Pengertian, Fungsi, dan Komponen Komputer (PC)

Posted on

Pengertian, Fungsi, dan Komponen Komputer (PC) Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Komputer, beberapa topik pembahasan utamanya adalah Pengertian Komputer, Fungsi Komputer, Komponen – Komponen Komputer, Cara Kerja dan Apilkasi Penerapan Komputer.

Era modern saat ini, manusia amat tergantung pada alat-alat pendukung kehidupan. Alat elektronik adalah jenis yang tanpa kita sadari jadi keperluan pokok yang harus tercukupi. Salah satu jenis barang elektronik yang menjadi keperluan bahkan juga sebagai mesin penghasil duit yaitu computer. Lantas, seperti apa penjelasan computer yang harusnya kita tau? Jangan lewatkan bacaan berikut ini!

Pengertian Komputer

Kata computer berasal dari bahasa Latin yakni computare yang memiliki arti mengkalkulasi. Dalam bahasa inggris disebut dengan compute. Lantaran asal mulanya pemrosesan informasi dengan computer nyaris eksklusif terkait dengan permasalahan aritmatika, namun computer modern digunakan untuk banyak pekerjaan yang tidak terkait dengan matematika. Secara pengertian computer disimpulkan “Sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, bisa menerima data (input), memproses data (proses) serta memberikan informasi (output) dan terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.

Lantaran bidang garapan pengetahuan computer terlalu luas, beberapa ahli serta peneliti sedikit berbeda mendeskripsikan terminilogi computer:

  • Menurut Hamacher dkk, dalam buku Computer Organization, computer yaitu mesin penghitung elektronik yang cepat serta bisa menerima informasi input digital, lantas memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya serta menghasilkan output yang berbentuk informasi.
  • Menurut Robert H Blissmer, computer yaitu suatu alat elektronik yang dapat melakukan beberapa pekerjaan berikut ini:
  1. Menerima input
  2. Mengolah input sesuai programnya
  3. Menyimpan perintah-perintah serta hasil dari pemrosesan
  4. Menyediakan output dalam bentuk info
  • Menurut Fouri, computer yaitu suatu pemroses data yang bisa melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk juga perhitungan aritmetika serta operasi logika tanpa campur tangan manusia.
  • Menurut Donald H Sanders dalam buku Computer Today, Computer yaitu system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat, tepat dan didesain serta diorganisasikan agar secara automatis menerima serta menyimpan data input, memprosesnya serta menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah, intruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

Dari bebrapa pengertian di atas, bisa di ambil kesimpulan kalau Computer yaitu kumpulan mesin alat penghitung yang mempunyai area untuk menyimpan atau storage, bisa menerima input data secara cepat, memproses data secara cepat, serta menghasilkan data informasi secara cepat yang bermanfaat serta sesuai dengan keinginan pengguna (user). Di mana ‘Informasi’ yang dihasilkan oleh computer adalah aplikasi dari computer, serta input dari computer adalah data-data, hingga computer tersebut bisa dikatakan ‘Proses Tranformasi’ dari data jadi informasi.

Supaya lebih gampang dipahami, analogikan dalam fikiran kalau computer sebagai manusia yang memiliki bentuk fisik serta non-fisik. Bentuk fisik manusia berupa tangan, kaki, kepala, telinga serta lain sebagainya. Susunan serta letak masing-masingnya membentuk tubuh. Sama halnya dengan computer yang memiliki bentuk fisik seperti monitor, keyboard, CPU serta lain sebagainya. Fisik yang terbentuk tidak berfungsi bila tidak dilengkapai non-fisik. Seperti manusia yang mempunyai jiwa, computer mempunyai software untuk menjalani systemnya.

Fungsi Komputer

Setelah membahas pengertian serta sejarah computer, sahabat sekalian tentu udah dapat menyimpulkan beberapa manfaat dari computer. Berikut ini bakal diperjelas kembali manfaat computer:

  • Computer bisa melakukan komunikasi jarak jauh serta membagikan cukup banyak informasi dengan jaringan internet. Fungsi ini bahkan juga di nikmati oleh anak-anak tidak cuma orang dewasa.
  • Computer bisa mengontrol alat-alat pemantau seperti CCTV (kamera kontrol jauh), dapat juga mengontrol beragam mesin automatis yang kita gunakan saat ini.
  • Computer bisa dipakai sebagai fasilitas usaha dalam banyak hal, nilai dagang computer yang amat menjanjikan serta usaha yang lain yang memakai komputern sebagai sara seperti design arsitektur, pemograman, perusahaan yang memproses data laju naik turun keuntungan, bahkan juga warung internet.
  • Bidang kesehatan juga menggunakan computer untuk meningkatkan keefektifan serta keefisienan dalam kontrol penyakit dalam ataupun kehamilan (USG).
  • Computer bisa menguatkan pertahanan negara ataupun gedung-gedung tertentu yang secara automatis dikendalikan oleh computer. Seperti CCTV, alarm kebakaran serta penyimpanan berkas penting negara.
  • Dalam bidang pendidikan computer bisa mempermudah proses belajar mengajar dengan dipersiapkannya bahan presentasi dengan computer.
  • Setiap harinya computer bahkan berperan sebagai fasilitas hiburan dengan menyediakan game-game seru untuk dimainkan.

Komponen – Komponen Komputer

Dalam system computer, ada tiga komponen yang tidak bakal pernah bisa dipisahkan. Bila komponen-komponen ini terpisah computer tidak bakal bekerja. Lantas, apa saja komponen-komponennya?

Hardware (Perangkat Keras)

Perangkat keras adalah perangkat yang bisa kita sentuh seperti perangkat pemasukan, perangkat pemrosesan, perangkat keluaran serta perangkat penyimpanan. Alat-alat penyusun perangkat keras umumnya canggih hingga bisa membuat computer yang bekerja berdasarkan perintah. Dengan adanya perintah yang dipahami oleh computer, perintah itu melakukan beragam aktivitas pada mesin serta menjalankannya sesuai dengan susunan perintahnya. Pada perangkat keras ada processing device (CPU), input device, output device, serta storage device.

Software (Perangkat Lunak)

Perangkat lunak adalah prosedur serta dokumentasi program yang berperan menyelesaikan permasalahan yang diinginkan. Data elektronik adalah bentuk software program atau instruksi yang bakal dijalankan oleh perintah. Pada perangkat lunak terdapat operating sistem (OS), application program serta language program.

Brainware (Operator)

Brainware yaitu orang yang menjalankan suatu computer. Perintah yang di terima computer, semuanya datang dari brainware.

Cara Kerja Komputer

Bila satu computer cuma terdiri dari perangkat keras saja seperti monitor, CPU, keyboard, belum dapat dikatakan sebagai computer. Karenanya computer dapat bekerja bila ada 3 unsur yang memenuhi prasyarat yakni, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) , operator (brainware). Hardware dipakai untuk media input output perintah, software dipakai sebagai media pemrosesan perintah serta brainware yaitu pengguna computer (operator) yang bermanfaat sebagai pemberi perintah dan pengguna data hasil olahan computer.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan