Gambar Via: magazine.orami.co.id

Pengertian dan Contoh Idiom atau Ungkapan

Posted on

Pengertian dan Contoh Idiom atau Ungkapan – Ungkapan atau idiom adalah paduan kata yang mempunyai arti yang bukan hanya arti dari unsur kata-kata pembentuknya. Artinya ungkapan mempunyai arti baru setelah dua kata atau lebih menyatu. Arti kata (makna) dalam satu idiom tidak dapat ditafsirkan dengan menerjemahkan unsur-unsur penyusunnya. Dalam Bahasa Inggris, idiom atau ungkapan dikenal dengan istilah idiomatic phrase. Ungkapan dalam tatanan Bahasa Indonesia menempati peranan sebagai pelengkap predikat.

Gambar Via: id.aliexpress.com

Ungkapan atau idiom seringkali dipakai dalam kalimat kiasan supaya penyampaian makna lebih terkesan. Kerapkali juga penentuan diksi dengan ungkapan dipakai untuk mengemukakan suatu hal, seperti berita, perasaan, nasehat, serta yang lainnya. Jadi contoh ungkapan atau idiom adalah buaya darat. Ungkapan buaya darat mempunyai arti yakni lelaki yang menyukai merayu wanita.

Ungkapan buaya darat adalah arti yang bukan sebenarnya (denotasi), yang memiliki arti ungkapan buaya darat bukanlah buaya yang tinggal di darat, tetapi idiom buaya darat mempunyai arti sendiri yang sangat berlainan dengan arti unsur kata penyusunannya. Dengan hal tersebut, idiom atau ungkapan bisa dibentuk dari paduan kata yang bisa dipakai jadi penggambaran makna yang ingin diungkapkan. Oleh sebab itu idiom termasuk juga ke dalam diksi konotasi.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan