Panglima TNI Batalkan Mutasi Perwira Tinggi, Begini Komentar Mengejutkan Gatot Nurmantyo

Posted on

Lahiya – Jenderal Gatot Nurmantyo sengaja memberi waktu kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengevaluasi mutasi yang dilakukannya sebelum lengser dari jabatan Panglima TNI.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, Gatot menjelaskan, hal itu nampak dari belum dilantiknya perwira-perwira tinggi meski pada saat itu, ia sudah menandatangani Surat Keputusan (SK) benomor Kep/982/XII/2017 pada 4 Desember 2017 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan 85 Pati.

Gatot mengatakan, dirinya sengaja tak melantik karena memberikan kesempatan kepada Panglima baru untuk kemudian mengevaluasinya.

“Dan saya katakan sengaja saya tidak melantik karena memberikan kesempatan untuk Panglima yang baru, Pak Hadi, untuk mengevaluasinya,” kata Gatot seusai acara peringatan sewindu haul Gus Dur di Jakarta Selatan, Sabtu (23/12/2017) dini hari.

Dengan sebab itu juga, Gatot kemudian menilai wajar keputusan Hadi Tjahjanto yang meralat SK mutasi tersebut.

Baca Juga: Waduh! Kemendagri Suruh Anies Tiru Ahok. Soal Apa?

“Boleh-boleh saja, sah-sah saja,” terang Gatot.

Selain itu, Gatot mengakui bahwa evaluasi atas mutasi tersebut merupakan hak preogatif panglima TNI.

“Kan beda pandangan, sekarang kan saya bukan panglima TNI. Hak preogatif beliau dong,” ujar Gatot.

Gatot kemudian menegaskan bahwa mutasi tersebut sudah melalui proses Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) TNI dan merupakan keputusan dari sidang bersama. Selain itu, SK tersebut juga sudah ditandatangani oleh seluruh Kepala Staf TNI, termasuk oleh Wakil Kepala BIN, Gubernur Lenhamnas, dan pejabat lainnya.

Masih dilansir dari cnnindonesia.com, Sebelumnya, Panglima TNI marsekal Hadi Tjahjanto membatalkan mutasi 16 dari 85 pati yang sebelumnya dimutasi oleh Gatot Nurmantyo. Keputusan Hadi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor Kep/982.a/XII/2017 pada 19 Desember 2017.

Baca Juga: Penataan Tanah Abang, Sandiaga Ditawari Investor Asing

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan