SHARE
Gambar Via: sumberpengetahuan.com

Berbagai Contoh Kalimat Tanggapan – Tanggapan yaitu reaksi atau komentar seseorang setelah melihat, mendengar, membaca, merasakan sebuah peristiwa, atau bacaan (teks). Jadi kalimat tanggapan yaitu satu buah kalimat yang mengandung pendapat atau reaksi pribadi yang mempunyai tujuan untuk mengomentari suatu peristiwa atau teks.

Kalimat tanggapan sendiri terbagi jadi dua bentuk, yakni kalimat tanggapan positif serta kalimat tanggapan negatif. Kalimat tanggapan positif yaitu sebuah komentar atau reaksi yang punya sifat optimis atau mendukung. Demikian sebaliknya, kalimat tanggapan negatif yaitu reaksi atau komentar yang punya sifat menjatuhkan atau tidak setuju dengan suatu peristiwa atau teks.

Gambar Via: kobay.com.tr

Walaupun tanggapan ada yang punya sifat negatif, namun dalam menyampaikan tanggapan sebaiknya menggunakan kata dan kalimat yang sopan serta tidak mejatuhkan atau menyakiti perasaan orang lain. Dan disaat kita menyampaikan tanggapan, maka kita mesti memperhatikan beberapa langkah-langkah untuk penyampaiannya supaya pendapat yang kita berikan bisa di terima oleh khalayak ramai lantaran pendapat yang kita sampaikan mempunyai alasan yang logis.

Adapun beberapa cara untuk menyampaikan sebuah tanggapan yakni:

  • Tanggapan yang di sampaikan mesti sesuai sama tema pembahasan kita.
  • Sebuah tanggapan yang kita sampaikan harus bisa membuat orang lain lebih mengerti tentang persoalan yang tengah jadi pokok pembahasan kita.
  • Tanggapan yang kita berikan yaitu betul-betul pedapat kita dan tidak boleh mengulang pendapat orang lain yang sudah di sampaikan terlebih dulu.
  • Penyampaian pendapat harus memakai kalimat yang benar dan tidak rancu. Untuk penyampaian sebuah pendapat mesti dengan sikap yang sopan serta terbuka.
  • Ketika kita sedang mengemukakan sebuah pendapat maka boleh ditambahkan dengan gerak, mimik muka, nada suara sebagai pendukung tanggaapan kita.
  • Ketika penyampaian tanggapan tidak setuju hal yang perlu kita hindari yakni emosi dan prasangka yang negatif.
  • Sanggahan yang kita berikan mesti punya sifat objektif, logis dan jujur
  • Jangan sampai lupa di saat kita menyatakan tanggapan yang tidak setuju tambahkan juga data, fakta sebagai pembanding yang berperan untuk meyakinkan orang lain.
  • Penolakan yang kita berikan harus diberikan secara berurutan tidak bisa acak.
  • Hal yang perlu kita hindari ketika kita sedang memberikan tanggapan yang tidak setuju yakni dilarang keras untuk menjelekan pihak lain.

Contoh Kalimat Tanggapan

Gambar Via: 5stars-review.blogspot.co.id
  • Pernyataan: Pemerintah akan menaikan harga bahan bakar minyak pada bulan depan.

Tanggapan positif: Langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah sudah tepat lantaran dengan begitu pemerintah dapat menghemat pengeluaran Negara.
Tanggapan negatif: Pemerintah melakukan blunder yang sangat besar, dengan naiknya harga BBM ini akan mengakibatkan kenaikan harga kepentingan pokok, sehingga bisa menyusahkan rakyatnya.

  • Pernyataan: Guru yaitu orang yang bertanggung jawab dalam mendidik karakter anak asuhnya di sekolah.

Tanggapan positif: Walaupun guru sangat berperan dalam mendidik anak asuhnya, peran orangtua juga tidak kalah pentingnya.
Tanggapan negatif: Guru bukanlah orang yang paling bertanggung jawab atas tingkah laku anak asuhnya lantaran guru juga merupakan manusia biasa.

  • Pernyataan: Kurrikulum 2013 sudah ditarik kembali dan sekolah kembali menerapkan Kurrikulum KTSP.

Tanggapan positif: Penarikan Kurrikulum 2013 sangat tepat lantaran kurrikulum itu belum sesuai dengan dunia pendidikan Indonesia.
Tanggapan negatif: Penerapan kembali kurriukul KTSP adalah bukti kalau pemerintah tidak konsisten dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

  • Pernyataan: Penyanyi pendatang baru, Aria Nugraha meluncurkan album baru dengan single utama Cinta Itu Buta.

Tanggapan positif: Album baru yang di luncurkan oleh penyanyi pendatang baru, Aria Nugraha merupakan bentuk keseriusan dirinya dalam dunia hiburan tarik suara.
Tanggapan negatif: Penyanyi pendatang baru, Aria Nugraha memanfaatkan situasai dengan banting setir jadi seorang penyanyi berbekal suara yang tidak begitu merdu.

  • Pernyataan: Buku Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata terjual keras di pasaran.

Tanggapan positif: Novel Laskar pelangi yaitu novel yang mempunyai isi cerita yang bagus dan novel ini juga merupakan karya terbaik Novelist, Andrea Hirata, sehigga patut digemari oleh orang banyak.
Tanggapan negatif: Novel Laskar Pelangi belum bisa dijadikan novel terbaik lantaran belum dapat menggeser kepopuleran Novel, Ketika Cinta Bertasbih, karya Novelist Habiburahman.

  • Pernyataan: Lukisan Monalisa karya seniman paling besar Leonardo Da Vinci yaitu karya seni yang sangat tidak ternilai harganya.

Tanggapan positif: Lukisan Monalisa memanglah merupakan lukisan terindah yang menyimpan sejuta misteri mengenai siapa wanita yang ada di dalam lukisan itu.
Tanggapan negatif: Lukisan Monalisa masih tetap diragukan keindahannya lantaran belum jelas apakah lukisan itu asli buatan Sang Pelukis, Leonardo Da Vinci asli atau hanya rekayasa.

  • Pernyataan: Film Box Office Fast and Furious 7 sudah launching dan diputar di seluruh Bioskop di tanah air.

Tanggapan positif: Film ini sangat bagus karna memakai teknologi modern untuk membuat efek-efek spesial yang tampak nyata.
Tanggapan negatif: Walaupun Film Fast and Furious 7 yaitu film yang sangat bagus, film ini tidak pantas ditayangkan di tanah air lantaran banyak mengandung adegan kekerasan di dalamnya.

  • Pernyataan: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusulkan untuk menjadikan petinggi TNI sebagai salah satu pimpinan KPK.

Tanggapan positif: Menjadikan satu diantara petinggi TNI sebagai pimpinan KPK bisa menguatkan KPK hingga KPK akan bekerja lebih maksimal.
Tanggapan negatif: TNI seharusnya tidak boleh diintervensi oleh pihak manapun supaya para penjaga keutuhan NKRI ini dapat konsentrasi dalam melakukan tugasnya.

  • Pernyataan: Ujian nasioanal di beberapa sekolah akan diselenggarakan dengan sistem On-line.

Pernyataan positif: Pelaksanaa Ujian Nasioanl Online sudah sangat tepat lantaran dapat mengurangi pengeluaran Negara serta menghindari terjadinya kebocoran kunci jawaban.
Pernyataan negatif: Walaupun maksud dilaksanakannya Ujian Nasioanal Online sangat bagus, namun banyak sekolah-sekolah yang belum siap untuk menjalani sistem baru ini.

Dan itulah pembahasan kami mengenai Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimat Tanggapan, kami harap semoga Postingan kali ini mengenai Kalimat Tanggapan di atas sedikitnya dapat membantu kalian yang sedang mencari contoh-contoh Kalimat Tanggapan untuk lebih mengerti lagi pelajaran Bahasa Indonesia tentang Kalimat Tanggapan. Dan, semoga kamu juga jadi semakin mencintai Bahasa Indonesia, ya.

[ki/ba]

Loading...
Loading...