Gambar Via: itu-aja.blogspot.co.id

Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contoh Konjungsi

Posted on

Konjungsi – Pengertian Konjungsi: Apakah itu yang dimaksud dengan konjungsi? Sederhananya, pengertian konjungsi yaitu kata penghubung atau disebut juga dengan kata sambung. Kata penghubung adalah kata pekerjaan yang berperan untuk menghubungkan antar klausa, antar kalimat, serta antar paragraf.

Kata penghubung antar klausa biasanya terdapat di tengah-tengah kalimat. Untuk kata penghubung antar kalimat, umumnya terdapat di awal kalimat, setelah tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru. Sementara kata penghubung antar paragraf, ditempatkan di awal paragraf.

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, konjungsi bisa digolongkan ke dalam dua bentuk yaitu konjungsi intra kalimat serta konjungsi antar kalimat.

Kata penghubung intra kalimat disebut juga dengan kata penghubung antar klausa, yang disebut sebagai kata yang menghubungkan klausa induk dan klausa anak. Pada konjungsi intrakalimat atau antar klausa ini, ada 2 jenis kata penghubung atau konjungsi, yaitu konjungsi koordinatif serta konjungsi subordinatif.

Gambar Via: rosediana.net

Konjungsi antar kalimat adalah kata yang menghubungkan kata yang satu dengan kata yang lainnya, yang ada dalam kalimat berbeda.

Konjungsi Intra Kalimat

Konjungsi intra kalimat atau antar klausa yaitu kata yang menghubungkan klausa induk dan klausa anak. Biasanya, kata penghubung antar klausa ini diletakkan di tengah-tengah kalimat. Di dalam intra kalimat (antar klausa), ada dua jenis kata penghubung atau konjugsi, yaitu konjungsi koordinatif serta konjungsi subordinatif, Berikut ini penuturannya:

Konjungsi Koordinatif

Konjugsi Koordinatif yaitu kata penghubung yang menghubungkan dua klausa atau lebih yang memiliki status sederajat. Contoh konjungsi koordinatif yaitu: dan, tetapi, atau, sedangkan, melainkan, padahal, lalu, kemudian.

Konjungsi Subordinatif

Konjugsi Subordinatif yaitu kata penghubung yang menghubungkan dua klausa atau lebih dengan status yang tidak sama derajatnya, diantaranya: ketika, sejak, biar, seperti, setelah, jika, andai, kalau, supaya, bagai, ibarat, sehingga, karena.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan