Gambar Via: nationalgeographic.co.id

Panduan Menggunakan Tanda Kurung Siku

Posted on

Panduan Menggunakan Tanda Kurung Siku – Satu diantara indikator tulisan yang baik dan kalimat yang efisien yaitu ketepatan dalam penulisan tanda baca. Dalam bahasa Indonesia, banyak ketentuan penulisan tanda baca yang sudah diatur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Gambar Via: pojokmenulis.lovelybogor.com

Di antara ketentuan-ketentuan penulisan tanda baca tersebut, penulisan tanda kurung masih sangat membingungkan. Hal semacam ini disebabkan oleh tanda baca tersebut mempunyai dua jenis. Yakni Tanda kurung siku ([…]), serta tanda kurung biasa ((…)). Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan membahas panduan menulis tanda baca kurung siku yang sesuai dengan KBBI.

Tips Menulis Tanda Baca Kurung Siku

Gambar Via: kompasiana.com

Tanda baca kurung siku ([…]) yaitu tanda baca yang dipakai untuk kepentingan mengapit kata, huruf, frasa, atau kalimat. Dan berikut ini yaitu tips menulis tanda baca tanda kurung siku ([…])

Tanda kurung siku dipakai sebagai pemberi tanda kalau ada kekeliruan pada penulisan satu buah kalimat, sehingga tanda baca ini dipakai sebagai tambahan pada kalimat yang ditulis oleh orang lain sebagai hasil dari koreksi. Dengan kata lain, tanda ini mengisyaratkan kalau kekeliruan tersebut memang terletak pada naskah aslinya.

Contoh:

Kalimat asli:
Tidur larut mlam sangat berbahaya karena tidak baik untuk kesehatan kita.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan