Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Macam Macam Ligamen

Posted on

Pengertian, Fungsi, Struktur, dan Macam Macam Ligamen Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Ligamen. Beberapa poin utamanya adalah Pengertian Ligamen, Struktur Ligamen, Fungsi Ligamen, Macam – Macam Ligamen, dan Mekanisme Kerja Ligamen. Semoga ilmunya dapat bermanfaat.

Tubuh terdiri atas jaringan-jaringan atau sekumpulan sel yang memiliki struktur serta fungsi yang sama. Jaringan dengan struktur yang khusus memungkinkan mereka memiliki fungsi yang spesifik.

System muskuloskeletal (anggota gerak) terdiri dari tulang serta otot. Tulang saling tersambung satu sama lain ke otot dengan bantuan susunan yang di kenal sebagai jaringan ikat. Otot disebut dengan alat gerak aktif lantaran kemampuannya berkontraksi. Sedangkan tulang disebut dengan alat gerak pasif lantaran tulang tidak bisa melakukan pergerakkannya sendiri. Tanpa adanya alat gerak aktif yang melekat pada tulang, tulang-tulang pada manusia serta hewan bakal diam dan tidak bisa membentuk alat pergerakan yang sebenarnya.

Untuk melakukan berbagi gerakan, diperlukan alat yang bertindak dalam menjaga kelenturan kerangka tubuh, yakni sendi. Komponen penunjang sendi yang penting adalah ligamen serta tendon (jaringan ikat utama tidak hanya fasia). Fasia bertindak menghubungkan pada satu otot ke otot yang lain. Ligamen menghubungkan dua tulang yang terpisah satu sama lain sedangkan tendon menghubungkan otot dengan tulang. Tetapi, tulisan kali ini yang menjadi konsentrasi pembahasan kita yaitu mengenai ligamen.

Pengertian Ligamen

Ligamen yaitu adalah pita jaringan yang elastis yang mengikat luar ujung tulang yang saling membentuk persendian, bantu mengontrol rentang gerak, serta menyetabilkan mereka hingga tulang bergerak dalam keharmonisan.
Tanpa adanya ligamen antara tulang yang satu dengan tulang yang lain tidak bakal menyatu serta tidak mungkin saja dapat melakukan gerak ketika otot berkontraksi. Meskipun dapat, gerakan yang diakibatkan tidak bakal sempurna.

Struktur Ligamen

Ligamen adalah jaringan ikat yang mempunyai komponen biomekanikal yang menarik. Ligamen digambarkan sebagai pita padat jaringan ikat kolagen. Struktur ligamen berbentuk protein yang di kenal sebagai kolagen. Kelompok protein ini berupa panjang, fleksibel, seperti benang helai, atau serat.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan