Menikmati Observatorium Bosscha di Lembang Bandung

Observatorium Bosscha mungkin saja jadi tempat wisata alternatif waktu liburan ke Bandung, Lembang Bandung tepatnya. Ditempat peneropongan bintang tertua di Indonesia ini, kita dapat lihat serta mencermati benda-benda langit.

Sesungguhnya, Bosscha umum dipakai untuk riset serta pendidikan. Tetapi, lantaran ada di daerah wisata Lembang, tempat ini turut menyedot perhatian wisatawan. Observatorium ini terbuka untuk umum pada beberapa saat spesifik.

Awalannya, Boscha di bangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda dengan maksud untuk memajukan pengetahuan Astronomi di Hindia Belanda.

Dana pembangunan dan pemberlian teropong bintang dibiayai oleh entrepreneur kaya, Karel Albert Rudolf Boscha, yang namanya lalu jadi nama bangunan observatorium ini.

Pada th. 2004, Bosscha dinyatakan sebagai Benda Cagar Budaya oleh Pemerintah. Karenanya kehadiran Observatorium Bosscha dilindungi oleh UU Nomer 2/1992 mengenai Benda Cagar Budaya.

Empat th. lalu, Pemerintah juga mengambil keputusan Bosscha sebagai satu diantara objek vital nasional yang perlu diamankan.

Terdapat banyak aspek yang bikin kehadiran Bosscha jadi begitu utama, yakni lantaran Bosscha adalah hanya satu observatorium paling besar dari Lokasi Jepang hingga India. Letak Bosscha juga menolong penilaian langit selatan yang minim sarana penilaian bintang.

Daya tarik dari tempat ini yaitu lima type teropong yang mempunyai manfaat tidak sama. Salah satunya ada Teleskop Schmidt Bima Sakti untuk pelajari susunan galaksi Bima Sakti, Teleskop Refraktor Bamberg untuk penilaian matahari.

Diluar itu ada Teleskop Cassegrain GOTO untuk mengukur kuat sinar bintang dan penilaian spektrum bintang, serta Teleskop Refraktor Unitron penilaian hilal, penilaian gerhana bln. serta gerhana matahari, serta pemotretan bintik matahari.

Baca juga: Wisata Murah di Bandung

loading...

Memakai teropong tidak dapat sembarang saat, umumnya waktu malam hari di musim kemarau saja, pada April sampai Oktober. Ini lantaran waktu musim hujan, teleskop tak dapat dipakai dengan baik lantaran tak dapat menembus awan.

Terkecuali lihat benda langit lewat teropong, pengunjung dapat juga memperoleh info masalah astronomi. Jadi, apabila Anda mempunyai beberapa pertanyaan masalah astronomi dapat segera di tanyakan pada petugas yang ada di Bosscha.

Chip melansir, untuk bertandang ke Bosscha, kita tidak dapat segera datang demikian saja. Terlebih dulu, mesti daftarkan diri lewat telephone atau fax ke nomer 022-2786001. Sesudah diijinkan, kita dapat segera menuju Bosscha dengan pilihan kunjungan siang atau malam.

Baca juga: Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat di Bandung

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan