Home Pengertian Pengertian Komputer dan Fungsi Bagi Kehidupan Manusia

Pengertian Komputer dan Fungsi Bagi Kehidupan Manusia

SHARE

Pengertian Komputer dan FungsiPengertian Komputer dalam bhs inggris adalah to compute yang artinya orang yang tengah mengkalkulasi, sedang dalam bhs latin yaitu computare yang artinya menghitung.

Kita sudah mengetahui kalau computer yaitu satu alat elektronik yang memiliki banyak manfaat serta bisa lakukan banyak pekerjaan. Pada zaman dulu waktu perang dunia ke-2, computer bertindak sebagai alat perhitungan operasi aritmatika.

Diluar itu computer dapat juga di artikan sebagai kumpulan alat elektronik yang sama-sama terkordinasi satu sama lain hingga bisa terima satu data, lalu memproses, serta dapat membuahkan satu output berbentuk info.

Computer yakni alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata Computer pada awalnya dipakai untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya kerjakan perhitungan aritmatika, dengan atau tidak ada alat bantu, tetapi arti kata ini lantas dipindahkan pada mesin tersebut.

Asal awalannya, pemrosesan informasi hampir eksklusif berkaitan dengan masalah aritmatika, tetapi computer moderen dipakai untuk banyak pekerjaan yg tak berkaitan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu ada alat seperti slide rule, tipe kalkulator mekanik diawali dari abakus dsb, sampai semuanya computer elektronik yang kontemporer. Makna lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti ” computer ” yakni ” yang mengolah informasi ” atau ” sistem pengolah informasi. ” Selama bertahun-tahun sudah ada banyak arti yang berbeda dalam kata ” computer “, dan beberapa kata yang berbeda itu sekarang ini disebut disebutkan sebagai computer.

Kata computer secara umum pernah dipakai untuk mendefiniskan orang yang kerjakan perhitungan aritmatika, dengan atau tidak ada mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata itu digunakan dalam bhs Inggris pada th. 1646 untuk kata untuk ” orang yang mengkalkulasi ” lantas mendekati 1897 juga digunakan untuk ” alat hitung mekanis “. Selama Perang Dunia II kata itu menunjuk pada sebagian pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya mengkalkulasi jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain satu di antara mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, bermacam alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dijelaskan untuk computer.

Beberapa pakar juga mempunya pendapat masing-masing mengenai pengertian computer tersebut, sebagai mana yang bakal kita ulas di bawah ini mengenai pengertian computer menurut beberapa pakar, seperti berikut :

PENGERTIAN KOMPUTER MENURUT AHLI DAN KAMUS

komputer

loading...

1. Menurut Sanders (1985) :

Sanders (1985) menyebutkan kalau computer yaitu system elektronik untuk merekayasa satu data dengan cepat dan cocok serta dirancang, diorganisasikan supaya automatis menerima serta menaruh data input, memprosesnya dan membuahkan satu output sesuai sama instruksi-instruksi yang sudah tersimpan di dalam memori.

2. Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 :

Computer yaitu Adalah satu piranti yang dipakai untuk mengkalkulasi atau mengatur operasi-operasi yang dinyatakan berbentuk numeric atau logika.

3. Menurut V. C hamacher dalam bukunya “Computer Organization” :

Computer yaitu satu mesin penghitung elektronik yang cepat serta bisa terima info input digital lalu memprosesnya pas dengan program yang tersimpan di memorinya, serta membuahkan output berupa info.

Tersebut sebagian pengertian computer berdasar sebagian pakar, sesudah mengetahu pengertian computer mari kita ulas manfaat serta manfaat dari computer tersebut.

FUNGSI KOMPUTER DAN MANFAAT KOMPUTER

fungsi komputer

Saat ini computer telah jadi satu keperluan, kenapa demikian? lantaran computer sudah dapat melakukan beragam type pekerjaan dari manusia, memudahkan pekerjaan serta meminimalisir waktu pekerjaan suatu pekerjaan manusia. Bahkan juga sekarang ini anak-anak juga sudah memakai computer baik dalam pendidikan ataupun dalam bermain, jadi tak terbatas pada orang dewasa saja,

Mengenai beberapa fungsi computer yang seringkali dipakai oleh manusia seperti berikut :

1. Computer pada bagian keamanan

Computer adalah komponen utama yang diperlukan dalam bagian keamanan serta pertahanan, lantaran dengan computer satu negara dapat menguatkan pertahanannya dari serangan luar, dengan tehnologi yang mutakhir satu negara cukup menyerang serta bertahan dengan kendali computer.

2. Computer untuk bagian kesehatan

Bersamaan perubahan tehnologi, computer dalam bagian kesehatan juga telah mulai digunakan, pastinya untuk memberi efektifitas serta efisiensi service, satu diantaranya yakni penggunaan alat kedokteran yang menggunakan aplikasi computer yakni ultra sonografi (usg).

3. Computer sebagai fasilitas pengontrolan

Pasti hal semacam ini telah tak asing lagi untuk kita semuanya kalau computer sebagai alat control untuk pemantauan cctv, tata traffic light, maupun escalator. Computer dipakai sebagai alat control jarak dekat bahkan juga jarak jauh.

4. Computer sebagai fasilitas usaha

Karenanya ada computer, sekarang ini sangat banyak usaha yang dapat kita bangun, kita dapat buka usaha percetakan atau sablon, usaha video shooting, usaha design arsitektur, bahkan juga warnet.

5. Computer sebagai fasilitas info

Dengan memakai computer serta menghubungkannya dengan internet jadi bakal mempermuda kita memperoleh info terbaru yang ada di sekita kita bahkan juga mancanegara, baik itu berita politik, perdagangan, travel, rujukan untuk pelajar, serta ada banyak yang lain.

6. Computer sebagai fasilitas Untuk komunikasi

Computer dapat juga kita pakai untuk berkomunikasi, bisa kirim satu gambar, video, ataupun audio lewat e-mail, bisa kirim, menirima pesan dengan seorang, serta dapat berkomunikasi memakai webcam tanpa ada kita mesti ketemu segera.

Demikianlah pengertian computer serta manfaatnya, mudah-mudahan bisa memberi wawasan kita semuanya serta berguna.

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan