Header Ad

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

November 1, 2017
23 Views

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

B3 adalah kepanjangan dari bahan berbahaya dan beracun. Bahan berbahaya dan beracun (B3) didefinisikan sebagai bahan yang karena sifat dan konsentrasinya atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan dan merusak lingkungan hidup, serta dapat membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Berikut ini adalah yaitu.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Penyimpanan dan Pengumpulan Limbah B3

Penyimpanan sementara limbah B3 adalah bagian pengolahan limbah B3 yang bertujuan menyimpan sementara limbah B3yang dihasilkan sendiri di lokasi penghasilan limbah B3 sampai dengan suatu keekonomisan pengelolaan lebih lanjut tercapai.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Menyiiman limbah B3 maksimal 90 hari, kecuali bagi penghasil dengan jumlah timbunan limabh B3 lebih kecil dari 50 kg per hari.
Pengumpulan limbah B3 adalah bagian pengelolaan limbah B3 yang bertujuan menyimpan sementara limbah yang dihasilkan dari beberapa sumber di luar lokasi penghasil sampai dengan suatu keekonomisan pengelolaan lebih lanjut tercapai. Pengumpulan limbah B3 maksimal 90 hari.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Pengangkutan Limbah B3

Pengangkutan limbah B3 adalah bagian dari pengelolaan limbah B3 yang bertujuan memindahkan limbah B3 dari satu pelaku ke pelaku lain. Syarat pengangkutan limbah b3 adalah sebagai berikut.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Harus mendapat rekomendasi dari KLH (Kementrian Lingkungan Hidup) dan izin dari Departemen Perhubungan.
Harus memiliki dokumen limbah B3.
Pengangkutan limbah B3 harus menggunakan alat angkut khusus yang dirancang sedemikian rupa yang dapat menjamin keamanan dan keselamatan proses pengangkutan.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Cara Penanganan Limbah B3

Limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) tidak dapat begitu saja ditimbun, dibakar, atau dibuang ke lingkungan karena mengandung bahan yang dapat membahayakan manusia dan makhluk hidup lain. Limbah ini memerlukan cara penanganan yang lebih khusus dibanding limbah yang bukan B3.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Limbah B3 perlu diolah, baik secara fisik, biologi, maupun kimia sehingga menjadi tidak berbahaya atau berkurang daya racunnya. Setelah diolah, limbah B3 masih memerlukan metode pembuangan yang khusus untuk mencegah resiko terjadinya pencemaran.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Beberapa metode penanganan limbah B3 yang umumnya diterapkan antara lain sebagai berikut.

a. Metode pengolahan secara Kimia atau Fisika dan Biologi

Proses pengolahan limbah B3 dapat dilakukan secara kimia atau fisik dan biologi.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

1) Proses Pengolahan Libah B3 secara Kimia atau Biologi

Proses pengolahan limbah B3 secara kimia atau fisik yang umumnya dilakukan adalah stabilisasi/solidifikasi. Stabilisasi/solidifikasi adalah proses pengubahan bentuk fisik dan sifat kimia dengan menambahkan bahan pengikat atau senyawa pereaksi tertentu untuk memperkecil atau membatasi pelarutan, pergerakan, atau penybaran daya racun limbah sebelum dibuang.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Contoh bahan yang dapat digunakan untuk proses stabilisasi/solidifikasi adalah semen,kapur dan bahan termoplastik.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Penggunaan metode stabilitas/solidifikasi harus mmnuhi prsyaratan sebagai berikut.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Melakukan analisis dengan prosedur ekstraksi untuk menntukan mobilitas senyawa organik dan anorganik.
Melakukan penimbunan hasil pengolahan stabilitas dan solidifaksi dengan ketentuan penimbunan limbah B3.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

2. proses Pengolahan Limbah B3 Secara Biologi

Proses pengolahan limbah 3 secara biologi yang telah cukup berkembang saat ini dikenal dengan istilah bioremediasi dan fitoremediasi. Bioremediasi adalah penggunaan bakteri dan mikroorganisme lain untuk mendegradasi/mengurai limbah B3.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Adapun fitoremediasi adalah penggunaan tumbuhan untuk mengabsorsi dan mengakumulasi bahan-bahan beracun dari tanah. Kedua proses ini sangat bermanfaat dibandingan dengan metode kimia atau fisik.

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Namun, proses ini juga masih memiliki kelemahan, proses bioremediasi dan fitoremediasi merupakan proses alami sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama untuk membersihakn limbah B3, terutama dalam skala besar.

Selain itu, karena menggunakan makhluk hidup, proses ini dikhawatirkan dapat membawa senyawa-senyawa beracun ke dalam rantai makanan di ekosistem.

Dengan bantuan mikroorganisme, senyawa organik didegradasi menjadi senyawa/unsur dasar sebagai berikut.

Hanya dapat untuk senyawa organik.
Relatif murah dan sederhana.
Perlu pemilihan mikroorganisme, aklimatisasi, metode yang tepat, tempat yang luas, waktu yang lama, dan nutrea tambahan.
Metode Pembuangan Limbah B3

Metode yang digunakan dalam proses pembuangan limbah B3 di lingkungan antara lain sebagai berikut.

1. Sumur dalam/sumur injeksi (Deep Well Injection)

Salah satu cara membuang limbah B3 agar tidak membahayakan manusia adalah dengan memompakan limbah tersebut melalui pipa ke lapisan batuan yang dalam, di bawah lapisan-lapisan air tanah dangakal atau air tanah dalam.

Secara teori limbah B3 ini akan terperangkap di lapisan tersebut sehingga tidak akan mencemari tanah dan air. Namun, sebenarnya masih ada kemungkinan terjadinya kebocoran atau korosi pipa atau pecahnya lapisan batuan akibat gempa sehingga limbah merembes ke lapisan tanah.

2. Kolam Penyimpanan (Surface Impoundments)

Limbah B3 cair dapat ditampung pada kolam-kolam yang memang dibuat untuk limbah B3.. kolam-kolam ini dilapisi lapisan pelindung yang dapat mencegah perembesan limbah. Ketika air limbah menguap, senyawa B3 akan terkonsentrasi dan mengendap di dasar.

Kelemahan metode ini adalah memakan lahan karena limbah akan semakin tertimbun dalam kolam, ada kemungkinan kebocoran lapisan pelindung, dan ikut menguapnya senyawa B3 bersama air limbah sehingga mencemari udara.

3. Landfill untuk Limbah B3 (Secure Landfills)

Limbah b3 dapat ditumbun pada landfill, tetapi harus dengan pengamanan tinggi. Pada metode pembuangan secure landfill, limbah B3 ditempatkan dalam drum atau tong-tong, kemudian dikubur dalam landfill yang didesain khusus untuk mencegah pencemaran limbah B3.

Landfill ini harus dilengkapi peralatan monitoring yang lengkap untuk mengontrol kondisi limbah B3 dan harus selalu dipantau.

Metode ini jika diterapkan dengan benar dapat menjadi cara penanganan limbah B3 yang efektif. Namun, metode secure landfill, merupakan metode yang memiliki biaya operasi tinggi, masih ada kemungkinan terjadi kebocoran, dan tidak memberikan solusi jangka panjang karena limbah akan semakin menumpuk.

Lahan yang digunakan untuk lokasi penimbunan limbah B3harus memenuhi persyaratan berikut.

Bebas dari banjir.
Permeabilitas tanah maksimum 7-10 cm/detik.
Merupakan lokasi yang ditentukan untuk penimbunan limbah B3 sesuai dengan rencana tata ruang.
Merupakan daerha yang secara geologis dinyatakan aman, stabil, tidak rawan bencana, dan diluar kawasan hutan lindung.
Tidak merupaka daerah resapan tanah, khususnya yang digunakan untuk air minum.

 

Google

 

Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

 

SemuaGambarBeritaVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 79900 hasil (0,56 detik)
Hasil Telusur
Cara Mengolah dan Menangani Limbah B3 Terbaru dengan Baik dan
ilmiah-okeblogspotcom/2014/04/cara-mengolah-limbah-b3-dengan-baikhtml
8 Mei 2017 – Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) tidak dapat begitu saja ditimbun, dibakar atau dibuang ke lingkungan , karena mengandung
Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) | Belajar
wwwbelajarbiologixyz › biologi › pencemaran › pendidikan
B3 adalah kepanjangan dari bahan berbahaya dan beracun Bahan berbahaya dan beracun (B3) didefinisikan sebagai bahan yang karena sifat dan
limbah B3
limbahb3-limbahb3blogspotcom/
7 Mei 2010 – Pengelolaan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) 18 tahun 1999, yang dimaksud dengan limbah B3 adalah sisa suatu usaha dan
Pengelolaan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) | King’s
https://pknjuntakwordpresscom//pengelolaan-limbah-bahan-beracun-dan-berbahay
18 Jan 2008 – Pengelolaan Limbah B3 ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 19 tahun 1994 yang dibaharui dengan PP No 12 tahun 1995
[PDF]evaluasi penanganan limbah bahan berbahaya dan beracun
jurnalbatangoid/indexphp/pin/article/download/2512/2295
oleh B Farawan – ‎2016
penanganan limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun (B3) di IEBE Penelitian di laboratorium IEBE menghasilkan limbah B3 berupa berupa botol botol bekas,
Pengelolaan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3
hima-k3ppnsacid/?p=586
7 Nov 2016 – 18 tahun 1999, yang dimaksud dengan limbah B3 adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan atau
Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) – PT
cr-envirocom/pengelolaan-limbah-bahan-berbahaya-dan-beracun-b3/
6 Sep 2016 – Pengelolaan Limbah B3 merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang mencakup penyimpanan, pengumpulan, pemanfaatan,
Penanganan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun (B3) Di Industri
bbsnewscoid/penanganan-limbah-bahan-berbahaya-dan-beracun-b3-di-industri-atau
13 Apr 2017 – Menurut PP No 74 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), yang dimaksud dengan limbah Bahan Berbahaya
Pengolahan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) oleh arif
https://wwwkompasianacom//pengolahan-limbah-b3-bahan-berbahaya-dan-beracu
31 Des 2012 – Definisi limbah B3 berdasarkan BAPEDAL (1995) ialah setiap bahan sisa (limbah) suatu kegiatan proses produksi yang mengandung bahan
Cara Penanganan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) | Pak
pakpandaniwebid › Biologi
12 Mei 2015 – Kegiatan Pengelolaan limbah B3 merupakan suatu rangkaian kegiatan yang mencakup reduksi, penyimpanan, pengumpulan, pemanfaatan,
Penelusuran yang terkait dengan Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)
cara penanganan limbah b3 secara umum
cara menangani limbah b3 di sekitar rumah
penanganan limbah b3 powerpoint
cara penanggulangan limbah b3 doc
makalah penanganan limbah b3
penanganan limbah b3 pdf
apa kelemahan metode secure landfill untuk penanganan limbah b3
sebutkan dan jelaskan klasifikasi limbah padat menurut sumbernya

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Google

 

cara penanganan limbah b3 secara umum

 

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 58100 hasil (0,75 detik)
Hasil Telusur
PENANGANAN LIMBAH B3 | Tiyas_98
https://tiyaskusumawardani98wordpresscom/2014/05/15/penanganan-limbah-b3/
15 Mei 2014 – Limbah ini memerlukan cara penangan yang lebih khusus dibanding Proses pengolahan limbah B3 secara kimia atau fisik yang umum
Penanganan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) | Belajar
wwwbelajarbiologixyz › biologi › pencemaran › pendidikan
Limbah ini memerlukan cara penanganan yang lebih khusus dibanding limbah yang bukan B3 Limbah B3 perlu diolah, baik secara fisik, biologi, maupun kimia
Cara Penanganan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) | Pak
pakpandaniwebid › Biologi
12 Mei 2015 – Kegiatan Pengelolaan limbah B3 merupakan suatu rangkaian kegiatan yang mencakup reduksi, penyimpanan, pengumpulan, pemanfaatan,
[PDF]evaluasi penanganan limbah bahan berbahaya dan – Jurnal BATAN
jurnalbatangoid/indexphp/pin/article/download/2512/2295
oleh B Farawan – ‎2016
Dapat disimpukan bahwa penanganan limbah B3 di IEBE secara umum setiap tahunnya sehingga diperlukan evaluasi tata cara penanganan limbah B3 yang
Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) – PT
cr-envirocom/pengelolaan-limbah-bahan-berbahaya-dan-beracun-b3/
6 Sep 2016 – Secara umum dapat dikatakan bahwa kemasan limbah B3 harus memiliki Pengolahan limbah B3 dapat dilakukan dengan cara thermal,
Pengolahan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) oleh arif
https://wwwkompasianacom//pengolahan-limbah-b3-bahan-berbahaya-dan-beracu
31 Des 2012 – Jenis-jenis proses pengolahan limbah secara fisik dan kimia antara lain : jalan memisahkan bahan-bahan kimia dan koloid dengan cara yang paling umum diterapkan untuk membakar limbah padat B3 ialah rotary kiln,
Penanganan Limbah B3 | KUMPULAN TUGAS SEKOLAH
https://kumpulantugasekolblogspotcoid/2015/04/penanganan-limbah-b3html
28 Apr 2015 – Metode pembuangan limbah B3 dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: Proses pengolahan limbah B3 secara kimia atau fisik yang umum
Sistem Penanganan dan Pengelolaan Limbah | GONJANG-GANJING
mayasari9595blogspotcom/2016//sistem-penanganan-dan-pengelolaan-limbahhtm
16 Apr 2016 – Untuk mengetahui cara penanganan dan pengelolaan limbah B3 5 dari pengelolaan dan pengolahan limbah B3 ini secara umum dapat
PENANGANAN LIMBAH B3 – Scribd
https://wwwscribdcom/document/330635426/PENANGANAN-LIMBAH-B3
Proses pengolahan limbah B3 secara kimia atau fisik yang umum Metode ini jika diterapkan dengan benar dapat menjadi cara penanganan limbah B3 yang
Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)
dkpdkpbogorkabgoid//pengelolaan-limbah-bahan-berbahaya-dan-beracun-b3-
22 Jun 2015 – Secara umum dapat dikatakan bahwa kemasan limbah B3 harus memiliki Pengolahan limbah B3 dapat dilakukan dengan cara thermal,
Penelusuran yang terkait dengan cara penanganan limbah b3 secara umum
cara penanggulangan limbah b3 doc
penanganan limbah b3 pdf
penanganan limbah b3 powerpoint
cara menangani limbah b3 di sekitar rumah
makalah penanganan limbah b3
cara menghindari bahaya limbah b3
bagaimana cara melakukan penanganan limbah b3
kelemahan proses pengolahan limbah b3 secara bioremediasi atau fitoremediasi adalah

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Google

 

cara penanggulangan limbah b3 doc

 

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 44800 hasil (0,54 detik)
Hasil Telusur
Pengelolaan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) | King’s
https://pknjuntakwordpresscom//pengelolaan-limbah-bahan-beracun-dan-berbahay
18 Jan 2008 – Pengelolaan Limbah B3 ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No Penanganan limbah B3 sebelum diolah untuk mengurangi potensi racun dan kandungan limbah B3 dengan cara membatasi daya larut,
PENANGANAN LIMBAH B3 – Scribd
https://wwwscribdcom/document/330635426/PENANGANAN-LIMBAH-B3
Limbah ini memerlukan cara penangan yang lebih khusus dibanding limbah yang bukan B3 Limbah B3 perlu diolah, baik secara fisik, biologi, maupun kimia
Sop Penanganan Limbah b3 – Scribd
https://idscribdcom/doc/304652511/Sop-Penanganan-Limbah-b3
SPO PENANGANAN LIMBAH B3 by fseftiawan in Types > School Work
[PPT]Pengolahan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3)
repositorybinusacid/content/S0104/S010458998ppt
Sistem pengelolaan limbah B3 dilaksanakan dengan menggunakan suatu Sebagian besar limbah B3 anorganik harus diproses terlebih dahulu dengan cara
Sistem Penanganan dan Pengelolaan Limbah | GONJANG-GANJING
mayasari9595blogspotcom/2016//sistem-penanganan-dan-pengelolaan-limbahhtm
16 Apr 2016 – Bagaimana cara pengolahan air limbah? 3 Apa pengertian dari limbah B3? 4 Bagaimana cara penanganan dan pengelolaan limbah B3? 5
[DOC]RPP Limbah B3 – IMA-API
https://wwwima-apicom/indexphp?option=comviewlimbah-b3
Simbol limbah B3 adalah gambar yang menunjukkan karakteristik limbah B3 kimia, jenis bahaya dan racun yang ditimbulkan, cara penanganan, tindakan
Pengolahan Limbah Industri : Cair, Padat, Gas dan B3 – IlmuGeografi
https://ilmugeograficom › Geografi Teknik
2 Jan 2017 – 4 cara pengolahan limbah industri yang meliputi limbah padat, cair, gas dan limbah B3 Jenis limbah yang berbeda, berbeda pula
[PDF]pengelolaan limbah b3 – Indonesian Tanners Association
wwwindonesiantannerscom//BAHAN_PRESENTASI_RPP_PENGELOLAAN_LIM
Deputi MENLH Bidang Pengeloaan B3, Limbah B3, dan Sampah Cara identifikasi limbah B3 Penanggulangan Kedaruratan dalam Pengelolaan Limbah
[DOC]Tingkat Bahaya Limbah B3 dan Pengaruh – LMS Unhas – Universitas
lms2unhasacid/cl1/claroline/work/user_workphp?cmdauthId1
Dan yang sekarang menjadi permasalahannya adalah bagaimana cara mengatasi ataupun menanggulangi limbah Bahan Berbahaya dan Beracun(B3)
teknik lingkungan: MAKALAH LIMBAH B3
yudibengbengblogspotcom/2016/04/makalah-limbah-b3html
11 Apr 2016 – Maka dari itu penulis mengangkat topik ‘Pengelolaan Limbah B3’ untuk diketahui lebih lanjut bagaimana cara pengelolaan limbah B3 agar dapat mencegah kerusakan 3) Bagaimana upaya penanggulangan limbah B3 ?
Penelusuran yang terkait dengan cara penanggulangan limbah b3 doc
sebutkan persyaratan pengolahan limbah b3
cara pengelolaan limbah b3
makalah pengelolaan limbah b3
sebutkan karakteristik limbah b3
pengelolaan limbah b3 pdf
persyaratan limbah b3
syarat lokasi pengolahan limbah b3 yaitu
apa yang harus kamu lakukan untuk menangani limbah b3

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari alamat internet Anda – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

You may be interested

Meneladani Perjuangan Bayi Adam Fabumi, Pengidap Penyakit ‘Trisomy 13’ yang Baru Saja Berpulang
Buzz
1 views
Buzz
1 views

Meneladani Perjuangan Bayi Adam Fabumi, Pengidap Penyakit ‘Trisomy 13’ yang Baru Saja Berpulang

Lahiya - November 24, 2017

Rupanya, belakangan ini bukan hanya pelabrakan Jedun atas isu pelakor atau pencapaian AgnezMo yang akan diajak berduet oleh Chris Brown…

Kenalan dengan 4 Putri Cantik Faisal Harris dan Sarita Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’
Buzz
3 views
Buzz
3 views

Kenalan dengan 4 Putri Cantik Faisal Harris dan Sarita Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’

Lahiya - November 24, 2017

Belum habis euphoria warga Indonesia tentang isu pelakor akhir-akhir ini. Hal ini juga dimanfaatkan oleh salah satu stasiun televisi dengan…

Inilah 4 Klub Ternama Indonesia yang Sempat “Mengancam” Hijrah ke Luar Negeri
Buzz
5 views
Buzz
5 views

Inilah 4 Klub Ternama Indonesia yang Sempat “Mengancam” Hijrah ke Luar Negeri

Lahiya - November 24, 2017

Merasa dicurangi wasit saat pertandingan berlangsung mungkin hal yang sering ditemui. Ada beragam alasan mengapa hal itu terjadi, entah wasitnya…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan