pengertian-bahasa

Pengertian Bahasa, Karaktereristik Bahasa, & Fungsi Bahasa

Posted on

Pengertian Bahasa. Secara sederhana, bahasa bisa disimpulkan sebagai alat untuk mengemukakan suatu hal yang terlintas di dalam hati. Tetapi, lebih jauh bahasa bahasa yaitu alat untuk beriteraksi atau alat untuk berkomunikasi, dalam makna alat untuk mengemukakan pikiran, ide, konsep atau perasaan. Dalam studi sosiolinguistik, bahasa disebut sebagai suatu sistem simbol, berbentuk bunyi, berbentuk arbitrer, produktif, dinamis, beragam serta manusiawi.

Bahasa yaitu satu sistem, yang artinya, bahasa dibuat oleh beberapa komponen yang berpola secara tetap serta bisa dikaidahkan. Sistem bahasa berupa beberapa simbol bunyi, tiap-tiap simbol bahasa melambangkan suatu hal yang dimaksud makna atau konsep. Lantaran tiap-tiap simbol bunyi itu mempunyai atau menjelaskan suatu konsep atau makna, jadi bisa diambil kesimpulan kalau tiap-tiap suatu ujaran bahasa mempunyai makna. Contoh simbol bahasa yang berbunyi “nasi” melambangkan rancangan atau makna ‘sesuatu yang biasa dikonsumsi orang sebagai makanan pokok’.

Pengertian Bahasa menurut Para Ahli

pengertian bahasa

Pengertian Bahasa menurut (Depdiknas, 2005: 3)Bahasa pada hakikatnya adalah ucapan pikiran dan perasan manusia secara teratur, yang mempergunakan bunyi sebagai alatnya.

Pengertian Bahasa menurut Harun Rasyid, Mansyur & Suratno (2009: 126) bahasa merupakan struktur dan makna yang bebas dari penggunanya, sebagai tanda yang menyimpulkan suatu tujuan.

Sedangkan bahasa menurut kamus besar Bahasa Indonesia (Hasan Alwi, 2002: 88) bahasa berarti sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh semua orang atau anggota masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun yang baik.

Karakteristik Bahasa

Sudah dijelaskan di atas bahwa bahasa yaitu sebuah sistem berbentuk bunyi, berbentuk abitrer, produktif, dinamis, beragam serta manusiawi. Dari pengertian itu, bisa diambil kesimpulan bahwa diantara karakteristik bahasa yaitu abitrer, produktif, dinamis, beragam, serta manusiawi.

Bahasa Bersifat Abritrer

Bahasa bersifat abritrer berarti hubungan pada simbol dengan yang dilambangkan tak bersifat wajib, dapat beralih serta tidak bisa diterangkan kenapa simbol itu mengonsepi makna tertentu. Secara kongkret, alasan “kuda” melambangkan ‘sejenis binatang berkaki empat yang dapat dikendarai’ yaitu tak dapat diterangkan.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan