Pengertian Bangsa, Ciri-Ciri, serta Faktor Pembentukan Bangsa

Pengertian Bangsa, Ciri-Ciri, serta faktor Pembentukan Bangsa. Bangsa yaitu satu kelompok manusia yang dianggap Nasional mempunyai jati diri bersama, serta memiliki persamaan bahasa, agama, ideologi, budaya, serta sejarah. Mereka biasanya dianggap mempunyai asal usul keturunan yang sama.

Pengertian Bangsa dalam Makna Sosiologi Antropologis serta Makna Politis – Dalam pengertian bangsa terdiri atas dua yakni pengertian bangsa secara sosiologi antropologis serta politis diantaranya seperti berikut:

Pengertian Bangsa dalam Makna Sosiologis Antropologis : Pengertian bangsa yaitu persekutuan hidup yang berdiri sendiri serta setiap anggota persekutuan hidup itu merasa satu kesatuan ras, bahasa, agama, serta istiadat. Persekutuan hidup, berarti perkumpulan beberapa orang yang sama-sama memerlukan serta bekerja bersama untuk meraih tujuan bersama dalam satu wilayah tertentu.

Persekutuan hidup dalam satu negara yang jumlah warga banyak atau lebih besar jumlahnya dibanding dengan persektuuan hidup yang lain, seperti persekutuan hidup masyarakat Jawa. Persekutuan yang dipunyai warga sedikit atau lebih kecil di banding dengan yang lain, seperti masyarakat suku Badui.

Pengertian Bangsa dalam Makna Politis : Pengertian bangsa yaitu satu masyarakat dalam satu wilayah tertentu serta mereka yang tunduk pada penguasa yang ada. Jadi, bangsa dalam makna politik yaitu bangsa yang memiliki kepeningan, nasib, serta tujuan yang sama (politis). Dalam makna inilah yang menimbulkan paham nasionalisme atau semangat kebangsaan. Tidak hanya dari itu bangsa juga berasal dari beberapa orang yang mempunyai persamaan latar belakang sejarah, pengalaman, serta perjuangan dalam mencapai keinginan untuk bersatu.

Definisi Bangsa Menurut Ahli

pengertian-bangsa

Menurut Ernest Renan (Perancis)

Bangsa adalah sekelompok manusia yang berada dalam suatu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah, serta cita-cita yang sama.

Menurut Otto Bauer (Jerman)

Bangsa merupakan sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter karena persamaan nasib dan pengalaman sejarah budaya yang tumbuh berkembang bersama dengan tumbuh kembangnya bangsa.

Menurut Ben Anderson

Bangsa merupakan komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.

Menurut Hans Kohn

Bangsa itu terjadi karena adanya persamaan ras, bahasa, adat istiadat dan Agama yang menjadi pembeda antara bangsa satu dan bangsa lain.

loading...

Menurut Ir. Soekarno

Pengertian bangsa adalah segerombolan manusia besar, keras ia mempunyai keinginan bersatu, keinginan untuk hidup bersama, memiliki persamaan nasib, watak, dan hidup diatas satu wilayah yang nyata satu unit.

Ciri-Ciri Bangsa

Berdasarkan pengertian bangsa tersebut, bangsa mempunyai ciri-ciri diantaranya seperti berikut ini:

  • Sekumpulan manusia yang mempunyai rasa kebersamaan (self belonging together)
  • Mempunyai lokasi spesifik namun belum mempunyai pemerintahan sendiri
  • Ada kehendak bersama untuk membentuk atau berada di bawah pemerintahan yang dibuatnya sendiri
  • Keanggotaan orangnya berbentuk kebangsaan/nasionalitas
  • Tak ditentukan secara pasti saat kelahirannya, seperti suku bangsa Betawi yang tidak di ketahui secara pasti kapan mulai ada/nampak suku bangsa betawi itu
  • Bisa terjadi lantaran ada persamaan dalam identitas budaya, agama, bahasa hingga bisa membedakan bangsa lainnya. Bangsa itu menimbulkan bangsa yang homogen.

Faktor Pembentukan Bangsa

Faktor-faktor pembentukan satu bangsa begitu terkait dengan identitas yang menyatukan masyarakat. Faktor itu diantaranya seperti berikut :

  • Primordial yang termasuk juga dalam faktor ini yakni ikatan kekerabatan, persamaan suku bangsa, daerah, bahasa serta adat istiadat.
  • Sakral dalam faktor ini yakni ada persamaan agama yang diyakini oleh masyarakat serta dalam soal ini agama bisa membuat suatu ideologi doktrin yang kuat dalam masyarakat, hingga keterkaitannya bisa menimbulkan bangsa.
  • Tokoh jadi salah satu faktor pembentuk bangsa lantaran bagi masyarakat, tokoh dijadikan sebagai contoh untuk mewujudkan misi-misi bangsa.
  • Sejarah adalah satu diantara faktor pembentukan bangsa lantaran sejarah serta pengalaman masa lalu seperti penderitaan akan melahirkan solidaritas hingga sangat mungkin untuk membuat satu tekad serta satu maksud antar kelompok masyarakat.
  • Perubahan Ekonomi disebutkan sebagai faktor pembentukan bangsa lantaran makin meningkatnya perkembangan ekonomi makin beragam juga keperluan masyarakat hingga membuat masyarakat makin ketergantungan satu sama lain serta secara tidak langsung dapat membuat masyarakat ingin membuat satu kesatuan yakni bangsa sebagai jalan untuk memenuhi keperluan satu sama lain.

Kebangsaan Indonesia

Image result for bangsa indonesia

Sejarah Indonesia Sebagai Bangsa

Bangsa Indonesia tumbuh sebagai hasil interaksi masyarakat yang berlangsung secara alamiah. Disini ada kehendak yang tumbuh lantaran sejarah yang sama untuk jadi satu kesatuan bangsa yang merdeka. Walau demikian Ernest Renan memiliki pendapat bahwa tak ada satu hal yang mutlak sama. Di dalam masyarakat senantiasa ada sebagian perbedaan, jadi dalam masyarakat senantiasa ada toleransi dalam tiap-tiap intaraksi yang maksudnya agar tak ada perseteruan.

Kapan bangsa Indonesia tumbuh? secara alamiah bangsa Indonesia tumbuh atau muncul sebagai hasil intaraksi pada masyarakat Indonesia yang majemuk serta hal semacam ini menjadi roh bangsa, seperti bangsa Jerman yang kerap menyebutnya dengan roh rakyat. Para filsuf Jerman mengaitkan roh bangsa dengan menjadikan satu masyarakat dengan alam yang satu.

Tetapi, berbeda dengan Indonesia, Jerman menyatu lantaran perang penyatuan wilayah alamnya, sedang Indonesia menyatu lantaran ada nasib yang sama. Tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, secara sadar pemimpin kita merumuskan sumpah pemuda, yang pada intinya yaitu sumpah bangsa. Jadi secara politis dinyatakan dasar bangsa Indonesia berdiri ketika sumpah pemuda tersebut .

Bangsa Indonesia yang tampil kemudian menegara pada tanggal 17 agustus 1945. Bangsa serta negara itu lalu menjadi satu kesatuan, Ernest Renan memiliki pendapat kalau ada bangsa serta negara yang tidak menjadi satu. Misalnya yang kerap kita dengar yaitu sebutan negara Australia tidak ada bangsa Australia.

Unsur-Unsur Terbentuknya Bangsa –

Seperti yang dikemukakan oleh Otto Bauer bahwa terbentuknya bangsa lantaran ada kesamaan senasib atau bisa dikatakan kalau bangsa juga dapat terbentuk dari nilai yang solidaritas dari semua orang yang tinggal dalam satu kelompok. Ratzel menyampaikan kalau bangsa dapat terjadi bentuk lantaran ada keinginan atau hasrat menyatu karena persamaan tempat tinggalnya (bangsa secara geopolitik).

Friederch Hertz, menyarattkaan kalau unsur terbentuknya satu bangsa yaitu seperti berikut:

  • Ada hasrat atau keinginan untuk menyatu secara sosial, ekonomi, politik, budaya, serta komunikasi, urusan dalam negeri
  • Ada hasrat dalam menunjukkan karakteristik sendiri lewat kemandirian, keaslian, keunggulan, bahasa, dan sebagainya.
  • Ada keinginan dalam menunjukkan keunggulan dari dalam kerja sama antarbangsa

Faktor Pembentukan Bangsa Indonesia

Berikut ini merupakan faktor-faktor penting bagi pembentukan bangsa Indonesia.

  • Persamaan asal keturunan etnis.
  • Persamaan pola kebudayaan.
  • Persamaan tempat tinggal yang disebut dengan khas tanah air.
  • Persamaan sejarah.
  • Persamaan cita-cita.

Faktor Pemersatu Bangsa Indonesia

Berikut ini merupakan faktor-faktor pemersatu bangsa Indonesia sebagai perekat persatuan.

  • Pancasila.
  • UUD 1945.
  • Bendera kebangsaan merah putih.
  • Lagu kebangsaan Indonesia Raya.
  • Bahasa Indonesia.
  • Satu wilayah Indonesia.
  • Satu pemerintahan Negara.
1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan