Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Pajak

Posted on

Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Pajak Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Pengertian Pajak, Ciri – Ciri Pajak, Fungsi Pajak, Asas Pemungutan Pajak, dan Penggolongan jenis Pajak. Semoga artikelnya bermanfaat. Langsung saja..

Pengertian Pajak

Pajak yaitu iuran atau pungutan wajib yang dibayarkan rakyat untuk negara serta bakal dipakai untuk kebutuhan pemerintah dan masyarakat umum. Rakyat yang memberikan pajak di rasakan manfaat dari pajak secara langsung, lantaran pajak dipakai untuk kebutuhan umum, bukanlah untuk kebutuhan pribadi. Pajak adalah satu diantara sumber dana pemerintah dalam melakukang pembanguna, baik pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. Pemungutan pajak bisa dipaksakan lantaran dilaksanakan berdasarkan pada undang-undang Negara Indonesia.

Definisi atau pengertian pajak juga tercatat dalam Pasal 1 UU No. 28 tahun 2007, dalam pasal itu dijelaskan bahwa

Pajak yaitu konstribusi wajib pada negara oleh perorangan atau kelompok, pajak bersifat memaksa, berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan timbal balik secara langsung serta dipakai untuk kebutuhan negara untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Ciri – Ciri Pajak

Bersumber pada pengertian di atas pajak bisa dikatakan mempunyai ciri sebagai berikut ini:

  • Adalah Iuran dari rakyat untuk negara
  • Dipakai sebagai salah satu sumber pendanaan untuk pemerintah serta untuk kemakmuran rakyat
  • Pungutan Pajak didasarkan oleh undang-undang hingga pemungutan iuran itu bisa dipaksakan.
  • Hasil dari pajak tidak di nikmati secara langsung oleh pembayar pajak, tetapi dirasakan secara umum, lantaran pajak dipakai untuk kebutuhan umum, bukanlah kebutuhan pribadi

Fungsi Pajak

Pajak mempunyai beberapa fungsi paling utama, yakni untuk:

Fungsi Anggaran (Budgetair)

Pemerintah melakukan beragam kegiatan serta pembangunan dalam melaksanakan kerjanya untuk perkembangan bangsa. Kegiatan itu jelas memerlukan dana, nah di sini pajak bertindak sebagai salah satu sumber dana untuk pemerintah dalam menjalankan tugasnya.

Jadi secara sederhananya Fungsi Pajak sebagai biaya yaitu di mana pajak dipakai sebagai system atau alat untuk memasukkan dana secara maksimal kedalam kas negara berdasarkan undang-undang yang berlaku, Fungsi pajak sebagai Budgetair disebut juga dengan fungsi paling utama, lantaran bersumber pada sejarahnya, yakni pemerintah yang memerlukan dana untuk membiayai berbagai kebutuhan mengutip pajak dari rakyatnya.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan