kebudayaan-650x330

Definisi dan Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Posted on

Kata ” kebudayaan datang dari (bhs Sanskerta) yakni ” buddayah ” yang merupakan bentuk jamak dari kata ” budhi ” yang artinya budi atau akal. Kebudayaan disimpulkan sebagai ” beberapa hal yang berkaitan dengan budi atau akal “.

Pengertian Kebudayaan pada umumnya merupakan hasil cipta, rasa serta karsa manusia dalam penuhi keperluan hidupnya yang kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, susila, hukum kebiasaan serta tiap-tiap kecakapan, serta rutinitas.

Sedang menurut Koentjaraningrat yang menyampaikan kalau pengertian kebudayaan yaitu keseluruhan manusia dari tingkah laku serta hasil yang perlu didapatkannya dengan belajar serta semuanya tersusun dalam kehidupan orang-orang.

Lahiya! Seirama dengan Koentjaraningrat, didefinisikan oleh Selo Soemardjan serta Soelaeman Soenardi, pada bukunya Setangkai Bunga Sosiologi (Jakarta : Yayasan Tubuh Penerbit Fakultas Ekonomi Kampus Indonesia, 1964), hal 113, merumuskan kebudayaan sebagai segala hasil karya, cipta, serta rasa masyarakat. Karya masyarakat membuahkan tehnologi serta kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah (material culture) yang dibutuhkan oleh manusia untuk kuasai alam sekitarnya supaya kemampuan dan akhirnya bisa diabdikan untuk kepentingan orang-orang.

Pengertian Kebudayaan dalam bhs inggris yaitu culture. adalah satu arti yang relatif baru lantaran arti culture sendiri dalam bhs inggris baru nampak pada pertengahan era ke-19. Diawalnya pada th. 1843 beberapa pakar antropologi berikan arti kebudayaan sebagai langkah mengolah tanah, usaha bercocok tanam, seperti tercermin dalam arti agriculture serta holticulture.

Hal semacam ini dapat kita tahu lantaran arti culture datang dari bhs Latin colere yang bermakna pemeliharaan, pemrosesan tanah pertanian. Pada makna kiasan kata itu juga bermakna ” pembentukan serta pemurnian jiwa “. Seseorang antropolog lain, E. B. Tylor (1871), dalam bukunya yang berjudul Primitive Culture (New York ; Brentano’s, 1924), hal 1, yang mendeskripsikan pengertian kebudayaan kalau kebudayaan yaitu kompleks yang meliputi pengetahuan, keyakinan, kesenian, moral, hukum, kebiasaan istiadat, serta lain bebrapa kekuatan dan beberapa rutinitas yang diperoleh oleh manusia sebagai anggota orang-orang.

Unsur-unsur kebudayaan dikelompokkan pada unsur besar serta unsur kecil yang lazimnya disebut dengan arti culture universal lantaran di tiap-tiap penjuru dunia manapun kebudayaan itu bisa diketemukan, seperti baju, rumah, serta lain sebagainya.


Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli


2 thoughts on “Definisi dan Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan