Pendaftaran Paslon Ditutup, 13 Daerah Hanya Punya Calon Tunggal di Pilkada 2018

Posted on

Lahiya – Sebanyak 13 daerah dari 171 daerah di Indonesia hanya memiliki pasangan calon tunggal dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2018.

Hingga pendaftaran pasangan calon di tutup, hanya terdapat satu pasangan saja yang mendaftar di ketigabelas daerah tersebut. Bisa dipastikan, 13 pasangan calon ini akan menghadapi kotak kosong pada Pilkada yang digelar 27 Juni 2018 mendatang.

Menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU), hal ini terjadi karena tak ada bakal calon lain yang mendaftar meski masa pendaftaran telah diperpanjang.

Terkait hal ini, KPU memastikan tetap akan melaksanakan pemungutan suara meski hanya ada satu pasangan yang akan muncul di kartu pemungutan suara.

Baca juga: Idrus Marham Dilantik Jadi Menteri Sosial, Netizen Perdebatkan Penampilan Istrinya

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menegaskan bahwa KPU wajib melanjutkan tahapan pemilihan umum meski tak ada pasangan calon baru yang mendaftar.

“Apabila sudah diperpanjang tetap calon tunggal maka Pilkada tetap dilanjutkan. Konsekuensi logisnya akan ada kotak kosong,” terang Wahyu di kantor KPU, Jakarta, Rabu (17/12/2018), seperti dilansir cnnindonesia.com

KPU telah membuka pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah sejak 8-10 Januari 2018. Dalam jangka waktu tersebut terdapat 13 daerah dengan calon tunggal. Kemudian, masa pendaftaran diperpanjang pada 14-16 Januari 2018 di 13 daerah tersebut.

Menurut Komisioner KPU Ilham Saputra, sebenarnya ada pasangan calon yang mendaftar di hari terakhir, yakni 16 Januari. Pasangan calon ini mendaftar di KPUD Kabupaten Mamasa Sulawesi Tenggara dan Puncak Jaya, Papua. Namun, kedua pasangan ini ditolak oleh KPU karena tak memenuhi syarat.

“Sampai hari terakhir tidak ada penambahan,” terang Ilham.

Baca juga: Satu Rutan, Fredrich Yunadi Akui Ogah Ngobrol dengan Setya Novanto. Kenapa?

13 daerah yang memiliki pasangan calon tunggal hingga saat ini adalah:

  1. Kota Prabumulih
  2. Kabupaten Lebak
  3. Kabupaten Tangerang
  4. Kota Tangerang
  5. Kabupaten Pasuruan
  6. Kabupaten Karanganyar
  7. Kabupaten Enrekang
  8. Kabupaten Minahasa Tenggara
  9. Kabupaten Tapin
  10. Kabupaten Puncak Jaya
  11. Kabupaten Mamasa
  12. Kabupaten Jayawijaya
  13. Kabupaten Padang Lawas Utara

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan