Header Ad

Nggak Banyak yang Tahu! Inilah 4 Fakta Timnas Futsal Indonesia yang Disegani di Dunia

November 11, 2017
15 Views

Kalau bicara masalah timnas, mungkin dalam benak kita yang terbayang adalah skuad Egy Maulana CS.  Ya apalagi kalau menengok prestasi mereka yang luar biasa, penduduk Indonesia jadi semakin bersemangat untuk mendukungnya. Namun siapa sangka dari cabang futsal pun prestasi timnas kita juga membanggakan, meski jarang orang yang sadar.

Asal tahu saja, ternyata hanya Indonesia loh yang berhasil mengalahkan raja futsal Thailand di ajang piala ASEAN. Itu masih baru satu prestasi, masih banyak segudang keunggulan timnas futsal kita di ajang dunia dan pasti bikin lawan gentar sendiri. Tidak percaya, simak ulasan berikut.

Futsal Indonesia sempat pecundangi negara-negara besar

Kita mungkin mengenal “The Three Lions” sebagai salah satu negara dengan kualitas sepak bola yang tidak diragukan lagi, namun siapa sangka kalau timnas kita juga pernah membuat mereka bertekuk lutut. Bukan di kancah sepak bola rumput, namun dalam arena futsal.

Timnas futsal indonesia [image source]

Ya, dari beberapa pertandingan yang ada Indonesia pernah menang telak dengan Inggris 7-2 dua dalam suatu laga. Tidak hanya Inggris, bahkan Australia pun sempat kalah tiga poin tanpa balas dengan Indonesia. Jadi bukan hal yang aneh kalau timnas Indonesia yang satu ini dianggap mimpi buruk oleh lawan dalam ajang futsal dunia.

Satu-satunya negara yang sempat melengserkan Thailand dalam piala AFF

Mulai dari 2001 hingga 2009, Thailand sepertinya sangat betah menduduki posisi puncak dalam tahta futsal di Asia. Buktinya selama 9 tahun itu pula negara itu selalu mengalahkan telak saingannya bahkan Indonesia. Namun sepertinya 2010 menjadi harapan baru, pasalnya kemampuan timnas futsal Indonesia akhirnya berhasil menggoyahkan tahta Thailand.

Ditakuti oleh lawan [image source]

Ini adalah sebuah prestasi besar, bahkan akhirnya waktu itu peringkat dari timnas futsal Indonesia langsung melejit menjadi 10 besar di Asia. Uniknya dalam ajang-ajang sebelumnya pun timnas futsal Indonesia selalu menduduki peringkat tiga besar dalam ajang tersebut. Sempat absen 2015, tahun ini timnas Indonesia akan merebut kembali tahta juara di ajang ASEAN.

Peringkat Indonesia benar-benar bikin melongo

Siapa sangka kalau timnas futsal ini masuk dalam peringkat yang luar biasa sebagai negara di ASEAN. Bayangkan saja, bumi pertiwi ternyata masuk dalam 50 besar dan bersaing ketat dengan negeri gajah putih. Mungkin kelihatannya rendah, namun siapa sangka kalau dengan peringkat ini, negeri kita sudah melejit jauh meninggalkan Malaysia,Denmark, Qatar hingga Korea Selatan.

Peringkat Indonesia tinggi [image source]

Sedangkan untuk peringkat Asia-nya sendiri, Indonesia selalu nangkring di 10 besar, dan kemungkinan akan naik lagi tahun ini. Pasalnya sejak pertandingan melawan tim besar seperti Inggris dan Australia poin Indonesia dalam FIFA jadi naik secara drastis.

Para timnas perempuan juga tidak bisa diremehkan begitu saja

Bukan hanya karir para timnas laki-laki yang patut dibanggakan, pasalnya tim perempuan pun juga jadi mimpi buruk bagi lawan. Buktinya dalam  SEA games beberapa waktu yang timnas kita rupanya menyumbangkan medali perunggu sebagai sebuah sejarah baru. Karena hal itu pula lah kini timnas futsal putri juga mulai masuk dalam ranking FIFA setelah selama ini sudah absen di sana.

Timnas perempuan [image source]

Selain itu, rupanya beberapa club futsal perempuan asal Indonesia juga ditakuti dunia, buktinya dalam ajang AFF Futsal Club Championship, salah satu divisi Indonesia Jaya Kencana (JK) Angels menjadi juara satu di sana. Hal ini menjadi bukti kalau tim kita memang diakui.

Ya, itulah beberapa bukti betapa hebatnya tim futsal Indonesia di kancah luar negeri, bahkan negara sekelas Inggris pun mengakuinya. Ya kita berharap agar tahun ini untuk kedua kalinya para garuda bisa menumbangkan tahta Thailand di kejuaraan Asia, bahkan kalau perlu jadi juara dunia.

sumber

You may be interested

Buzz
2 views

Mengintip Pendapatan dan Harta “Papa” yang Ternyata Bisa Buat Naik Haji Orang Tiga Kampung

Lahiya - November 17, 2017

Lagi, Setya Novanto menjadi topik perbincangan hangat oleh publik. Hal itu lantaran saat pemanggilan dirinya oleh KPK kemarin,  namun sayang…

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata 5 Preman Ini Bisa Mengajarimu Sebuah Arti Hidup
Buzz
3 views
Buzz
3 views

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ternyata 5 Preman Ini Bisa Mengajarimu Sebuah Arti Hidup

Lahiya - November 17, 2017

Menjadi orang Indonesia pasti tidak akan pernah lepas dari sebuah stereotype atau generalisasi. Contohnya saja cara kita memandang seorang manajer…

Buzz
4 views

5 Rumah Pohon Cantik Nan Spektakuler di Malang-Batu Ini Bakal Membuatmu Bak Berdiri Di Atas Awan

Lahiya - November 17, 2017

Selain mendaki gunung, cara untuk merasa lebih dekat dengan alam bisa dilakukan dengan berdiri di tempat tinggi, misalnya rumah pohon.…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan