obersvatorium-bandung

Menikmati Observatorium Bosscha di Lembang Bandung

Posted on

Observatorium Bosscha mungkin saja jadi tempat wisata alternatif waktu liburan ke Bandung, Lembang Bandung tepatnya. Ditempat peneropongan bintang tertua di Indonesia ini, kita dapat lihat serta mencermati benda-benda langit.

Sesungguhnya, Bosscha umum dipakai untuk riset serta pendidikan. Tetapi, lantaran ada di daerah wisata Lembang, tempat ini turut menyedot perhatian wisatawan. Observatorium ini terbuka untuk umum pada beberapa saat spesifik.

Awalannya, Boscha di bangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda dengan maksud untuk memajukan pengetahuan Astronomi di Hindia Belanda.

Dana pembangunan dan pemberlian teropong bintang dibiayai oleh entrepreneur kaya, Karel Albert Rudolf Boscha, yang namanya lalu jadi nama bangunan observatorium ini.

Pada th. 2004, Bosscha dinyatakan sebagai Benda Cagar Budaya oleh Pemerintah. Karenanya kehadiran Observatorium Bosscha dilindungi oleh UU Nomer 2/1992 mengenai Benda Cagar Budaya.

Empat th. lalu, Pemerintah juga mengambil keputusan Bosscha sebagai satu diantara objek vital nasional yang perlu diamankan.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan