Penataan Tanah Abang, Sandiaga Ditawari Investor Asing

Posted on

Lahiya – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno turut menyebut investor asing dalam upaya penataan Tanah Abang. Ia mengatakan bahwa dirinya telah menerima sejumlah tawaran investasi, termasuk dari investor luar negeri.

“Ada beberapa dari investor dalam negeri maupun investor luar negeri menyatakan minat merevitalisasi Tanah Abang. Setelah digambarkan tadi banyak yang menghubungi saya, kalau sebesar itu sangat menarik untuk TOD,” kata Sandiaga di Balai Kota, Kamis (21/12/2017), dikutip dari kompas.com.

Konsep transit oriented development (TOD), kata Sandiaga, memang banyak diminati investor. Konsep ini pula menjadi visi pembangunan Tanah Abang di tingkat nasional karena Tanah Abang juga menjadi destinasi belanja mancanegara.

“Banyak sekali para pedagang dari luar negeri membeli dan mendapat barag di Tanah Abang,” terang Sandiaga.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan kebijakan dengan memfasilitasi pedagang kaki lima (PKL) di ruas jalan. Selanjutnya Pemprov berencana untuk merobuhkan Blok G dan membangun rusun di atas pasar di sana.

Sandiaga menjelaskan, nantinya ia ingin unit rusun di Blok G bisa menyasar masyarakat berpenghasilan rendah dan tempat usaha yang berpihak pada usaha mikro, kecil, dan menengah.

Baca Juga: David ‘NOAH’ Ludahi Gracia Indri, Rohman Beberkan Dugaan KDRT Lainnya

Selain tawaran dari investor swasta, lanjut Sandiaga, ada rencana bahwa revitalisasi Blok G akan dilaksankan oleh BUMD PT Sarana Jaya.

Sementara itu, masih dilansir dari kompas.com, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan bahwa Gedung Blok G yang sudah berusia 30 tahun akan dirobohkan pada tahun 2018.

Kelak, imbuh Arief, gedung Blok G Pasar Tanah Abang yang dibangun ulang bakal dilengkapi dengan 1.500 unit rumah susun sederhana sewa atau biasa disebut dengan rusunawa.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan