SHARE
Gambar Via: bukalapak.com
Loading...

Pengertian Membaca Ekstensif dan Penjelasan Lengkap – Membaca merupakan kegiatan menganalisa suatu hal supaya bisa mendapatkan arti atau petunjuk yang tercantum dalam satu teks atau wacana. Kegiatan membaca bisa dilakukan dengan cara membaca keras, berarti membaca dengan mengeluarkan bunyi. Tetapi, bisa juga dilakukan dengan membaca dalam hati berarti tidak membunyikan suara. Teknik membaca dalam hati bisa dibedakan jadi dua jenis, yakni membaca intensif yaitu membaca secara perlahan-lahan kata per kata poin per poin, serta membaca ekstensif yaitu membaca secara sepintas atau sekilas.

Tujuan

Gambar Via: tips-cewek.com

Dalam keadaan yang mendesak di mana kita dituntut untuk mengetahui sebuah isi wacana, kita bisa memakai teknik membaca ekstensif. Membaca dengan teknik ini tidak hanya untuk mengetahui gambaran sebuah wacana, namun juga mempunyai tujuan lain, diantaranya:

  • Dengan waktu yang terbatas, bisa mengetahui deskripsi (isi) sebuah wacana secara keseluruhnya (umum).
  • Memahami isi sebuah buku secara umum dalam waktu yang singkat.
  • Memahami kesan orang lain pada sebuah karya (wacana).
  • Mendapat bahan (referensi) yang diinginkan.

Jenis

Gambar Via: id.aliexpress.com

Teknik membaca ekstensif bisa dibedakan jadi beberapa jenis oleh Broughton, yakni:

Membaca sekilas

Jenis ini disebut juga dengan skimming atau scaning yaitu teknik membaca cepat untuk memahami informasi yang berada di dalam teks dengan mencari lewat beberapa poin yang ada di dalam teks. Menurut Soedarsono, skimming mempunyai fungsi untuk mengetahui informasi teks berbentuk (a) isi/topik wacana; (b) opini/pendapat orang; dan (c) informasi penting yang lainnya, yang didapatkan dengan hanya membaca secara sepintas.

Membaca survey

Jenis ini adalah bentuk membaca ekstensif yang mempunyai tujuan untuk mengetahui beberapa hal umum tentang sebuah teks. Contohnya dengan hanya membaca dari judul, daftar isi, nama pengarang, ruang lingkup bacaan, testimoni, dan sebagainya. Umumnya kita melakukan membaca survey dalam pencarian bahan referensi untuk menunjang karya yang kita susun.

Membaca dangkal

Loading...

Membaca dangkal atau disebut juga dengan superficial reading yaitu bentuk membaca ekstensif yang hanya bertujuan untuk mengetahui informasi secara dangkal (punya sifat umum) dari teks atau wacana yang akan dibaca. Dalam membaca ekstensif, pembaca hanya bisa mengetahui beberapa hal yang punya sifat umum.

Teknik Membaca Ekstensif

Gambar Via: pixabay.com

Untuk mengetahui informasi dalam wacana dalam waktu yang sangat terbatas, teknik yang bisa dilakukan dalam membaca ekstensif yakni:

  • Teknik baca pilih atau selecting yaitu membaca dengan beberapa bagian yang dianggap memiliki kandungan informasi yang diperlukan. Contoh: melihat tabel (bila ada), bagian latar belakang, kesimpulan, ringkasan, dan sebagainya.
  • Teknik baca lompat atau skipping. Yakni teknik membaca dengan melakukan lompatan-lompatan dari satu paragraf ke paragraf lain atau dari bab ke bab lain untuk mendapat informasi yang diinginkan.
  • Teknik baca layap yakni teknik membaca sepintas.
  • Teknik baca tatap, nyaris sama dengan tehnik membaca sepintas, hanya saja dalam teknik baca tatap, pandangan lebih cermat dalam memastikan beberapa point yang perlu dibaca untuk mendapat informasi. Contoh: menemukan arti kata dalam satu kamus, atau mencatat nomor telepon yang ada di televisi.

Untuk memudahkan membaca ekstensif agar mendapat informasi dalam waktu yang terbatas, kita bisa mengubah informasi yang kita inginkan jadi bentuk pertanyaan.

Maka dengan demikian, kita bisa memakai rumus 5w + 1 H. Yakni:

Gambar Via: tipsbejo.blogspot.co.id
  1. What = apa? Untuk mengetahui apa yang menjadi topik, atau apa yang menjadi permasalahan dalam sebuah wacana atau isu.
  2. When = Kapan? Untuk mengatahui perihal waktu dari wacana yang ingin diketahui.
  3. Where = Dimana? Untuk mengetahui perihal tempat.
  4. Why = Mengapa? Untuk mengetahui perihal alasan dari sebuah tindakan.
  5. Who = Siapa? Untuk mengetahui subjek atau pelaku.
  6. How = Bagaimana? Untuk mengetahui perihal cara, prosedur, atau metode yang ingin diketahui.

Dan itulah pembahasan kami mengenai Contoh Membaca Ekstensif, kami harap semoga Postingan kali ini mengenai Contoh Membaca Ekstensif di atas sedikitnya dapat membantu kalian yang sedang mencari contoh-contoh Membaca Ekstensif untuk lebih mengerti lagi pelajaran Bahasa Indonesia tentang Membaca Ekstensif. Dan, semoga kamu juga jadi semakin mencintai Bahasa Indonesia, ya. [ki]

Loading...
Loading...