Nggak Banyak yang Tahu! Inilah 4 Fakta Timnas Futsal Indonesia yang Disegani di Dunia

Posted on

Kalau bicara masalah timnas, mungkin dalam benak kita yang terbayang adalah skuad Egy Maulana CS.  Ya apalagi kalau menengok prestasi mereka yang luar biasa, penduduk Indonesia jadi semakin bersemangat untuk mendukungnya. Namun siapa sangka dari cabang futsal pun prestasi timnas kita juga membanggakan, meski jarang orang yang sadar.

Asal tahu saja, ternyata hanya Indonesia loh yang berhasil mengalahkan raja futsal Thailand di ajang piala ASEAN. Itu masih baru satu prestasi, masih banyak segudang keunggulan timnas futsal kita di ajang dunia dan pasti bikin lawan gentar sendiri. Tidak percaya, simak ulasan berikut.

Futsal Indonesia sempat pecundangi negara-negara besar

Kita mungkin mengenal “The Three Lions” sebagai salah satu negara dengan kualitas sepak bola yang tidak diragukan lagi, namun siapa sangka kalau timnas kita juga pernah membuat mereka bertekuk lutut. Bukan di kancah sepak bola rumput, namun dalam arena futsal.

Timnas futsal indonesia [image source]

Ya, dari beberapa pertandingan yang ada Indonesia pernah menang telak dengan Inggris 7-2 dua dalam suatu laga. Tidak hanya Inggris, bahkan Australia pun sempat kalah tiga poin tanpa balas dengan Indonesia. Jadi bukan hal yang aneh kalau timnas Indonesia yang satu ini dianggap mimpi buruk oleh lawan dalam ajang futsal dunia.

Satu-satunya negara yang sempat melengserkan Thailand dalam piala AFF

Mulai dari 2001 hingga 2009, Thailand sepertinya sangat betah menduduki posisi puncak dalam tahta futsal di Asia. Buktinya selama 9 tahun itu pula negara itu selalu mengalahkan telak saingannya bahkan Indonesia. Namun sepertinya 2010 menjadi harapan baru, pasalnya kemampuan timnas futsal Indonesia akhirnya berhasil menggoyahkan tahta Thailand.

Ditakuti oleh lawan [image source]

Ini adalah sebuah prestasi besar, bahkan akhirnya waktu itu peringkat dari timnas futsal Indonesia langsung melejit menjadi 10 besar di Asia. Uniknya dalam ajang-ajang sebelumnya pun timnas futsal Indonesia selalu menduduki peringkat tiga besar dalam ajang tersebut. Sempat absen 2015, tahun ini timnas Indonesia akan merebut kembali tahta juara di ajang ASEAN.

Peringkat Indonesia benar-benar bikin melongo

Siapa sangka kalau timnas futsal ini masuk dalam peringkat yang luar biasa sebagai negara di ASEAN. Bayangkan saja, bumi pertiwi ternyata masuk dalam 50 besar dan bersaing ketat dengan negeri gajah putih. Mungkin kelihatannya rendah, namun siapa sangka kalau dengan peringkat ini, negeri kita sudah melejit jauh meninggalkan Malaysia,Denmark, Qatar hingga Korea Selatan.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan