Home Ensiklopedia Pengertian Kalimat Utama beserta Ciri dan Contoh Lengkap

Pengertian Kalimat Utama beserta Ciri dan Contoh Lengkap

SHARE

Kalimat Utama

Ada dua jenis bentuk kalimat yang dapat diketemukan dalam satu teks atau paragraf, yakni kalimat utama serta kalimat penjelas.

Apakah yang disebut dengan kalimat utama serta kalimat penjelas?

Nah artikel kesempatan ini bakal mengulas pengertian kalimat utama bersama dengan contoh-contohnya.

Berikut ini ini yaitu keterangan komplit tentang kalimat utama.

Pengertian Kalimat Utama

Saat sebelum masuk kedalam materi kalimat utama, apakah yang disebut dengan kalimat?

Yap benar, kalimat yaitu kalimat yang berangkai serta membuat sebuah arti atau ide spesifik. Sedang Kalimat utama yaitu sebuah kalimat yang berbentuk umum serta adalah bahan referensi untuk meningkatkan sebuah paragraf.

Oleh karenanya, kalimat utama yaitu kalimat yang memiliki kandungan ide utama, tema utama, atau inspirasi pokok didalam sebuah paragraf. Karena merupakan satu referensi untuk meningkatkan sebuah paragraf, kalimat utama berupa kalimat utuh tanpa ada konjungsi serta berbentuk umum.

Letak kalimat utama pada suatu teks atau paragraf kerap diketemukan dimuka atau diakhir paragraf, namun ada pula yang diketemukan dimuka serta akhir sebuah paragraf.

Ciri Kalimat Utama

pengertian kalimat utama

Kalimat utama mempunyai cirri-ciri sebagai berikut ini ini :

loading...
  • Kalimat utama adalah satu kalimat utuh yang bisa berdiri dengan sendiri tanpa memakai konjungsi antar kalimat.
  • kalimat utama adalah statemen yang berbentuk umum serta dapat diperkembang kembali.
  • Kalimat utama terdapat dimuka, akhir, serta ada pula yang terdapat di ke-2 posisinya.
  • Kalimat utama yang terdapat diakhir paragaf kerap disebut juga dengan dengan rangkuman, hingga dengan diawali frasa : Oleh karenanya, Oleh karenanya, dan sebagainya.

Posisi Kalimat utama didalam Paragraf

Letak kalimat utama didalam sebuah paragraf kerapkali jadi referensi dalam memastikan bentuk paragraf itu. Ada tiga jenis peletakan kalimat utama didalam paragraf yakni,

Kalimat utama terdapat dimuka paragraf.

  • Kalimat utama, (Umum)
  • Kalimat penjelas, (khusus)
  • Kalimat penjelas. (khusus)

Kalimat utama terdapat diakhir paragraf

  • Kalimat penjelas. (khusus)
  • Kalimat penjelas. (khusus)
  • Kalimat utama. (Umum)

Kalimat utama terdapat dimuka serta akhir paragraf

  • Kalimat utama. (Umum)
  • Kalimat penjelas (khusus)
  • Kalimat penjelas (khusus)
  • Kalimat utama. (Umum)

Kalimat utama yang terdapat pada awal kalimat disebut juga dengan dengan paragraf deduktif, Kalimat utama yang terdapat pada akhir kalimat disebut juga paragraf induktif. Sedang yang terdapat di keduanya disebut juga dengan dengan paragraf kombinasi.

Seperti yang sudah diterangkan diatas kalau kalimat utama yang berbentuk umum bakal diperkembang dengan kalimat-kalimat penjelas yang berbentuk spesial hingga membuat sebuah paragraf yang padu.

Contoh-contoh Kalimat Utama

Sesudah pelajari pengertian, ciri, serta posisi kalimat utama didalam satu paragraf, kesempatan ini kita bakal lihat contoh-contoh kalimat utama didalam satu teks atau paragraf. Berikut ini ini yaitu contoh-contoh kalimat utama didalam satu paragraf.

Kalimat utama dimuka paragraf

Novel Laskar Pelangi yaitu karya terbaik dari sang penulis, Andrea Hirata. Novel ini bikin sang penulis mendapat beberapa penghargaan didalam serta luar negeri. Tidak hanya itu, Novel ini juga pernah meledak di market serta jadi novel best seller di beberapa toko buku di Indonesia. Bahkan juga, Novel ini pernah diadaptasi kedalam satu film layar-lebar serta jadi satu diantara film karya anak bangsa terbaik di Indonesia. Ditambah lagi, narasi Novel Laskar Pelangi ini juga dibuatkan serial tv yang tampil sehari sekali di TV nasional. .

Kalimat utama :

Novel Laskar Pelangi yaitu karya terbaik dari sang penulis, Andrea Hirata.

Kalimat utama yang berbentuk umum itu diperkembang dengan kalimat-kalimat penjelas dengan memberi penguataan atau keterangan. kenapa novel itu jadi novel terbaik pada kalimat-kalimat sesudahnya.

Kalimat utama diakhir paragraf

Pecel adalah makanan yang amat enak lantaran bumbu serta bahan-bahannya yang fresh. Tidak hanya itu, langkah membuatnya juga tidaklah susah, dengan kata lain termasuk gampang serta cuma memerlukan saat yang tidak lama. Ditambah lagi, harga nya yang murah serta terjangkau oleh siapa saja juga. Tetapi, walau murah kandungan gizinya tidaklah kalah dengan beberapa makanan mahal yang lain. Oleh karenanya, makanan ini amat disukai oleh siapa saja.

Kalimat utama :

Oleh karenanya, makanan ini amat disukai oleh siapa saja.

Kalimat utama diawal serta akhir paragraf

Pak Raden amat baik serta ramah. Dia tidak pernah mengsuik terlebih menggangu beberapa tetangganya. Tidak hanya itu, dia juga amat baik pada beberapa tetangganya. Pak Raden tidak segan-segan bantu tetangganya yang tengah ada dalam maslah. Di kelompok anak-anak muda juga Pak Raden di kenal bakal kebaikannya. Dia kerap sekali bersenda gurau dengan beberapa remaja di sekiatar tempat tinggalnya. Bahkan juga mereka menjuluki Pak Raden sebagai Om gaul. Oleh karenanya, Pak Raden amat di cintai oleh beberapa tetangganya.

Kalimat utama :

Pak Raden amat baik serta ramah
Oleh karenanya, Pak Raden amat di cintai oleh beberapa tetangganya.

Sekianlah artikel kesempatan ini tentang pengertian kalimat utama, ciri kalimat utama, serta contoh-contoh kalimat utama. Point perlu yang perlu diingat dari artike kesempatan ini yaitu kalimat utama yaitu kalimat sebagai bahan referensi dalam meningkatkan sebuah paragraf.

sumber: http://www.prbahasaindonesia.com/2015/10/pengertian-ciri-dan-contoh-kalimat-utama.html

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan