pengertian-etika-bisnis-secara-umum

Pengertian Etika | Pengertian Etika Profesi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian etika.Dalam pergaulan hidup bermasyarakat, bernegara sampai pergaulan hidup tingkat internasional di butuhkan satu sistem yang mengatur bagaimana semestinya manusia bergaul. System penyusunan pergaulan itu jadi saling menghormati serta di kenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, protokoler dan sebagainya.

Maksud dasar pergaulan tak lain untuk melindungi kebutuhan semasing yang ikut serta supaya mereka suka, tenang, tentram, terlindung tanpa ada merugikan kebutuhannya dan terjamin supaya tindakannya yang tengah digerakkan sesuai sama kebiasaan rutinitas yang berlaku serta tak bertentangan dengan hak-hak asasi biasanya. Hal tersebut yang memicu tumbuh kembangnya etika di orang-orang kita.

Menurut beberapa pakar etika tak lain yaitu ketentuan perilaku, kebiasaan rutinitas manusia dalam pergaulan pada sesamanya serta menyatakan mana yang benar serta mana yang jelek. Pengucapan etika atau umum juga dimaksud etik, datang dari kata Yunani ETHOS yang bermakna beberapa etika, nilai-nilai, beberapa aturan serta ukuran-ukuran untuk perilaku manusia yang baik, seperti yang dirumuskan oleh sebagian pakar di bawah ini : –

  • Drs. O. P. SIMORANGKIR : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran serta nilai yang baik. –
  • Drs. Sidi Gajalba dalam systematika filsafat : etika yaitu teori mengenai perilaku perbuatan manusia dilihat dari sisi baik serta jelek, sejauh yang bisa ditetapkan oleh akal. –
  • Drs. H. Burhanudin Salam : etika yaitu cabang filsafat yang bicara tentang nilai serta etika moral yang memastikan perilaku manusia dalam kehidupannya.

Etika dalam perubahannya begitu memengaruhi kehidupan manusia. Etika berikan manusia orientasi bagaimana ia menjalani hidupnya lewat rangkaian aksi keseharian. Itu berarti etika menolong manusia untuk mengambil sikap serta melakukan tindakan dengan cara pas dalam melakukan hidup ini.

Etika selanjutnya membantu kita untuk memutuskan mengenai aksi apa yang butuh kita kerjakan serta yangpelru kita mengerti berbarengan kalau etika ini bisa diaplikasikan dalam semua segi atau segi kehidupan kita, dengan hal tersebut etika ini bisa dibagi jadi bagian-bagian sesuai sama segi atau segi kehidupan manusianya.

Pengertian Etika

Pengertian Etika (Etimologi), datang dari bhs Yunani yaitu “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau kebiasaan rutinitas (custom). Etika umumnya terkait erat dengan pengucapan moral yang disebut arti dari bhs Latin, yakni “Mos” serta berbentuk jamaknya “Mores”, yang bermakna juga kebiasaan rutinitas atau langkah hidup seorang dengan lakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), serta hindari beberapa hal aksi yang jelek.

Etika serta moral kurang lebih sama pengertiannya, namun dalam aktivitas keseharian ada ketidaksamaan, yakni moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dikerjakan, sedang etika yaitu untuk pengkajian system nilai-nilai yang berlaku. Arti lain yang sama dengan etika, yakni :

• •
Susila (Sanskerta), lebih tunjukkan pada beberapa basic, prinsip, ketentuan hidup (sila) yang tambah baik (su). Akhlak (Arab), bermakna moral, serta etika berarti pengetahuan akhlak.
Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Ada beberapa para ahli yang mengungkapkan pengertian-pengertian etika. Diantaranya:

• DR. James J. Spillane SJ
Etika ialah mempertimbangkan atau memperhatikan tingkah laku manusia dalam mengambi suatu keputusan yang berkaitan dengan moral. Etika lebih mengarah pada penggunaan akal budi manusia dengan objektivitas untuk menentukan benar atau salahnya serta tingkah laku seseorang kepada orang lain.

• Prof. DR. Franz Magnis Suseno
Etika merupakan suatu ilmu yang memberikan arahan, acuan dan pijakan kepada tindakan manusia.

• Soergarda Poerbakawatja
Etika merupakan sebuah filsafat berkaitan dengan nilai-nilai, tentang baik dan buruknya tindakan dan kesusilaan.

• Drs. H. Burhanudin Salam
Mengungkapkan bahwa etika ialah suatu cabang ilmu filsafat yang berbicara tentang nilai -nilai dan norma yang dapat menentukan perilaku manusia dalam kehidupannya.

• Drs. O.P. Simorangkir
Menjelaskan bahwa etika ialah pandangan manusia terhadap baik dan buruknya perilaku manusia.

• H. A. Mustafa
Mengungkapkan etika sebagai ilmu yang menyelidiki terhadap perilaku mana yang baik dan yang buruk dan juga dengan memperhatikan perbuatan manusia sejauh apa yang telah diketahui oleh akal pikiran.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan