Definisi dan Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Kata ” kebudayaan datang dari (bhs Sanskerta) yakni ” buddayah ” yang merupakan bentuk jamak dari kata ” budhi ” yang artinya budi atau akal. Kebudayaan disimpulkan sebagai ” beberapa hal yang berkaitan dengan budi atau akal “.

Pengertian Kebudayaan pada umumnya merupakan hasil cipta, rasa serta karsa manusia dalam penuhi keperluan hidupnya yang kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, susila, hukum kebiasaan serta tiap-tiap kecakapan, serta rutinitas.

Sedang menurut Koentjaraningrat yang menyampaikan kalau pengertian kebudayaan yaitu keseluruhan manusia dari tingkah laku serta hasil yang perlu didapatkannya dengan belajar serta semuanya tersusun dalam kehidupan orang-orang.

Lahiya! Seirama dengan Koentjaraningrat, didefinisikan oleh Selo Soemardjan serta Soelaeman Soenardi, pada bukunya Setangkai Bunga Sosiologi (Jakarta : Yayasan Tubuh Penerbit Fakultas Ekonomi Kampus Indonesia, 1964), hal 113, merumuskan kebudayaan sebagai segala hasil karya, cipta, serta rasa masyarakat. Karya masyarakat membuahkan tehnologi serta kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah (material culture) yang dibutuhkan oleh manusia untuk kuasai alam sekitarnya supaya kemampuan dan akhirnya bisa diabdikan untuk kepentingan orang-orang.

Pengertian Kebudayaan dalam bhs inggris yaitu culture. adalah satu arti yang relatif baru lantaran arti culture sendiri dalam bhs inggris baru nampak pada pertengahan era ke-19. Diawalnya pada th. 1843 beberapa pakar antropologi berikan arti kebudayaan sebagai langkah mengolah tanah, usaha bercocok tanam, seperti tercermin dalam arti agriculture serta holticulture.

Hal semacam ini dapat kita tahu lantaran arti culture datang dari bhs Latin colere yang bermakna pemeliharaan, pemrosesan tanah pertanian. Pada makna kiasan kata itu juga bermakna ” pembentukan serta pemurnian jiwa “. Seseorang antropolog lain, E. B. Tylor (1871), dalam bukunya yang berjudul Primitive Culture (New York ; Brentano’s, 1924), hal 1, yang mendeskripsikan pengertian kebudayaan kalau kebudayaan yaitu kompleks yang meliputi pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, kebiasaan istiadat, serta lain bebrapa kekuatan dan beberapa rutinitas yang diperoleh oleh manusia sebagai anggota orang-orang.

Unsur-unsur kebudayaan dikelompokkan pada unsur besar serta unsur kecil yang lazimnya disebut dengan arti culture universal lantaran di tiap-tiap penjuru dunia manapun kebudayaan itu bisa diketemukan, seperti baju, rumah, serta lain sebagainya.


Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli


pengertian kebudayaan

SONY DSC

Sebagian dari orang yang sarjana sudah coba merumuskan unsur-unsur pokok kebudayaan, seperti Bronislaw Malinowski serta C. Kluckhoh.

a. Bronislaw Malinowski

Bronislaw Malinowski menyebutkan kalau ada empat unsur pokok kebudayaan yang mencakup seperti berikut…

  • System beberapa etika yang memungkinkan adanya kerja sama antaranggota masyarakat supaya sesuaikan dengan alam seputarnya.
  • Organisasi ekonomi
  • Alat serta instansi atau petugas untuk pendidikan (keluarga yaitu instansi pendidikan paling utama).
  • Organisasi kemampuan (politik)

b. C. Kliucckhohn

Kliucckhohn mengatakan ada tujuh unsur kebudayaan, yakni system mata pencaharian hidup ; system peralatan serta tehnologi ; system organisasi kemasyarakatan ; system pengetahuan ; bhs ; kesenian ; system religi serta upacara keagamaan.

loading...

c. Herskovits

Herskovits melihat kalau kebudayaan adalah sebagai suatu hal yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain yang lalu dikatakan sebagai superorganik.

d. Andreas Eppink

Kebudayaan mempunyai kandungan bentuk dari seluruh pengertian nilai sosial, etika sosial, ilmu dan pengetahuan dan keseluruhnya bebrapa susunan sosial, religius, dan sebagainya, dan juga semua pernyataan intelektual serta artistik sebagai ciri khas satu orang-orang.

e. Edward Burnett Tylor

Kebudayaan adalah seluruh dari yang kompleks yang didalamnya terdapat pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, tradisi adat istiadat, serta beberapa kemampuan lain yang didapat seorang sebagai anggota orang-orang.


Sifat Kebudayaan


kebudayaan-650x330

Karakter inti kebudayaan yaitu tanda-tanda khusus dari satu kebudayaan yang masing-masing masyarakat tidak sama. Pada orang-orang Barat makan sembari jalan, bahkan juga 1/2 lari yaitu hal yang umum lantaran untuk mereka the time is money.

Hal semacam ini terang tidak sama dengan orang-orang timur. Jangankan makan sembari jalan, bahkan juga makan berdiri saja sudah tidak mematuhi norma. Meskipun demikian, pada dasarnya, semua kebudayaan yang ada didunia ini mempunyai beberapa karakter inti yang sama. Sifat-sifat inti kebudayaan seperti berikut…

  • Kebudayaan terwujud serta tersalurkan melalui tingkah laku manusia.
  • Kebudayaan sudah ada terlebih dulu mendahului lahirnya satu generasi spesifik serta akan tidak mati dengan habisnya umur generasi yang berkaitan.
  • Kebudayaan dibutuhkan oleh manusia serta diwujudkan kelakuannya.
  • Kebudayaan meliputi sebagian ketentuan yang berisikan bebrapa keharusan, bebrapa aksi yang di terima serta tidak diterima, bebrapa aksi yang dilarang, serta bebrapa aksi yang diizinkan.

Semua kebudayaan selalu bergerak lantaran ia dinamis lantaran sesungguhnya gerak kebudayaan yaitu gerak manusia itu sendiri. Gerak atau dinamika manusia sesama manusia, atau dari satu daerah kebudayaan daerah lain, baik disengaja ataupun tak disengaja, seperti migrasi atau pengungsian dengan sebab-sebab spesifik. Dinamika dalam membawa kebudayaan dari satu orang-orang ke orang-orang lain yang mengakibatkan terjadinya akulturasi.

Proses akulturasi kebudayaan dalam histori umat manusia sudah berlangsung pada umat atau bangsa-bangsa terdahulu. Di mana Adakalanya kebudayaan yang dibawa bisa dengan gampang di terima oleh orang-orang setempat serta adakalanya tidak diterima, parahnya ada pula sekumpulan individu yang tetaplah tak terima kebudayaan asing meskipun sebagian besar grup individu di sekitarnya telah jadikan kebudayaan itu sisi dari kebudayaannya.

Biasanya, unsur-unsur kebudayaan asing yang gampang di terima yaitu seperti berikut..

  • Unsur Kebudayaan kebendaan, seperti alat-peralatan yang terlebih begitu gampang digunakan serta dirasa begitu berguna untuk orang-orang yang menerimanya, misalnya yaitu pada alat tulis menulis yang banyak dipakai orang Indonesia yang di ambil dari unsur-unsur kebudayaan barat.
  • Unsur-unsur yang dapat dibuktikan membawa faedah besar umpamanya radio transistor yang banyak membawa manfaat terlebih sebagai alat mass-media.
  • Unsur-unsur yang dengan gampang sesuai dengan kondisi orang-orang yang terima unsur-unsur itu, seperti mesin penggiling padi dengan cost murah dan pengetahuan tehnis yang simpel, bisa dipakai untuk lengkapi pabrik-pabrik penggilingan.

Unsur-unsur kebudayaan yang susah di terima oleh satu orang-orang yaitu seperti berikut…

  • Unsur yang menyangkut system keyakinan, seperti ideologi, falsafah hidup, serta lainnya
  • Unsur-unsur yang dipelajari pada skala pertama sistem sosialisasi. Contoh yang begitu gampang yaitu masalah makanan pokok satu orang-orang. Nasi adalah makanan pokok beberapa besar orang-orang indonesia sulit sekali dirubah dengan makanan pokok yang lain.

 

Sekianlah artikel sekitar Pengertian Kebudayaan, Unsur, Sifat, & Arti Menurut Beberapa Pakar. mudah-mudahan kawan-kawan bisa terima serta berguna beragam kajian sekitar kebudayaan baik itu pengertian kebudayaan, unsur-unsur kebudayaan menurut beberapa pakar, beberapa karakter kebudayaan, pengertian kebudayaan menurut beberapa pakar. Demikian serta terima kasih.

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan