari Dekan Fakultas Hukum Unija dan memang benar beliau (Fredrich Yunadi) merupakan lulusan Unija dan mendapat gelar SH dari universitas itu (Unija),” tutur Victor lebih lanjut.

Sementara itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, yang sebelumnya pernah dilaporkan Fredrich lantaran menyebut kliennya Novanto berpura-pura sakit, mengungkapkan sudah cukup lama mendengar kasus terkait ijazah palsu Fredrich Yunadi.

Baca Juga: Gara-Gara Video Jeritan Hati, Wanita Berdialek Betawi Ini Dilacak Cornelia Agatha. Ada Apa?

Hal tersebut disampaikan melalui akun media sosial Twitter miliknya, @mohmahfudmd pada Rabu (17/1), sebagai tanggapan kepada pertanyaan dari banyak netizen terkait ijazah palsu Fredrich Yunadi, seperti yang diwartakan dari laman Tribunnews.com, Kamis (18/1/2018).

“Saya sudah lama mendengar kasus tersebut dari internal Peradi. Bahwa ada laporan ke Peradi tentang ijasah itu,” ungkap Mahfud MD menanggapi perihal ijazah palsu Fredrich Yunadi. Lebih lanjut ia mempercayakan Peradi untuk menyelesaikan kasus tersebut, “Biarlah diselesaikan oleh Peradi sendiri.”

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan