Pengertian-Investasi

Pengertian Investasi: Jenis, Faktor, dan Risiko dalam Investasi

Posted on

Pengertian Investasi-Investasi yaitu suatu makna dengan beberapa pengertian yang terkait dengan keuangan serta ekonomi. Makna itu terkait dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Kadang-kadang, investasi dimaksud sebagai penanaman modal.

Berdasar pada teori ekonomi, investasi bermakna pembelian (serta produksi) dari modal barang yang tidak dikonsumsi namun digunakan untuk produksi mendatang (barang produksi).

Misalnya bangun rel kereta api atau pabrik. Investasi yaitu satu komponen dari pdb dengan rumus pdb = c + i + g + (x-m). Manfaat investasi pada segi itu dibagi pada investasi non-residential (seperti pabrik serta mesin) serta investasi residential (tempat tinggal baru). Investasi yaitu suatu fungsi pendapatan serta tingkat bunga, dilihat dengan kaitannya i= (y, i).

Suatu pertambahan pada pendapatan akan mendorong investasi yang semakin besar, dimana tingkat bunga yang lebih tinggi akan turunkan ketertarikan untuk investasi sebagaimana hal itu akan lebih mahal dibanding dengan meminjam uang. Meskipun bila suatu perusahaan lain memilih untuk memakai dananya sendiri untuk investasi, tingkat bunga menunjukkan suatu biaya peluang dari investasi dana itu dari pada meminjamkan untuk memperoleh bunga.

Investasi yang umum dimaksud juga dengan istilah penanaman modal atau pembentukan modal ialah komponen ke-2 yang menentukan tingkat pengeluaran agregat. Tabungan dari sektor rumah tangga lewat institusi intitusi keuangan akan mengalir ke sektor perusahaan. Jika beberapa pengusaha memakai uang itu untuk membeli barang-barang modal, pengeluaran itu disebut investasi.

Investasi yaitu pengeluaran penanam modal atau perusahaan untuk membeli beberapa barang modal serta perlengkapan produksi yang akan memberi kemampuan memproduksi barang serta jasa yang ada dalam perekonomian.

Investasi pada intinya adalah penempatan beberapa dana yang ada sekarang ini dengan harapan untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Biasanya investasi dibedakan menjadi dua yakni :

1. Investasi pada financial assets, dilakukan di pasar uang, umpamanya berbentuk sertifikat deposito, commercial paper, surat berharga pasar uang, serta yang lain. Atau dilakukan di pasar modal, umpamanya berbentuk saham, obligasi, waran, pilihan, serta lainnya

2. Investasi pada real assets, diwujudkan dalam bentuk pembelian assets produktif, pendirian pabrik, pembukaan tambang, serta pembukaan perkebunan.

Pengertian Investasi Menurut Ahli Ekonomi

Pengertian Investasi

Pengertian investasi menurut haming dan basalamah

Investasi ialah pengeluaran pada saat sekarang untuk membeli aktiva real (tanah, rumah, mobil, dan lain-lain) atau juga aktiva keuangan mempunyai tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi dimasa yang mendatang, selanjutnya dikatakan juga investasi ialah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber (dana) yang digunakan untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang, dan dengan barang modal tersebut akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan