Pengertian, Fungsi, dan bagian-bagian Ginjal

Posted on

Pengertian, Fungsi, dan bagian-bagian Ginjal Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Struktur dan Fungsi Ginjal, dan tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita mulai pembahasannya, ya.

Bagian-bagian ginjal serta fungsinya perlu untuk di ketahui oleh tiap orang supaya mempunyai kesadaran untuk merawat organ ginjalnya untuk tetap sehat. Sebagai satu diantara organ yang bertindak penting dalam melindungi kesehatan tubuh, ginjal mesti betul-betul dijaga supaya tidak mengalami masalah. Ketika fungsi ginjal terganggu, kesehatan tubuh secara keseluruhnya bakal turut terganggu, lantaran darah yang bersirkulasi ke semua jaringan tubuh yaitu darah kotor, yang bercampur dengan sebagian toksin yang semestinya di keluarkan dari tubuh.

Kerusakan yang terjadi pada ginjal banyak yang tidak bisa disembuhkan seperti sedia kala, atau susah agar bisa pulih total. Terlebih bila kerusakan ini udah kronis atau bahkan juga terjadi gagal ginjal yang mana ginjal tidak bisa bekerja sama sekali. Oleh sebab itu perlu untuk mewaspadai tanda-tanda ginjal mempunyai masalah agar bisa selekasnya di ambil tindakan perawatan apabila terjadi masalah, lantaran biasanya tanda-tanda awal rusaknya ginjal ini tidak terlalu bisa dirasakan.

Ginjal termasuk juga organ yang mempunyai fungsi sebagai system ekskresi tubuh atau pembuangan. Organ lain yang juga mempunyai fungsi sebagai system ekskresi yaitu hati (liver), paru-paru, serta kulit. Letak ginjal ada pada dinding posterior abdomen, di bagian kanan serta kiri tulang belakang. Di bagian atas ginjal ada kelenjar adrenalin (melekat). Ginjal serta kelenjar ini terbungkus oleh lapisan lemak yang cukup tebal yang berperan untuk memberi perlindungan.

Biasanya ginjal mempunyai ukuran lebih kurang 11 cm x 6 cm x 3 cm serta mempunyai berat antara 120-170 gram. Posisi ginjal kanan biasanya agak sedikit lebih rendah dibandingkan dengan ginjal kiri lantaran di bagian bagian kanan, hati mengonsumsi tempat cukup banyak. Jumlah ginjal pada manusia yaitu sepasang atau dua, walau pada intinya manusia cuma butuh satu ginjal untuk keperluan sehari-hari.

Struktur Ginjal

Ginjal yaitu sepasang organ saluran kemih yang terdapat rongga belakang usus agak atas. Memiliki bentuk seperti kacang dengan segi cekungnya menghadap ke arah sumbu tengah tubuh. Pada segi yang menghadap ke sumbu tubuh itu ada hilus ginjal, yakni tempat masuknya pembuluh darah, pembuluh limfa, saraf, serta ureter yang masuk serta keluar dari ginjal. Tiap orang wajarnya mempunyai sepasang ginjal di segi kiri serta kanan badannya.

Berat serta ukuran ginjal beragam bergantung pada jenis kelamin, umur, serta ada atau tidaknya ginjal pada kedua segi. Rata-rata ukuran ginjal yaitu 11. 5 cm (panjang) x 6 cm (lebar) x 3. 5 cm (tidak tipis). Beratnya beragam kurang lebih 120-170 gram.

“Letak ginjal kanan lebih rendah dibandingkan ginjal kiri. Bila seseorang cuma memiliki satu ginjal ginjal lain bakal bekerja lebih keras hingga bakal mengakibatkannya jadi lebih besar (hipertrofi). ”

Bila ginjal dipotong dengan sayatan melintang, bakal tampak struktur yang tidak sama. Secara umum ada 3 struktur yang apabila diurutkan dari luar ke dalam yaitu korteks, medula, serta pelvis. Di dalam korteks serta medula ginjal ada berjuta-juta nefron.

Nefron yaitu unit fungsional paling kecil dari ginjal serta sejumlah kurang lebih 1 juta neuron. Tiap nefron terdiri dari tubuh Malpighi serta saluran panjang yang berbelit yang disebut dengan sebagai tubula ginjal. Pada tubuh Malpighi ada kapsul Bowman yang mempunyai bentuk seperti mangkok, kapsul Bowman itu membungkus glomerulus yang merupakan hubungan dari pembuluh kapiler. Dari kapsul Bowman keluar saluran panjang yang berbelit. Saluran panjang itu dibedakan atas tiga segmen, yakni pembuluh (tubulus) proksimal, lengkung Henle, serta pembuluh distal.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan