pengertian agama

Pengertian Agama Menurut Ahli dan Fungsi Bagi Kehidupan

Posted on

Pengertian Agama

Pengertian agama diliat dari perspektif agama, usia agama setua dengan umur manusia. Tak ada sebuah orang-orang manusia yang hidup tanpa sebuah bentuk
agama. Agama ada pada intinya adalah aktualisasi dari kepercayaan mengenai ada kemampuan gaib serta supranatural yang umumnya dimaksud sebagai Tuhan dengan semua konsekwensinya.

Atau demikian sebaliknya, agama yang ajaranajarannya teratur serta tersusun rapi dan udah baku itu adalah usaha untuk melembagakan system keyakinan, bangun system nilai keyakinan, upacara serta semua bentuk ketentuan atau kode etik yang berusaha mengarahkan penganutnya mendapat rasa aman serta tentram.

Lantaran inti pokok dari seluruh agama yaitu keyakinan mengenai ada Tuhan, sedang persepsi manusia mengenai Tuhan dengan segala konsekwensinya beranekaragam, agama-agama yang diyakini manusia di dunia ini juga berbagai macam juga. Lantaran keadaan seperti berikut Mukti Ali menyampaikan :

Mungkin tak ada kata yang paling susah di beri pengertian dan pengertian tidak hanya dari kata agama. Paling sedikit ada tiga argumen untuk hal semacam ini. Pertama, lantaran pengalaman agama itu yaitu masalah batini serta subyektif, juga amat individualistik…. Argumen ke-2, kalau mungkin tak ada orang yang bicara demikian semangat serta emosional lebih daripada mengulas agama… dalam mengulas mengenai makna agama senantiasa ada emosi yang kuat sekali sampai susah memberi makna kalimat agama itu…. Argumen ketiga, kalau rencanasi mengenai agama bakal di pengaruhi oleh maksud orang yang memberi pengertian agama itu.

Tentang makna agama secara etimologi ada ketidaksamaan pendapat, di antaranya ada yang menyampaikan kalau kata agama datang dari bahasa sansekerta yang terbagi dalam dua suku kata yakni : “a” bermakna tak serta “gama” bermakna kacau, jadi bermakna tak kacau.

Kata agama dalam bhs Indonesia sama juga dengan “diin” (dari bahasa Arab) dalam bhs Eropa dimaksud “religi”, religion (bhs Inggris), la religion (bhs Perancis), the religie (bhs Belanda), die religion, (bahasa Jerman). Kata “diin” dalam bhs Semit bermakna undang-undang (hukum), tengah kata diin dalam bhs Arab bermakna kuasai, menundukkan, taat, hutang, balasan, rutinitas.

Walau ada ketidaksamaan arti secara etimologi pada diin dan agama, tetapi biasanya kata diin sebagai arti tehnis ditranslate dalam pengertian yang sama juga dengan “agama”. Kata agama tidak hanya dimaksud dengan kata diin bisa pula dimaksud syara, syari’at/millah. Kadang-kadang syara’ itu diberi nama juga addiin/millah.

Lantaran hukum itu harus dipatuhi, disebut ad-din serta lantaran hukum itu dicatat dan dibukukan, diberi nama millah. Lalu lantaran hukum itu harus digerakkan, diberi nama syara.

Dari pengertian agama dalam beragam memiliki bentuk itu terdapat berbagai macam pengertian agama. Harun Nasution sudah menyatukan delapan jenis pengertian agama yakni :

  1. Pernyataan pada ada jalinan manusia dengan kemampuan gaib yang perlu dipatuhi.
  2. Pernyataan pada ada kemampuan gaib yang kuasai manusia.
  3.  Mengikatkan diri pada sebuah bentuk hidup yang memiliki kandungan pengakuan pada sebuah sumber yang ada diluar diri manusia serta yang
    memengaruhi perbuatan-perbuatan manusia.
  4. Keyakinan pada sebuah kemampuan gaib yang menyebabkan langkah hidup spesifik.
  5.  Sebuah system perilaku yang datang dari sebuah kemampuan gaib.
  6. Pernyataan pada ada bebrapa keharusan yang diyakini bersumber pada sebuah kemampuan gaib.
  7. Pemujaan pada kemampuan gaib yang muncul dari perasaan lemah dan perasaan takut pada kemampuan misterius yang ada dalam alam kurang lebih manusia.
  8. Ajaran-ajaran yang diwahyukan Tuhan pada manusia lewat seseorang Rasul.

Pengertian Agama Menurut Ahli

pengertian agama

Pengertian Agama menurut Kamus Besar Bhs Indonesia yaitu system yang mengatur tata keimanan (keyakinan) serta peribadatan pada Tuhan Yang Mahakuasa dan tata aturan yang terkait dengan pergaulan manusia serta manusia dan lingkungannya.

Pengertian Agama dalam sebagian bhs “kata agama” dalam bhs Indonesia sama juga dengan “diin” (dari bhs Arab) dalam bhs Eropa dimaksud “religi”, religion (bhs Inggris), la religion (bhs Perancis), the religie (bhs Belanda), die religion, (bhs Jerman). Kata “diin” dalam bhs Semit bermakna undang-undang (hukum), tengah kata diin dalam bhs Arab bermakna kuasai, menundukkan, taat, hutang, balasan, kebiasaan

Oxford Student dictionary (dalam Azra, 2000) mendefenisikan kalau agama yaitu sebuah keyakinan akan
kehadiran sebuah kemampuan pengatur supranatural yang membuat serta mengatur alam semesta.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan