Patut Ditiru! Begini Cara Keren Petugas KAI Bandung Ringkus Pencuri Tas Penumpang

Posted on

Lahiya – Kasus pencurian di angkutan umum masih sering terjadi dan menjadi momok penumpang. Apalagi, pencuri biasanya tak bergerak sendirian alias berkelompok.

Namun, Petugas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung memiliki cara jitu untuk meringkus pencuri yang biasa beraksi di atas kereta atau stasiun.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus mengungkapkan bahwa pada hari Sabtu (30/12/2017) petugas di Stasiun Besar Bandung sengaja menyamar sebagai penumpang untuk meringkus pencuri tersebut.

Sebelum penangkapan, pelaku yang diketahui bernama Dian Hardian telah diintai petugas. Pasalnya, pelaku memiliki gerak-gerik yang mencurigakan.

Baca juga: Sadis! Pelaku Teman Sendiri, Ini Sejumlah Luka Siswi SMA Malang yang Membuatnya Tewas

“Petugas kami menyamar sebagai penumpang. Ini kami lakukan demi menjaga dan mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang yang akan berlibur akhir tahun menggunakan kereta api,” terang Joni, Minggu (31/12/2017), seperti dilansir kompas.com.

Setelah melihat langsung pelaku beraksi dan mengambil barang milik penumpang di area ruang tunggu, petugas langsung mengikuti pelaku dan menangkapnya di area parkir Stasiun Bandung sebelah utara.

Dari tangan pelaku berhasil diamankan sejumlah barang bukti berupa tas berwarna cokelat yang isinya satu buah dompet, kartu ATM, charger telepon dan sejumlah barang lain milik korban bernama Ruth.

“Penangkapan ini pun berdasarkan laporan petugas IT yang mengamati gerak-gerik mencurigakan pelaku yang terpantau melalui CCTV,” lanjut Joni.

Terkait peristiwa ini, Joni meminta agar penumpang selalu berhati-hati dan tidak menggunakan perhiasan mencolok saat bepergian menggunakan kereta api. Joni juga berharap penumpang proaktif melapor pada petugas jika menemukan hal mencurigakan.

Baca juga: Menakjubkan! Pria Lulusan SD Inpres Ini Jadi Pembicara di Konferensi PBB, Soal Apa?

“Jika ada hal mencurigakan itu di stasiun, segera laporkan kepada petugas. Jika di dalam kereta, segera laporkan kepada petugas yang nomor teleponnya tercantum di setiap kereta api,” katanya.

Pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini, PT KAI Daop 2 menerjunkan ratusan petugas, juga bekerja sama dengan TNI dan Polri. Anjing pelacak (K9) juga diturunkan untuk mengantisipasi peredaran narkoba dan barang terlarang lainnya.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan