pengertian-manajemen

Pengertian Manajemen Menurut Ahli | Definisi Manajemen

Posted on

Apa Pengertian Manajemen


Terdapat beberapa pendapat yang diutarakan beberapa pakar manajemen mengenai pengertian manajemen. Oleh lantaran ketidaksamaan pengertian manajemen yang ada, pengertian manajemen terdiri atas lebih dari satu sisi.

Pengertian manajemen dilihat dari sisi (art)

Pengertian manajemen dilihat dari sisi seni dikemukakan oleh Mary Parker Follet. Follet memiliki pendapat kalau pengertian manajemen adalah seni (art) dalam merampungkan pekerjaan (duty) orang lain.

Pengertian manajemen dilihat dari sisi ilmu pengetahuan

Pengertian manajemen dilihat dari sisi ilmu pengetahuan dikemukakan oleh Luther Gulick. Gulick menyampaikan kalau pengertian manajemen yaitu bagian pengetahuan yang berupaya dengan cara systematis untuk mengerti kenapa serta bagaimanakah manusia bekerja bersama untuk membuahkan suatu hal yang berguna untuk kemanusiaan.

Pengertian Manajemen dilihat dari sisi proses

Pengertian manajemen dilihat dari sisi sistem menurut James A. F. Stoner. Stoner memiliki pendapat kalau pengertian manajemen yaitu sistem perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leadership) serta pengawasan (mengatur/controlling) aktivitas anggota serta maksud pemakaian organisasi yang telah ditetapkan.

Definisi Manajemen lainnya

Pengertian manajement menurut George R. Terry (1977) kalau pengertian manajemen yaitu satu sistem yang terbagi dalam planning (rencana), organizing (pengorganisasian), actuating, serta controlling (pengendalian) yang dikerjakan untuk meraih maksud yang sudah ditetapkan dengan memakai manusia serta sumber daya lainnya.

Dari beragam pengertian manajemen di atas, bisa kita rumuskan kalau pengertian serta pengertian manajemen yaitu sistem rencana pengorganisasian, kepemimpinan, serta pengendalian aktivitas anggota organisasi serta sistem pemakaian sumber daya organisasi lainnya untuk meraih tujuan organisasi yang sudah diputuskan.


Tahap (Hierarki) Manajemen


Pengertian manajemen menurut ahli
Hierarki Manajemen

Organisasi atau badan usaha biasanya mempunyai sekurang-kurangnya 3 tahap (tingkatan) manajemen yakni manajemen pelaksana, manajemen menengah, serta manajemen puncak.

Manajemen puncak (Top Management)

Manajemen puncak yaitu tahap (hirarki) manajemen paling tinggi. Tahap (hirarki) manajemen paling tinggi atau puncak umumnya terdiri atas dewan direksi (board direction) serta direktur paling utama. Dewan direksi mempunyai pekerjaan mengambil keputusan hal hal yang miliki sifat sangatlah perlu untuk bertahannya perusahaan. Manajemen puncak (Top management) bertugas mengambil keputusan kebijaksanaan operasional serta menuntun hubungan pada organisasi dengan lingkungan.

Manajemen menengah (Middle Management)

Manajemen menengah umumnya memimpin satu divisi atau departemen. Middle Management bertugas dalam meningkatkan beberapa gagasan operasi (operation plan) serta menggerakkan pekerjaan tugas yang sudah diputuskan manajemen puncak (Top Management). Manajemen menengah bertanggungjawab pada manajemen puncak.

Manajemen pelaksana (Supervisory management)

Pengertian Manajemen pelaksana yaitu hiraki manajemen yang mempunyai pekerjaan dalam menggerakkan beberapa gagasan yang di buat oleh manajemen menengah. Manajemen pelaksana atau supervisory management juga bertugas dalam melakukan pengawasan pada beberapa pekerja serta mempunyai tanggung jawab pada manajemen menengah (middle management).

Tahap manajemen di atas bisa diilustrasikan sebagai piramida. Puncak piramida diduduki oleh manajemen puncak, tengah piramida diduduki oleh manajemen menengah, serta bawah piramida oleh manajemen pelaksana.

Gambar piramida yang makin melebar ke bawah memperlihatkan kalau jumlah orang yang menempati jabatan manajemen puncak lebih sedikit dari pada orang yang menempati jabatan manajemen menengah serta pelaksana.

Begitu halnya orang yang menempati jabatan manajemen menengah, jumlanya semakin banyak dari pada manajemen puncak, namun tak sejumlah manajemen pelaksana. Cermati garis komando serta arah pertanggungjawaban pada piramida.


Prinsip Manajemen Oleh Henry Fayol

One thought on “Pengertian Manajemen Menurut Ahli | Definisi Manajemen

  1. Saya sedang belajar manajemen cuma hanya saja kepercayaan diri itu yang harus di tanamkan juga supaya bisa membuat manajemen itu berjalan dengan lancar. sama hal ya beberapa para ahli mendefinisikan manajemen itu

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan