Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Jenis Pasar

Posted on

Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Jenis Pasar Selamat datang di softilmu, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Pengertian Pasar, Fungsi Pasar, Ciri-Ciri Pasar, Struktur Pasar, dan Jenis Pasar. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat, langsung saja ya.

Pengertian Pasar

Artian Pasar Secara Umum

Istilah pasar datang dari bahasa jawa, yakni dari kata “Pasaran” yang artinya lima hari. Jadi istilah pasar yaitu tempat terjadinya jual beli barang yang diadakan lima hari sekali pada tempat tertentu. Saat ini istilah pasar kerap di kenal dalam kelompok awam adalah tempat jual beli barang keperluan sehari – hari.

Artian Pasar dalam Pengetahuan Ekonomi

Dalam pengertian sempit, Pasar yaitu tempat bertemunya penjual dengan konsumen serta melakukan transaksi untuk memastikan nilai harga dari barang atau jasa. Tetapi adapula pasar yang tidak mempertemukan konsumen serta penjual secara langsung, misalnya yaitu pasar saham, oleh karenanya, Dalam pengertian luas, Pasar yaitu Proses interaksi antara penjual serta konsumen untuk menentukan harga keseimbangan.

Berdasarkan keterangan itu, bisa diartikan kalau:

Pasar yaitu proses bertemunya penjual dengan konsumen baik secara langsung ataupun tidak langsung untuk bertransaksi barang atau jasa serta menentukan harga keseimbangan sesuai dengan penawaran serta permintaan yang terjadi.

Ciri – Ciri Pasar

Bersumber pada uraian di atas kita dapatkan ciri – ciri pasar yaitu sebagai berikut ini:

  • Adanya calon penjual serta pembeli
  • Adanya barang atau jasa yang akan diperjualbelikan
  • Adanya Interaksi antara penjual serta konsumen baik secara langsung ataupun tidak langsung
  • Adanya proses permintaan serta penawaran oleh kedua pihak

Fungsi Pasar

Pasar mempunyai beragam fungsi yang amat membantu dalam beberapa hal, beberapa fungsinya diantaranya yaitu:

Fungsi Distribusi Produk

Distribusi adalah aktivitas menyalurkan barang/jasa yang di produksi oleh produsen pada konsumen. Pasar mempunyai fungsi sebagai tempat distribusi product lantaran ada banyak konsumen, yakni beberapa konsumen, sedangkan beberapa penjual bertindak sebagai distributor, artinya barang yang di jual tidak di produksi sendiri. Misalnya yaitu seorang penjual di pasar beli kacang dari orang lain yang menanam kacang itu, lantas kacang itu dibawa ke pasar serta dibeli oleh seorang konsumen. Nah di sini penjual bertindak sebagai distributor, orang yang menanam kacang bertindak sebagai produsen, serta konsumen yaitu pembeli. Tetapi adapula penjual sebagai produsen sekaligus distributor.

Nah untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pelaku ekonomi yang ada di pasar mari simak yang berikut ini:

Fungsi Penepatan Harga/Nilai

Lantaran adanya interaksi antara konsumen serta penjual, bakal ada juga permintaan serta penawaran dari kedua pihak. Hingga akan ada kesepakatan harga kesetimbangan yang dicapai dari interaksi itu. Oleh sebab itu pasar berperan sebagai tempat penetapan harga atau nilai dari barang/jasa yang diperjualkan lantaran terjadinya interaksi serta kesepakatan dari penjual serta konsumen.

Fungsi Promosi

Pasar yang disebut tempat berkumpulnya konsumen adalah daerah promosi yang sempurna untuk produsen untuk mengenalkan product baru mereka. Biasanya ketika proses promosi dari produsen, mereka menawarkan dengan penawaran yang menarik, misalnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan product dari produsen lain.

Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja

Tidak hanya pedagang serta konsumen, di pasar terdapat banyak pihak lain yang ikut serta dalam kegiatan ekonomi. Mereka yaitu tukang sapu, tukang sampah, ojek, tukang parkir, dan lain-lain. Oleh sebab itu bisa dikatakan kalau pasar juga berperan sebagai tempat penyerapan tenaga kerja.

Jenis – Jenis Pasar

Pasar bisa dibagi ke dalam banyak kelompok sesuai dengan alasan pembagiannya, beberapa diantaranya yaitu:

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan