Header Ad

Pengertian, Fungsi, dan Macam-macam Nilai Sosial

May 11, 2017
17 Views

Pengertian, Fungsi, dan Macam-macam Nilai Sosial Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Nilai Sosial. Beberapa poin utama yang akan menjadi pembahasan kali ini adalah Pengertian Nilai, Pengertian Nilai Sosial, Ciri-ciri Nilai Sosial, Fungsi Nilai Sosial, Macam-macam Nilai Sosial, dan Peran Nilai sosial. Silahkan disimak pembahasannya.

  1. Pengertian Nilai

Dari sisi bahasa, nilai bisa disimpulkan sebagai kandungan, mutu, atau sifat yang penting serta bermanfaat untuk kehidupan kemanusiaan. Sedangkan beberapa pakar sosiologi menyebutkan beberapa pengertian nilai yakni:

  • Anthony Giddens, nilai yaitu beberapa ide yang dipunyai seseorang atau kelompok mengenai apa yang diinginkan, apa yang layak, serta apa yang baik serta buruk.
  • Horton and Hunt, nilai yaitu beberapa ide yang memaparkan mengenai apakah sebuah tindakan itu penting atau tidak penting.
  • Richard T Schaefer serta Robert P. lamm, nilai yaitu ide kolektif (bersama-sama) yang menyangkut mengenai apa yang dianggap baik, penting, diinginkan serta dianggap layak.

Kesimpulannya, Nilai yaitu sebuah ide konsep yang merujuk pada suatu hal yang dianggap baik serta berharga dalam kehidupan.

Pengertian Nilai Sosial

Tidak jauh dari pengertian nilai, beberapa sosiolog juga memberikan pendapat mengenai nilai sosial, yakni:

  • Young, ia merumuskan kalau nilai sosial ini yaitu beberapa anggapan yang abstrak serta kerap kali tidak disadari mengenai apa yang benar serta apa yang sesungguhnya penting.
  • Green, ia merumuskan kalau nilai sosial yaitu kesadaran yang secara relatif berlangsung serta disertai dengan emosi pada objek, inspirasi, serta orang – perorangan.
  • Woods merumuskan kalau nilai sosial yaitu petunjuk – petunjuk umum yang sudah berjalan lama yang mengarahkan tingkah laku serta kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulannya, Nilai sosial yaitu sesuatu pandangan yang dianggap baik serta benar oleh sebuah lingkungan masyarakat yang lantas jadi pedoman sebagai sebuah contoh tingkah laku yang baik serta diharapkan oleh warga masyarakat.  

Nilai sosial yang diyakini dalam sebuah masyarakat bakal berbeda dengan masyarakat yang lain, tetapi ada juga nilai yang dianut oleh masyarakat secara umum. Biasanya nilai yang dianut secara umum ini berkaitan dengan kebaikan, norma, serta nilai keagamaan.

Ciri – Ciri Nilai Sosial

Nilai sosial mempunya beragam ciri yakni sebagai berikut ini:

  • Nilai sosial adalah sebuah konstruksi masyarakat yang terwujud lewat hubungan di antara beberapa anggota masyarakat.
  • Nilai sosial bukanlah merupakan bawaan lahir, artinya nilai ini menebar lantaran disebarkan di antara anggota masyarakat.
  • Nilai sosial menuntun masyarakat dalam mengambil keputusan untuk pemenuhan – pemenuhan keperluan sosial.
  • Nilai sosial bisa bantu masyarakat supaya berperan dengan baik
  • Nilai sosial terbentuk lewat proses sosialisasi (proses belajar dari pengalaman)
  • Nilai secara konseptual adalah abstraksi dari unsur-unsur nilai serta beberapa macam objek yang ada di dalam masyarakat
  • Nilai sosial bisa memengaruhi pengembangan diri sosial dalam masyarakat, baik positif ataupun negatif.
  • Nilai sosial mempunyai dampak yang tidak sama pada masing-masing anggota masyarakat.
  • Nilai sosial cenderung terkait satu dengan yang lain secara komunikasi untuk membentuk beragam pola serta system yang beragam antara kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain.

Fungsi Nilai Sosial

Nilai sosial mempunyai fungsi spesifik dalam masyarakat, secara umum beragam fungsi itu yakni:

  • Menyumbangkan seperangkat alat yang bisa dipakai untuk mengambil keputusan harga/derajat sosial dari orang-perorangan atau kelompok dalam kehidupan masyarakat.
  • Berperan sebagai media pengawas, dengan daua tekan serta daya ikat nilai bisa membimbing bahkan juga menghimpit manusia untuk berbuat baik dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Sebagai alat solidaritas di antara anggota-anggota kelompok dalam masyarakat.
  • Membentuk pola fikir serta pola tingkah laku di antara anggota-anggota masyarakat.
  • Penentu paling akhir untuk manusia orang-perorangan atau kelompok dalam memenuhi peran-peran sosialnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Macam – Macam Nilai Sosial

Secara umum, nilai sosial itu dapa dibagi jadi dua, yakni:

Nilai Sosial Dominan

Nilai sosial menguasai yaitu nilai yang dianggap amat penting dibandingkan oleh nilai sosial yang lain. Beberapa tanda-tanda sebuah nilai sosial dapat dikatakan nilai sosial dominan yaitu:

  • Nilai itu udah ada dan cukup lama diyakini
  • Adanya kebanggaan dalam warga masyarakat jika melakukan nilai tersebut
  • Nilai itu dianut oleh nyaris seluruh warga masyarakat
  • Adanya prinsip yang kuat dalam kehidupan bermasyarakat untuk dapat melakukan nilai itu.

Nilai Sosial yang Mendarah Daging

Arti dari nilai sosial yang mendarah daging yaitu nilai sosial yang sudah jadi sebuah kepribadian untuk masyarakat, dapat dikatakan sebagai sebuah rutinitas yang senantiasa berlangsung dalam bermasyarakat.

Prof. Notonegoro memiliki pendapat kalau nilai sosial dalam masyarakat bisa dibagi jadi tiga jenis, yakni:

Nilai Material

Nilai materil yaitu nilai yang muncul dari materi atau benda yang berkaitan. Umpamanya makanan yang mempunyai nilai untuk manusia sebagai memenuhi keinginan pemenuhan energi.

Nilai Vital

Nilai Vital yaitu sebuah nilai yang ada karena manfaatnya. Contohnya, Pisau yang mempunyai nilai lantaran kegunaanya untuk memotong suatu hal, bila satu pisau udah tumpul, nilainya bakal turun lantaran ia jadi tidak bermanfaat.

Nilai Spiritual

Nilai spiritual yaitu nilai yang ada di dalam kejiwaan manusia. Nilai spiritual dibagi lagi jadi 4 nilai yakni:

  • Nilai Estetika, yaitu nilai yang terdapat pada sebuah benda perdasarkan keindahannya, penilaian pada nilai estetika ini yaitu indah/bagus atau buruk.
  • Nilai Moral, yaitu nilai yang bersumber pada pada baik atau buruknya sebuah perbuatan seseorang manusia bersumber pada pada nilai-nilai sosial yang bersifat unversal. Nilai ini bersifat umum meskipun tiap masyarakat mempunyai dasar nilai yang tidak sama. Tetapi dalam penerapannya mungkin terjadi ketidaksamaan lantaran ada dampak budaya di dalamnya.
  • Nilai Religius atau Nilai Kepercayaan, yaitu nilai bersumber pada keyakinan seseorang.
  • Nilai Logika (Kebenaran Pengetahuan Pengetahuan), yaitu mengenai benar atau salah. Nilai ini bersumber bersumber pada benar atau tidaknya suatu hal bersumber pada sumber bukti atau sebagian kenyataan ilmiah. Nilai ini dapat pula menjadikan logika sebagai sumbernya.

Peran Nilai Sosial

Dalam kehidupan bermasyarakat, nilai mempunyai peran penting, yakni:

  • Sebagai petunjuk arah untuk bersikap atau melakukan tindakan dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Sebagai referensi serta sumber miotivasi untuk berbuat suatu hal.
  • Alat solidaritas untuk mendorong masyarakat berkerja sama supaya dapat mencapai maksud yang tidak dapat diraih sendiri.
  • Mengarahkan masyarakat untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di dalam lingkungannya.
  • Pengawas, pendorong, serta penekan individu untuk berbuat baik.

Daftar Pustaka:

  1. Soewito. 2006. Buku ajar sosiologi untuk SMA/MA kelas X. Solo : Trijaya Utama
  2. Maryati, kun ; Saryawati, Juju. 2006. Sosiologi Untuk SMA/MA kelas X. Jakarta : Erlangga
  3. Waluya, Bagja. 2007. Sosiologi Menyelami Fenomenas Sosial di Masyarakat. Bandung : Seria Purna Inves
  4. Soeroso, Andreas. 2008. Sosiologi 1 untuk SMA kelas X. Jakarta : Yudhistira

Nah, sampailah kita di akhir pembahasan kali ini, Mengenai Nilai Sosial. Mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua, ya. Dan, jika masih ada yang belum dimengerti, silakan sahabat menyampaikan pertanyaan pada kotak komentar di bawah ini. Terimakasih sudah bertandang ke Lahiya, jangan lupa like, follow, dan komentarnya, ya.

 

Sumber:

You may be interested

Inilah 4 Fakta Pandan Langkah yang Jadi Pertanda Berlian Berharga Bikin Kaya
Buzz
1 views
Buzz
1 views

Inilah 4 Fakta Pandan Langkah yang Jadi Pertanda Berlian Berharga Bikin Kaya

Lahiya - November 21, 2017

Kita mungkin pernah dengar tentang binatang dan tanaman pembawa keberuntungan. Misalnya siulan burung perkutut hingga tanaman hias Sri Rejeki yang…

7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’
Buzz
4 views
Buzz
4 views

7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’

Lahiya - November 21, 2017

Menjadi public figure merupakan hal yang tidak mudah. Hal tersebut dinyatakan langsung oleh beberapa artis tanah air ini. Sebagian besar…

Inilah Sosok Cantik yang Selalu Jadi Penyiar Timnas dan Sukses Bikin Dengkul Lemes
Buzz
4 views
Buzz
4 views

Inilah Sosok Cantik yang Selalu Jadi Penyiar Timnas dan Sukses Bikin Dengkul Lemes

Lahiya - November 21, 2017

Pertandingan bola tanpa announcer sudah ibarat mie instan tanpa bumbu, hambar. Ya, meskipun laga terlihat sangat seru, namun akan biasa…

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan