Nggak Kalah dari Mobil Esemka, Inilah Mahesa Mobil Multiguna yang Disiapkan untuk ‘Wong Cilik’

Posted on

Masa pemerintahan Jokowi-JK yang sudah berjalan selama 3 tahun ini menunjukkan banyak perubahan yang berarti. Tidak hanya pembangunan jalan tol yang sedang ramai diperbincangkan, tapi juga karya anak bangsa yang lebih banyak dihargai.

Contohnya saja mobil Mahesa yang diinisiasi oleh Bapak Sukiyat, warga Klaten, Jawa Tengah ini. Ia menciptakan mobil ramah lingkungan yang juga ramah di kantong loh. Ingin memiliki salah satunya? Simak dulu faktanya dalam ulasan berikut ini.

Mahesa yang Berarti Moda Angkutan Hemat Pedesaan

Mobil model double cabin, pick up dan peralatan pertanian ini dikembangkan di sebuah bengkel milik Bapak Sukiyat. Mobil ini merupakan prototype dari Esemka, karya anak bangsa yang sudah lebih dulu melejit. Namun, berbeda dari Esemka, Mahesa ini ditujukan untuk kalangan tertentu.

Mobil Mahesa [image source]

Mereka adalah para warga yang tinggal di pedesaan, bukan hanya sebagai pengangkut barang bagi para petani, tapi juga dijadikan sebuah angkutan umum. Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto juga berharap bahwa adanya Mahesa ini akan membantu meningkatkan ekonomi di pedesaan.

Model yang Nggak Kalah Gahar dari Esemka

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, mobil Mahesa dibuat menggunakan mesin diesel 650cc 1 piston. Mesin ini diklaim akan mampu mengeluarkan tenaga puncak hingga 16,8 PS dengan kecepatan maksimal mencapai 55 km/jam.

Desain Mahesa [image source]

Selain itu, interiorinya pun cukup minimalis, cocok juga untuk kalangan menengah ke atas. Namun, Mahesa ini memang diciptakan khusus untuk membantu para petani dan warga desa lainnya.

Diciptakan dan Dijual dengan Budget Super Murah

Meski menggunakan mesin kelas 1, ternyata biaya yang digunakan untuk pembuatan Mahesa tidak begitu fantastis. Bapak Sukiyat sendiri menyatakan bahwa Mahesa nantinya akan bisa dibanderol dengan harga murah karena bahan bakunya mudah dicari serta didapat secara lokal alias asli Indonesia.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan